Contoh Susunan Kepanitiaan Pernikahan

Posted on

Contoh Susunan Panitia Pernikahan – Dalam suatu kegiatan tentu ada kepanitiaan bukan, nah terbentuknya kepanitiaan ini dibuat oleh pengada acara dan disetujui oleh para anggota panitia, tak terkecuali acara pernikahan, acara pernikahan tentu membutuhkan susunan panitia dengan harapan acara akan berjalan sesuai keinginan, jadi artikel kali ini akan membahas bagian dari Pengertian Susunan Panitia Pernikahan, Tujuan  Susunan Panitia Pernikahan, Susunan Panitia Pernikahan dan Tugasnya. Yang tentunya akan kita uraikan dibawah ini.

Contoh Susunan Kepanitiaan Pernikahan
Contoh Susunan Kepanitiaan Pernikahan

Pengertian Susunan Panitia Pernikahan

Susunan panitia pernikahan adalah kumpulan individu yang ditunjuk untuk memiliki tanggung jawab dalam keberlangsungan acara pernikahan tersebut, yang terdiri atas beberapa sesi lengkap dengan anggotanya untuk saling bekerja sama mengusahakan acara berjalan dengan lancar dari pembukaan sampai penutup.

Tujuan  Susunan Panitia Pernikahan

Tujuannya untuk menghemat biaya karena dengan adanya susunan kepanitiaan tidak harus menyewa jasa WO, dan juga bertujuan agar setiap yang bertugas masih sanak saudara dengan begitu masih terciptanya privasi, dan tentunya bertujuan supaya acara yang diselenggarakan hendaknya berjalan sesuai harapan.

Fungsi Susunan Kepanitiaan Pernikahan

Berikut dibawah ini beberapa fungsi dari susuan kepanitiaan pernikahan.

  • Sebagai  orang yang berpengaruh dengan berjalan secara lancar tidak suatu acara pernikahan.
  • Sebagai pengordinir jalannya acara.
  • Sebagai orang yang bertugas memastikan keamanan dan kelancaran acara.

Susunan Panitia Pernikahan dan Tugasnya.

Dibawah ini merupakan beberapa seksi bagian kepanitiaan pernikahan yang akan diuraikan secara ringkas supaya mudah untuk dipahami, sebagao berikut.

  • Seksi Sekretaris

Panitia yang ditunjuk sebagai sekretaris hendaknya orang yang biasa dalam hal menulis, cekatan dan tahu apa saja yang dibutuhkan juga memiliki ingatan yang kuat menyimpan apa saja yang akan ditulis. Mengetik undangan, menulis alamat, nama, kontak orang yanga kan diundang, menyebar undangan dan mengonfirmasi kedatangan tamu.

  • Seksi Bendahara

Seksi kepanitiaan sebagai bendahara ini hendaknya orang terdekat dengan keluarga, serta orang yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Hendaknya memiliki pengalaman dalam mengatur keuanagan supaya acara yang diselenggarakan tidak kekurangan dana. Seksi kepanitiaan sebagai bendahara ini memiliki tanggung jawab yang besar. Tugasnya menyusun laporan keuanagan, menyimpan uang kas, dan bertanggung jawab atas ungpau dari para tamu.

  • Seksi Tata Rias dan Busana

Seksi tata rias dan busana ini masih menggunakan jasa perias dan pemilik busana untuk disewa, kecuali ada anggota keluarga yang suka rela memberi jasa rias, dan busana nya dibeli langsung oleh pengantin tidak menyewa. Menyiapkan busana yang akan dipakai pengantin dan keluarga dan mempertanggung jawabkan riasan pengantin dan anggota keluarga.

  • Seksi Konsumsi

Seksi konsumsi ini menguntungkan pihak yang hajatan karena tidak perlu menyewa atau memesan membooking makan dari luar, tanggung jawab seksi konsumsi juga memiliki tanggung jawab yang besar hajatan akan kurang jika tanpa adanya makanan, maka dari itu setiap yang hajatan menginginkan tamu nya mendapat makanan yang bagus sehingga menyenangkan para tamu undangan. Mengatur pembagian kue dan santap siang diacara.

  • Seksi Protokol / Tamu VIP

Seksi protokol adalah orang yang akan memandu acara layaknya seorang MC, dan menyambut tamu VIP biasanya diberi sambutan yang lebih dan tempat berbeda bagi tamu VIP. Seksi protokol ini harus menyiapkan suara karena akan berbicara disepanjang acara, dari pembukaan sampai penutupan. Untuk menerima tamu VIP protokol konfirmasi dulu dengan pihak keluarga siapa saja yang menjadi tamu VIP.

  • Seksi Perlengkapan

Seksi perlengkapan adalah seksi yang mengatur semua perlengkapan yang dibutuhkan seperti souvenier, alat alat perlengkapan pernikahan seperti sound, microfon, kursi, meja, pelaminan dan lain sebagainya dan semua peralengkapan yang dibutuhkan selama acara berlangsung.

  • Seksi Transportasi

Seksi transportasi adalah kepanitiaan yang menghitung jumlah kendaraan, menyiapkan tempat kendaraan yang akan diparkir, memastikan kendaraan aman dan bekerja sama dengan kepanitiaan parkir.

  • Petugas Buku Tamu

Kepanitiaan yang mengatur buku tamu, yang mengkoordinir tamu VIP, yang meghitung jumlah tamu yang hadir dan sebagainya.

  • Penerima Tamu

Mengkoordinasi berapa banyak tamu untuk memastikan sovenir cukup dan mengetahui berapa angpau masuk bekerja sama dengan panitia buku tamu.

  • Seksi Pengiring Pengantin

Pengiring pengantin hendaknya orang terdekat dengan pengantin seperti saudara kandung dan para sepupunya, dan boleh juga teman terdekatnya. Pengiring bertugas mengantar penganti perempuan saat akad nikah, dan pengiring saat pengantin akan duduk dipelaminan pada saat acara resepsi.

  • Seksi Keamanan

Mengatur keamanan selama acara berlangsung, bekerja sama dengan badan keamanan setempat dekat lokasi hajatan dan mengkoordinasi tamu yang masuk, memastika benar tamu yang diundang atau tidak.

  • Seksi Parkir

Mengatur posisi parkir kendaraan dan bekerja sama dengan kepanitiaan transportasi. Umumnya kepanitiaan transportasi bergabung dengan kepanitiaan parkir seperti bagi tugas.

Baca Juga :  Pengertian Distribusi

Contoh Susunan Panitia Pernikahan

Contoh Susunan Panitia Pernikahan

SUSUNAN KEPANITIAN RESEPSI
PERNIKAHAN

M. ANWAR RAMADHAN & ANITA HAYATUNNUFUS


Pelindung / Penasehat      :

1. Bpk. Dodod Suwantono, S.H, M.H
2. Bpk. Drs. H. Abdul Gani
3. Tuan Rumah

Ketua Pelaksana                : Ir. Kasman, M.M
Wakil Ketua                       : Awan Daria, S.sos
Sekretaris                          : Sugiono
Bendahara                          : Tuan Rumah

SEKSI – SEKSI :

  1. SEKSI PENERIMA TAMU / PENGATUR TAMU
  2. Bpk Samsu Haryono
  3. Bpk Drs. Suwandi Santa & Istri
  4. Bpk Pramono & Istri
  5. Bpk Rizwan Yakin
  6. Bpk Drs. Edi Yusuf & Istri
  7. Bpk Drs. Sutadi & Istri
  8. Bpk Robinson, S.H & Istri

SEKSI ACARA

    1. Bpk Ansori, SE ( Koordinatror )
    2. Bayu, S.Kom
    3. Aldi

SEKSI PONDOKAN

( Koordinator  : Ibu Lia Ary Rahman )

Pondokan 1
Susan

Pondokan 2
Reni M. Ali

Pondokan 3
Reni Sultoni

Pondokan 4
Fitria Sari

SEKSI MEJA KONSUMSI

( Koordinator  : Ibu Masanah Ali )

 Meja

  1. Ibu Betty Pramono
  2. Ibu Awan Daria
  3. Ibu Sutadi
  4. Ibu Milda Rista Subari
  5. Ibu Ning Nurdin
  6. Ibu Wasidi
  7. Ibu Tri Margo
  8. Ibu Bondan
  9. Ibu Sundusiati

SEKSI PERLENGKAPAN & DEKORASI

  1. Ary Rahman ( Koordinator )
  2. Subari
  3. Reza Email S Taher
  4. Joko

SEKSI UNDANGAN

  1. Rudi Ujang Arifin          ( Koordinator )
  2. Trisno Wasiso Adi
  3. Bondan

SEKSI PARKIR DAN KEAMANAN

    1. Bpk Usman          ( Koordinator )
    2. Bpk Ahmad Sumardi
    3. Rudi Arifin
    4. Budi Wasidi
    5. Bondan
    6. Bambang

SEKSI KEBERSIHAN

    1. Team Catering

Bandar Lampung, 14 Febuari 2018

PANITIA PELAKSANA

 

     Ketua Pelaksana,                                     Sekertaris Pelaksana,

Ir. Kasman                                                Sugiono

Nah demikian uraian mengenai tentang Contoh Susunan Panitia Pernikahan terlengkap versi  dosenpintar.com, dan tentunya kami mengharapkan artikel ini dapat membantu dan menjadi referensi kalian saat akan membentuk susunan panitia pernikahan. Sampai jumpa lagi diartikel berikutnya guys.

Baca Juga :  Alat Musik Tradisional

Baca Juga :