Pengertian Informasi

Posted on

Pengertian Informasi – Pada Artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Pengertian data, kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian informasi, Ciri, Jenis, Sumber, Kualitas, Tujuan dan Manfaat Informasi yang berguna bagi pembuat keputusan karena informasi mengurangi ketidakpastian dalam data, karena berdasarkan informasi ini, pimpinan dapat mengetahui kondisi yang obyektif.

Tidak semua data atau fakta dapat ditransformasikan menjadi informasi untuk penerimanya. Jika data yang diproses tidak menarik bagi penerima, ini tidak dapat diklasifikasikan sebagai informasi.

pengertian informasi
 

Pengertian Informasi

Apa itu informasi ? Secara umum definisi dari informasi merupakan kumpulan data dan fakta yang telah diproses serta dikelola dengan sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dipahami serta sangat bermanfaat bagi yang menerima informasi tersebut.

Secara etimologis, istilah “informasi” berasal dari bahasa Latin, yang berarti “Informatinem” yang berarti ide, kode, atau garis besar. Informasi dapat disajikan dalam berbagai bentuk, mulai dari tulisan, gambar, tabel, diagram, audio, video, dll.
 

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti kata informasi, kita dapat merujuk pada pendapat para pakar berikut;

  • Raymond McLeod

    Menurut Raymond McLeod, pengertian informasi adalah data yang telah diproses dalam bentuk yang masuk akal bagi penerima dan yang berguna untuk membuat keputusan saat ini atau di masa depan.

  • Jogiyanto HM

    Menurut Jogiyanto HM, gagasan informasi adalah hasil dari pemrosesan data dalam bentuk yang lebih berguna bagi penerima yang menggambarkan peristiwa nyata untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.

  • Lina Sidharta

    Menurut Lina Sidharta, memahami informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang lebih berguna untuk membuat keputusan.

  • George R. Terry

    Menurut George R. Terry, memahami informasi adalah data penting yang memberikan pengetahuan bermanfaat bagi penerima.

  • Azhar Susanto

    Menurut Azhar Susanto, pengertian informasi adalah hasil dari pengolahan data yang memberi makna dan manfaat bagi penerima.

 

Ciri ciri informasi

beberapa karakteristik informasi yang berkualitas menurut Mc. Leod (1997), yaitu:

  • Akurat, yang berarti bahwa informasi tersebut mencerminkan situasi aktual.
  • Tepat waktu, yang berarti bahwa informasi harus tersedia saat dibutuhkan.
  • Relevan, informasi yang diberikan harus sesuai kebutuhan.
  • Lengkap, artinya informasi harus utuh, bukan setengah-setengah.

 

Fungsi informasi

Setidaknya ada tujuh fungsi informasi untuk manusia. Beberapa fungsi informasi adalah:

1. Menjadi sumber pengetahuan baru

Informasi yang valid yang diperoleh seseorang mungkin merupakan pengetahuan baru dan menambahkan informasi di bidang-bidang tertentu. Misalnya, informasi tentang cara mengatasi masalah kesehatan yang didapat dari konten di Internet.

Mungkin informasinya adalah sesuatu yang umum dan sudah dikenal luas. Namun, mungkin ada seseorang yang tidak mengetahui informasi tersebut.

2. Hapus ketidakpastian

Kurangnya informasi tentang sesuatu akan menyebabkan ketidakpastian. Untuk mengatasi ketidakpastian ini, diperlukan informasi yang lengkap dan valid dari sumber yang dapat dipercaya.

3. Sebagai media hiburan

Informasi juga dapat berfungsi sebagai sarana hiburan bagi masyarakat. Misalnya, informasi tentang atraksi di suatu tempat disajikan dengan bahasa dan gambar yang menarik.

4. Sebagai sumber berita

Informasi tentang suatu hal dapat digunakan sebagai sumber informasi bagi publik. Misalnya, informasi tentang Asian Games diperoleh dari televisi, radio, dan situs berita online.

5. Untuk sosialisasi kebijakan

Informasi merupakan elemen yang sangat penting untuk dapat berkomunikasi dengan pihak lainnya. Salah satunya adalah mengirimkan kepada pemerintah kebijakan yang dilakukan melalui sosialisasi.

6. Mempengaruhi masyarakat

Komunikasi informasi melalui media massa umumnya dilakukan untuk mempengaruhi masyarakat. Misalnya, informasi tentang suatu produk melalui televisi sehingga orang tahu tentang hal itu dan ingin menggunakannya.

7. Menyatukan Pendapat

Di era media sosial seperti sekarang, sangat mudah untuk mengekspresikan pendapat di ruang publik. Namun, tidak semua pendapat konsisten dengan fakta.
 

Jenis jenis informasi

Absolute Information adalah “pohon” informasi yang merupakan jenis informasi yang disajikan dengan jaminan dan tidak memerlukan penjelasan lebih lanjut.

Substitusional Information, jenis informasi yang merujuk pada kasus-kasus di mana konsep informasi digunakan untuk informasi tertentu. Dalam hal ini, informasi terkadang diganti dengan istilah komunikasi.

Philosophic information, jenis informasi yang berkaitan dengan konsep yang menghubungkan informasi dengan pengetahuan dan kebijakan.

Subjective information, jenis informasi yang berkaitan dengan perasaan dan informasi manusia. Kehadiran informasi ini tergantung pada orang yang mempresentasikannya.

Objective information, jenis informasi yang merujuk pada sifat logis informasi tertentu.

Cultural information, informasi yang memberi tekanan pada dimensi budaya.
 

Contoh informasi

  • Indonesia akan menjadi tuan rumah GAMES ASIA 2018 di kota-kota Jakarta dan Palembang.
  • Tiongkok memenangkan semua 2018 ASIAN GAMES dengan 132 medali emas.
  • Minuman jus wortel kaya akan vitamin A
  • Jal Tol Lampung – Palembang Siap Beroprasi menghadapai natal dan tahun baru
  • Harga laptopROG terbaru dengan harga di atas 15 juta.
  • Harga sayuran meningkat menjadi sekitar Rs 500 per sayuran saat menjelang Natal.
  • Harga satu kilogram telur adalah 24.000 ribu per kilo.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Informasi beserta beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.com dalam menambah ilmu serta wawasannya. sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

 

Baca Juga :  Pengertian BIOS