Pengertian RAM dan ROM

Posted on

Pengertian RAM dan ROM – Sebuah komputer pastinya sangat membutuhkan media penyimpanan sebagai wadah untuk menyimpan semua data dan semua perintah pun membutuhkan ruang penyimpanan yang disebut penyimpanan sementara. Nah apa kaitan ruang penyimpanan dengan RAM dan ROM, apa perbedaannya ? Tenang saja pertanyaan ini akan terjawab karena artikel dosenpintar.com kali ini akan membagikan artikel mengenai Pengertian RAM dan ROM yang meliputi Pengertian RAM, Fungsi RAM, Jenis-Jenis RAM, Pengertian ROM, Fungsi ROM, Cara Kerja ROM, Jenis-Jenis ROM, dan perbedaan antara RAM dan ROM, berikut ulasannya.

Pengertian RAM dan ROM
Pengertian RAM dan ROM

Pengertian RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah salah satu perangkat keras di dalam komputer yang memiliki fungsi sebagai wadah penyimpanan data secara sementara (memori) dan sebagai tempat berbagai instruksi dari program.

Fungsi RAM

Adapun fungsi dari RAM berdasarkan secara umum terbagi menjadi dua yang akan kita uraikan yaitu, sebagai berikut.

  1. Membaca Data

Data yang terdapat dalam sebuah harddisk akan lebih mudah diakses dengan adanya perangkat RAM, lebih tepatnya saat membuka sebuah file saat komputer telah lama beroperasi akan lebih mudah dan cepat dibanding komputer yang baru saja di hidupkan karena file belum terbaca oleh RAM.

  1. Penyimpanan Sementara

Sebagai media penyimpanan sementara maksudnya tempat tersimpannya instruksi dari program yang sedang berjalan, sebagai contoh saat sedang menyusun makalah, file nya akan ersimpan sementara di RAM, namun akan lebih baik jika disimpan secara permanen didalam harddisk.

Cara Kerja RAM

RAM bekerja sebagai media penyimpanan sementara, dan berikut merupakan runtutan cara kerja perangkat RAM dalam sebuah sistem kerja komputer.

  • Perintah ditampung di perangkat Processor
  • RAM sebagai penyedia data membantu processor
  • Kemudian RAM akan langsung terhubung kepada perangkat CPU
  • CPU memproses da menyiman semua data atau instruksi dilayar monitor
  • Instruksi dan data ini tersimpan secara sementara di dalam RAM.
Baca Juga :  Pengertian Proxy Server

Jenis-Jenis RAM

Ada banyak jenis RAM yang biasa digunakan sekarang ini, tergantung komputer kita support nya memakai  RAM jenis apa, tentunya memilih RAM dengan kapasitas yang besar bukan. Berikut merupakan enam jenis RAM.

  1. Dynamic RAM (D RAM)

Jenis RAM ini bekerja dengan merefresh secara berkala oleh Central Processing Unit dengan tujuan supaya data tersimpan dan tidak hilang.

Dynamic RAM (D RAM)
Dynamic RAM (D RAM)
  1. SD RAM

SDRAM merupakan singkatan dari Sychronous Dynamic Random Access  Memory salah satu jenis RAM yang merupakan keluaran setelah D RAM dan dengan keunggulan memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan telah mengalami sinkronisasi oleh clock system.

SD RAM
SD RAM
  1. DDR RAM

DDR RAM adalah singkatan dari Double Rate Random Access Memory, yang dilengkapi beberapa tipe keluaran terbaru dengan kecepatan lebih dan merupakan lanjutan dari jenis RAM yang sebelumnya.

DDR RAM
DDR RAM
  1. RDR RAM

RDR RAM memiliki kepanjangan yaitu Rambus Dynamic Access Memory dengan keunggulan dapat bekerja lebih cepat dan kelemahannya memiliki harga yang lumayan tinggi serta digunakan pada komputer pentium empat.

  1. S RAM

S RAM singkatan dari Static Random Access Memory yang memiliki kecepatan tinggi dalam proses kerja dan tidak adanya proses refresh pada Cetral Processing Unit sebagai proses penyimpanan instruksi yang sedang berlangsung pada program komputer.

s ram
s ram
  1. EDO RAM

EDO RAM dengan memiliki kepanjangan Extended Data Out Random Access Memory merupakan jenis RAM pada sistem operasi pentium dan bisa melakukan proses penyimpanan data dan proses pengambilan data secara bersamaan.

