Pengertian Teknologi Informasi

Posted on

Teknologi Informasi – Apa yang dimaksud dengan teknologi informasi, pada artikel sebelumnya, kita membahas pengertian informasi, kali ini kita akan berbicara tentang pengertian teknologi informasi. informasi, fungsi, komponen dan tujuan teknologi informasi, baiklah langsung saja kita bahas dibawah ini :

Teknologi Informasi adalah

Pengertian Teknologi Informasi Secara Umum

Secara umum, memahami teknologi informasi adalah studi tentang desain, implementasi, pengembangan, dukungan atau pengelolaan sistem komputer, khususnya perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) .

Teknologi informasi tidak hanya penting sebagai alat komunikasi elektronik, tetapi juga merupakan perangkat penting yang harus dijaga dalam bisnis sebagai sarana koordinasi dan pengarsipan dokumen-dokumen penting.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Beberapa pakar komputer dan teknologi telah menjelaskan definisi teknologi informasi, termasuk:

1. Mc Kewon

Menurut Mc Keown, memahami teknologi informasi adalah semua bentuk teknologi yang digunakan untuk membuat, memodifikasi, menyimpan, dan menggunakan informasi dalam semua bentuknya.

Baca Juga :  Topologi Jaringan

2. Haag dan Keen

Menurut Haag dan Keen, konsep teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu untuk bekerja dengan informasi dan untuk melakukan tugas yang berkaitan dengan pemrosesan informasi.

3. Martin

Menurut Martin, TI tidak hanya terbatas pada perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam mengolah serta menyimpan informasi, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi yang mengirim informasi.

4. Lucas

Menurut Lucas, memahami teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan pada pemrosesan dan transmisi informasi dalam bentuk elektronik.

5. Williams dan Sawyer

Menurut Williams dan Sawyer, memahami teknologi informasi adalah sebuah teknologi yang dimana mengintegrasikan antara komputer  dengan saluran komunikasi berkecepatan tinggi yang dapat membawa data, suara, dan video.

6. Asosiasi Teknologi Informasi Amerika (ITAA)

Menurut ITAA, definisi teknologi informasi adalah proses memproses, menyimpan, dan menyebarluaskan informasi gambar, vokal, tekstual dan digital melalui mikroelektronika berdasarkan kombinasi telekomunikasi dan komputer.

Tujuan teknologi informasi

Tujuan dari teknologi informasi ini adalah untuk menyelesaikan masalah, merangsang kreativitas, meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam kinerja suatu pekerjaan. Sehingga keberadaan teknologi informasi akan membuat orang lebih mudah dan lebih efisien dalam bekerja.

Fungsi teknologi informasi

Secara umum, ada enam fungsi komputasi manusia, termasuk:

  • Menangkap (Capture)

    Departemen TI dapat menyusun catatan terperinci dari berbagai kegiatan. Misalnya, terima input dari keyboard, pemindai, mikrofon, dan lainnya.

  • Mengolah (Processing)

    Departemen TI dapat memproses / memproses input data yang diterima yang kemudian dikonversi menjadi informasi baru. Pemrosesan data ini dapat berupa konversi, analisis, perhitungan, untuk menggabungkan berbagai bentuk informasi dan data.

  • Menghasilkan (Generating)

    Departemen TI akan menghasilkan atau mengatur informasi dalam bentuk yang bermanfaat. Misalnya, grafik, tabel, perhitungan, dll.

  • Penyimpanan (storage)

    TI dapat menyimpan informasi dan data ke media yang kemudian dapat digunakan untuk tujuan lain. Misalnya, data disimpan pada hard drive, CD dan hard drive.

  • Mencari Kembali (Retrival)

    TI dapat menemukan dan melacak informasi dan data yang telah disimpan. Misalnya, cari data pelanggan yang belum melakukan pembayaran.

  • Sebagai Transmisi (Transmission)

    TI dapat mengirim data dan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain menggunakan jaringan komputer. Misalnya, mengirim data penjualan ke tim lain di lokasi yang berbeda.

 

Komponen teknologi informasi

Berikut adalah komponen-komponen teknologi informasi:

  • Hardware ( perangkat keras )
  • Software ( perangkat lunak )
  • Brainware (kecerdasan yang ada pada manusia / pengguna)
  • Data, informasi, dan pengetahuan

 

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat teknologi informasi dalam kegiatan sehari-hari sangat signifikan. Manfaat ini dapat digunakan sebagai pendukung kehidupan yang lebih baik, karena ada teknologi informasi yang dapat membantu kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien.

Manfaat Teknologi Informasi untuk Pendidikan

Dengan adanya teknologi informasi di dunia pendidikan, khususnya komputer, yang menjadikan siswa lebih efektif dalam belajar. Komputer ini adalah sarana yang memfasilitasi kreativitas siswa.

Manfaat Teknologi Informasi untuk Industri dan Manufaktur

Teknologi informasi ini dapat membantu mendesain produk yang akan dikirim ke suatu industri dan dapat / dapat mengontrol mesin produksi dengan akurasi yang baik.

Manfaat Teknologi Informasi untuk Bisnis dan Bank

Dengan teknologi informasi ini dapat membantu dalam transaksi, menyimpan file lebih aman serta sistem perbankan yang lebih maju.

Manfaat Teknologi Informasi untuk Militer

Dengan teknologi informasi canggih, tentu saja dapat digunakan untuk menavigasi kapal selam, mengendalikan pesawat ruang angkasa menggunakan kemudi atau tanpa kemudi.

Manfaat Teknologi Informasi untuk Hiburan dan Permainan

Teknologi komputer ini dapat digunakan untuk membuat animasi, iklan, grafik, dan audiovisual untuk menjadikan segalanya lebih baik dan lebih menarik.

Manfaat Teknologi Informasi untuk Domain Kriminal

Teknologi ini dapat memfasilitasi penyelesaian masalah oleh pihak berwenang, dan dapat dengan mudah mendeteksi pelanggaran untuk alasan lalu lintas dan sidik jari.

Manfaat Teknologi Informasi untuk Teknik dan Pengetahuan

Teknologi informasi ini juga dapat digunakan untuk mempelajari struktur tanah, angin dan cuaca. Dan dapat membantu menghitung.

Manfaat Teknologi Informasi untuk Kedokteran

Dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit dan mengambil gambar semua organ dalam tubuh dengan komputer

Manfaat Teknologi Informasi untuk Pemerintah

Teknologi informasi ini dapat diterapkan pada pemrosesan data dan informasi yang ditujukan untuk publik. Dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan rakyatnya.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Teknologi Informasi beserta beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.com dalam menambah ilmu serta wawasannya. sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :