Cara Membuat Barcode & QR Code

Posted on

Cara Membuat Barcode & QR Code – Sobat dosenpintar.com pastinya sering berbelanja di sebuah minimarket, supermarket serta toko-toko modern lainnya. Ketika melakukan kegiatan pembayaran di kasir, petugas dari kasir dengan mudah melakukan suatu input harga barang yang telah kita pilih.

Dengan menggunakan alat scanner dengan sinar laser, petugas hanya mengarahkan suatu gambar berbentuk kumpulan garis yang tebal tipis pada kemasan produk yang telah kita beli. Secara otomatis info mengenai tentang barang termasuk harganya langsung masuk kedalam komputer di kasir.

Terfikir tidak oleh sobat bagaimana cara membuar barcode ini ? Untuk pembahasan terlengkapnya langsung saja sobat simak artikel berikut dibawah ini.

Cara Membuat Barcode & QR Code
Cara Membuat Barcode & QR Code

Pengertian Barcode

Barcode adalah sebuah kumpulan data optic yang bisa dibaca oleh mesin. Dalam suatu layanan barcode terdapat kumpulan data yang akan disimbolkan dengan gambar lebar garis, spasi yang garis parallel.

Barcode yang sering disebut dengan suatu kode batang, simbologi linear atau dengan satu dimensi.

Sebenarnya ada juga selain yang berbentuk garis, barcode juga mempunyai bentuk persegi, titik, heksagon serta bentuk-bentuk geometri yang lainnya kemudian berisikan kode matriks serta simbologi yang dua dimensi.

Jenis – Jenis Barcode

Secara umum terdapat jenis-jenis barcode yang ada dalam kehidupan sehari-hari yang banyak terdapat disekitar kita yakni barcode 1 dimensi dengan barcode 2 dimensi.

Barcode 1 Dimensi

Barcode 1 dimensi dengan sebutan lain dengan linear code. Barcode 1 dimensi sering kita jumpai yang terdapat pada kemasan-kemasan produk kemasan yang sering kita beli di minimarket, supermarket dan toko modern lain.

Baca Juga :  Cara Membuat Linktree

Barcode 1 dimensi terdiri dari beberapa jenis diantaranya:

  • Code 39, merupakan jenis barcode alfanumerik yang mempunyaii panjang dengan baris bervariasi. Umumnya dari barcode code 39 ini sering juga ditemukan pada sebuah inventory, asset tracking serta kartu identitas dari tanda pengenal.
  • Code 128, merupakan sebuah barcode alfanumerik yang mempunyai kerapatan sangat tinggi dengan suatu panjang baris yang bervariasi. Umumnya barcode dengan jenis code 128 dapat sobat temukan pada sistem pengaturan dari pelayaran serta sistem pengelolaan bagian gudang.
  • Interleaved 2 of 5, merupakan jenis barcode numerik yang berupa baris panjang bervariasi. Umumnya dengan barcode jenis dari  interleaved 2 of 5 dapat sobat temukan dalam sektor-sektor industri dan juga laboratorium.
  • Universal Prouct Code atau UPC, adalah barcode numerik yang mempunyai panjang baris yang tetap. Umumnya dengan barcode jenis UPC ini dapat kita temukan dalam label-label produk yang memiliki ukuran kecil.

Barcode 2 Dimensi

Barcode 2 dimensi mempunyai suatu keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan jenis barcode 1 dimensi. Barcode 2 dimensi bisa memuat banyak deretan digit karakter mencapai ratusan lebih.

Selain itu dari tampilannya Barcode 2 dimensi ini berbeda dengan jenis barcode 1 dimensi atau dengan linear code. Data pada barcode 2 dimensi ini yang berukuran besar serta akan disimpan pada space yang lebih kecil.

Penggunaan dari barcode 2 dimensi pada kehidupan sehari-hari akan dapat ditemukan dalam perusahaan-perusahaan jenis manufaktur.

Penggunaannya yang akan di mulai banyak digunakan karena dinilai lebih efisien, apabila dibandingkan dengan jenis barcode 1 dimensi ukurannya yang lebih kecil namun dapat menyimpan berbagai data informasi yang lebih banyak.

Hanya saja jika harga alat dari pembaca barcode 2 dimensi ini masih tergolong mahal apabila dibandingkan dengan alat pembaca barcode 1 dimensi.

Baca Juga :  Cara Memperbesar Ukuran Foto

Cara Membuat Barcode di Laptop/PC

Selanjutnya, sobat dapat membuat barcode pada laptop atau PC dengan cara yang mudah juga. Tidak hanya membuat barcode biasa, sobat juga dapat emmbuat jenis lain seperti QR Code, Code 128, Code 39,dan lain lain.

Caranya sebagai berikut.

  1. Buka barcode-generator.org
  2. Selanjutnya silahkan sobat pilih jenis dari barcode yang ingin sobat buat pada menu Create Free:
  3. Berikutnya, silahkan sobat ini data yang akan diperlukan untuk membuat barcode yang ingin sobat buat.
  4. Terakhir, silahkan sobat klik tombol Create QR Code.
  5. Barcode yang sobat buat dapat di download dengan format JPG, EPS, dan SVG.

Cara Membuat Barcode Di HP

Berikut merupakan cara dalam membuat barcode di ponsel dengan mudah.

Install Aplikasi Barcode Generator

Cara Membuat Barcode & QR Code

Aplikasi yang digunakan bernama Barcode Generator. Sobat bisa mendownload serta menginstall aplikasi pembuat barcode ini di ponsel android pada playstore.

Barcode Generator mempunyai rating tertinggi sehingga tepat untuk digunakan, ukurannya yang kecil juga sehingga tidak akan terlalu memberatkan ponsel sobat. Barcode juga mempunyai antarmuka yang simpel serta mudah untuk dipahami.

Jalankan Aplikasi Barcode Generator

Cara Membuat Barcode & QR Code

Setelah proses install ini telah selesai, buka aplikasinya sertad di pilih atau dapat sobat tekan tanda + yang tepat berada dilingkaran merah. Selanjutnya sobat pilih ADD CODE.

Pilih Jenis Barcode

Cara Membuat Barcode & QR Code

Terdapat berbagai pilihan jenis dari barcode yang telah ditawarkan dalam aplikasi Barcode Generator ini. Mulai dari Aztec Code, Codabar, Code39,QR Code, DataMatrix, Code128 dan lain sebagainya.

Gambar Barcode Siap Disimpan

Cara Membuat Barcode & QR Code

Gambar dari barcode yang telah jadi dapat sobat simpan dalam format jpg atau menggunakan format png. Selain itu sobat bisa secara langsung menshare barcode yang telah jadi tersebut pada whatsapp, line, instagram, facebook dan media sosial lainnya.

Baca Juga :  Cara Membuat Bootable Flashdisk

Demikianlah artikel tentang bagaimana Cara Membuat Barcode & QR Code. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada sobat semua. Dan dapat sobat aplikasikan dalam membuat barcode. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya sobat semua.

Baca juga :