Edo Ram
Edo Ram

 

Pengertian ROM

Rom Adalah
Rom Adalah

ROM singkatan dari Read Only Memory merupakan media penyimpanan didalam sebuah komputer dengan kemampuan menyimpan semua data dan intruksi program secara permanen sekalipun perangkat komputer mati, termasuk perangkat keras komputer dengan bentuk chip memori semi konduktor yang hanya bisa dibaca saja, bukan hal mudah menyimpan instruksi didalam ROM, umumnya ROM sebagai media penyimpanan default sistem atau program firmware.

Baca Juga :  Pengertian BIOS

Fungsi ROM

ROM berfungsi sebagai media penyimpanan firmware atau perangkat lunak komputer, seperti ROM BIOS (Basic Input Output Sistem), serta menyimpan semua program default dari komputer, ROM ini memiliki fungsi yang hanya bisa dibaca, karena dalam pengisian atau jika akan melakukan perubahan hanya bisa dilakukan sekali selama masa pemakaian atau penggunaan.

Cara Kerja ROM

Cara kerja ROM adalah dengan pengguna komputer memasukkan semua program default kedalam chip memori ROM serta ROM secara otomatis menyimpan program secara permanen dan tidak dapat dihapus menjadi output device. Sebagai pengetahuan, ROM tidak bisa diutak atik karena pengisian ROM hanya sekali selama pemakaian.

Jenis-Jenis ROM

Setelah engetahui pengertian ROM, fungsi ROM dan cara kerja ROM, maka sekarang akan diuraikan beberapa jenis ROM yang sangat penting untuk kalian simak, sebagai berikut.

  1. Stock ROM

Stock ROM adalah salah satu jenis dari ROM yang merupakan ROM default dari sistem operasi yang pertama kali, maksudnya belum terjadi proses modifikasi.

Stock ROM memiliki isi berupa fungsi dan tampilan yang masih merupakan tampilan standar dari pabrik dan tentunya belum terjadi perubahan dan pengembangan dari default. Umumnya jenis ROM ini digunakan pada perangkat elektronik berupa Apple IOS dan juga Palm’s WebOS.

  1. Custom ROM

Sedangkan untuk jenis ROM yang satu ini sangat cocok untuk digunakans sebagi media yang menyimpan data-data penting suatu lembaga, badan atau perusahaan karena memiliki sifat yang dapat di customisasi atau dilakukan proses dimodifikasi sendiri. Custom ROM ini juga memang sering digunakan oleh para pengembang bidang independen yang memiliki hobby dalam hal mengotak-atik komponen perangkat komputer.

Custom ROM ini umumnya dikembangkan secara langsung dari web Google beserta sistem operasi yang dimiliki serta yang banyak juga ditemui didalam perangkat Android.

  1. Manufacturer atau Carrier Stock ROM

Carrier Stock ROM merupakan sebutan untuk jenis ROM yang ketiga ini dimana sudah melalui dan mendapatkan berbagai perubahan dari pabrik pembuatan maupun dari operator jaringan.

Baca Juga :  Sejarah Komputer

Perubahan pada jenis ROM seperti ini dengan tujuan untuk memberikan berbagai penambahan custom pada program aplikasi. Dengan keadaan ini jenis ROM yang ketiga ini sangat jarang ditemukan pada perangkat komputer dan sering ditemukan pada perangkat andriod.

Perbedaan RAM dan ROM

Perbedaannya terletak pada sistem kerja dan fungsinya, RAM bekerja secara sementara dan membantu perangkat komputer lainnya dengan penyimpanan program berjalan secara sementara, sedangkan ROM bekerja secara permanen dan hanya dapat dibaca tanpa bisa diubah, dengan penyimpanan yang permanen dalam suatu perangkat.

Nah jadi demikianlah artikel mengenai Pengertian RAM dan ROM, begitu banyak jenisnya bukan, dan tentunya kita sudah mengetahui perbedaan, cara kerja, fungsi dan jenis dari perangkat keras komputer RAM dan ROM ini. Dari membaca artikel ini saya baru tahu ROM merupakan perangkat keras komputer. Bermanfaat sekali bukan, tentunya menambah wawasan. Sekian dulu sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Baca Juga :