Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Posted on

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF – Halo sobat dosenpintar.com dengan menyikapi banyaknya penggunaan file ekstensi PDF, terutama dalam file dokumen serta gambar. Kompres PDF atau suatu cara untuk mengecilkan ukuran file PDF ini menjadi hal yang penting untuk diketahui.

Cara compress PDF ini menjadi penting dikarenakan alasan penyimpanan yang terlalu banyak memakan ruang.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF
Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Online

Berikut merupakan cara mengecilkan ukuran file PDF, antara lain.

Kompres I Love PDF

I Love PDF merupakan situs paling terkenal dalam hal resize atau hal memperkecil ukuran file format PDF.

Cara penggunaan dari situs ini cukup mudah, tanpa membutuhkan pengetahuan khusus sobat akan dapat melakukannya apabila mengunjungi halamannya.

Berikut merupakan cara untuk mengkompres PDF menggunakan ILovePDF:

  • Pertama sobat kunjungi situs ILovePDF kemudian pilih menu compress PDF.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

  • Pilih file PDF yang akan sobat kompres. Setelah selesai memilih file, maka pilih tingkat dari ukuran kompres. Terdapat 3 tingkatan yaitu Extreme, Rekomended, dan satu lagi Less. Di sini disarankan memilih rekomended.
  • Setelah sobat memilih level dari ukuran, selanjutnya sobat klik Kompres PDF yang terdapat di sebelah bawah pada bagian kanan.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

  • Setelah sobat berhasil klik compress, ILovePDF akan otomatis memproses mulai memperkecil ukuran file PDF sesuai dengan keinginan sebelumnya (Extreme, Rekomended, Less), tunggu sampai proses kompres selesai.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Compress dari Small PDF

Berikut adalah langkah-langkah mengecilkan ukuran pdf dengan small pdf:

  • Buka situs yaitu SmallPDF, setelah sobat masuk, lalu pilih menu compres PDF.
  • Setelah masuk pada halaman compress, tampilannya akan seperti gambar yang ada di bawah ini. Dan langsung sobat dapat mengklik choose file untuk proses memilih file PDF yang akan sobat perkecil ukurannya.
Baca Juga :  TvJos

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

  • Setelah sobat memilih file PDF yang akan sobat perkecil, selanjutnya akan ada pilihan dari tingkat kompres. Terdapat 2 jenis tingkatan level, yaitu ada high quality dan ada strong compress. Namun strong compress ini hanya berlaku untuk para pengguna PRO (yang Berbayar). Jadi kita akan gunakan yang high quality untuk memperkecil ukuran pdf:

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

  • Selanjutnya dapat sobat klik Choose Option, serta file PDF akan berlangsung sedang diperkecil. Setelah sobat selesai, file yang telah berhasil terkompres dapat langsung didownload.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Cukup mudah bukan langkah-langkah diatas, untuk itu silahkan sobat mencoba praktek.

Kompres Soda PDF

Situs yang dapat sobat gunakan memperkecil file PDF dengan cara online selanjutnya ialah menggunakan Soda PDF. Situs ini sama seperti 2 situs yang sebelumnya, ada paket yang dapat digunakan secara gratis dan ada paket berbayar.

Untuk dapat memperkecil file PDF, sobat dapat menggunakan sebuah tools yang gratis saja. Berikut merupakan cara dalam mengubah ukuran file PDF sehingga menjadi lebih kecil:

  • Langsung sobat masuk ke dalam halaman compress soda PDF, atau sobat ikuti bagaimana panduan di bawah
  • Buka situs Soda PDF, pilih menu Soda yang meupakan PDF Online, pilih free online tools dalam list di bagian paling bawah.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

  • Setelah sobat klik Free Online Tools, sobat akan dihadapkan dengan beberapa kolom menu. Lihat pada kolom populer tools serta selanjutnya dapat sobat klik compress PDF.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

  • Setelah sobat berhasil masuk di bagian kompres, maka pilih serta upload file PDF yang akan dikecilkan ukurannya. Setelah proses upload selesai, selanjutnya terlebih dahulu sobat pilih tingkat level dengan kompres yang sesuai keinginan.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

  • Selanjutnya sobat klik compress, maka tunggu sampai sebuah proses compress ini selesai. Setelah semua selesai file akan siap didownload.
Baca Juga :  Cara Cek HP Samsung

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Software dan Aplikasi Kompres PDF

Banyaknya berbagai pilihan untuk dapat mengecilkan file PDF akan membuat sobat menjadi bingung akan memilih yang mana cara tepat untuk digunakan.

Sobat bebas memilihnya karena semua bagus untuk digunakan, jika sobat bingung. Berikut dapat sobat tambahkan beberapa software dengan aplikasi yang dapat digunakan untuk dapat mengkompres file PDF.

Microsoft Word 2013

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Salah satu program aplikasi yang tepat dan paling baik untuk dapat mengecilkan ukuran PDF secara mudah dengan tanpa repot adalah menggunakan Microsoft Word 2013.

Sebenarnya, tidak hanya dengan menggunakan Microsoft Word 2013, namun seri yang di atasnya juga dapat digunakan sebagai salah satu aplikasi alternatif untuk dapat melakukan kompres PDF.

Adapun cara yang dibutuhkan untuk mengecilkan ukuran file PDF ialah sebagai berikut:

  • Buka file PDF sobat yang ingin sobat kecilkan ukuran dari file-nya  menggunakan program aplikasi MS Word 2013. Caranya, dengan klik kanan pada file yang dipilih serta pilih open with lalu kemudian pilih MS Word 2013
  • Dengan otomatis, file PDF yang tersebut akan dapat berubah menjadi dokumen dengan pilihan ekstensi file word
  • Setelah terbuka langkah yang selanjutnya adalah dengan memilih menu file pada bagian Word 2013 serta pilih save as. Kemudian pada bagian dari penyimpanan, pilih sebuah tipe file PDF untuk dapat menyimpan.
  • Selanjutnya, pilih juga minimum size (publishing online di bagian optimize for. Lalu, sobat klik save untuk proses menyimpan.
  • Selesai. File PDF sobat sekarang telah tersimpan ulang dengan ukuran yang berubah lebih kecil daripada ukuran file yang sebelumnya.

Sekian pembahasan artikel mengenai Cara Mengecilkan Ukuran File PDF. Harapan penulis tentunya semoga artikel ini dapat memberikan manfaat baik bagi kita semua.

Baca Juga :  Cara Mematikan Update Windows 10

Baca juga :