Pengertian Narrative Text

Posted on

Pengertian Narrative Text – Hallo sobat dosenpintar.com Jumpa lagi bersama kami, yang kali ini akan membagikan artikel mengenai narrative text. Kalian sudah pasti pernah membaca sebuah teks cerita, itu merupakan salah satu contoh narrative text. Lalu apa itu Narrative text ? Untuk mengetahui jawabannya mari baca artikel dibawah ini.

Pengertian Narrative Text
Pengertian Narrative Text
 

Pengertian Narrative Text

Pengertian narrative text adalah suatu bacaan yang berangkai mengandung isi dari suatu peristiwa dan suatu kejadian yang tersaji dengan urutan waktu yang memiliki nilai yang bisa benar atau hanya sebuah imajinasi penulis.
 

Tujuan Narrative Text

  • Memberikan hiburan kepada para pembaca.
  • Memperluas wawasan dan memberikan beberapa informasi.
  • Berbagi pengalaman estetis bagi para pembaca.

 

Ciri-Ciri Narrative Text

  1. Karangan atau bacaan ini berisi sebuah kisah, cerita atau suatu peristiwa yang terjadi.
  2. Tersusun atas beberapa paragraf dan menggunakan bahasa yang bersifat naratif.
  3. Kronologi yang disusun secara jelas dan terurut.
  4. Memiliki bagian konflik.
  5. Memiliki unsur yang berupa tema, latar, setting dan lain sebagainya.

 

Kebahasaan Narrative Text

  1. Menggunakan bahasa penghubung kata seperti pertama, lalu kemudian dan akhirnya.
  2. Menggunakan majas (kiasan).
  3. Melibatkan kata transitif dan intransitif.
  4. Menggunakan kata sifat, benda,klausa dan frasa.

 

Struktur Narrative Text

  • Orientation berupa pendahuluan dari karangan mulai dari perkenalan tokoh, watak dan tempat terjadinya peristiwa.
  • Complication bagian ini mulai muncul masalah yang akan menjadi konflik karangan.
  • Resolution adalah cara bagaimana menyelesaikan konflik.
  • Re-orientation adalah bagian penutup yang menunjukkan akhir dari karangan tersebut. Re-orientation ini juga merupakan pilihan jadi ada akhir yang sad atau happy. Namun ada juga karangan yang menggantung ceritanya dan menjanjikan lanjutannya pada karangan berikutnya.
  • Coda adalah nilai moral yang terkandung didalam karangan yang dapat kita ambil hikmahnya. Dan Coda ini adalah pilihan ada karangan yang menambahkannya pada tulisan ada juga karangan yang memberikan nilai moral yang tersirat.
Baca Juga :  Contoh Makalah

 

Unsur-Unsur Narasi

  • Alur (Plot)
    Merupakan jalur atau jalan dimulainya karangan secara sistematis dari awal sampai akhir sehingga kronologis cerita tersaji dengan jelas dan teratur.
  • Pengembangan
    Pengembangan adalah bagian urutan yang dimulai dari pengenalan tokoh, muncul konflik, menyelesaikan konflik, hingga sampai pada akhir karangan.

 

Contoh Narrative text

  • Orientasi

    Afril orang biasa memanggilku,dan aku selalu menoleh. Nama lengkapku Afrilia Cemara. Kata ibu, Bapak yang sangat antusias memberiku nama ini. Bapak ku seorang yang sangat tegas dan bertanggung jawab, sedangkan ibuku adalah orang yang sangat rajin dan baik hati, dan aku mempunyai seorang adik perempuan yang sangat manja tetapi dia sangat cerdas.

  • Konflik:

    Aku sangat bersyukur terlahir dikeluarga yang harmonis ini, aku sangat menyayangi mereka, keluarga ku hidup cukup. Ayah selalu bekerja keras ingin sekali aku menyampaikan rasa terima kasihku, namun aku gengsi. Dalam hati aku berniat ingin membahagiakan mereka, berangkat ke tanah suci bersama-sama aamiin. Namun untuk impian ku ini aku tidak tahu harus mencari biaya dimana dan kemana. Sedangkan saat ini aku hanyalah seorang mahasiswi.

    Dari semester 1 kuliah aku selalu mencari kerja sampingan dan hasilnya aku tabungkan, tekad ku sudah bulat aku sangat ingin mewujudkannya, hingga sampai semester 7 aku hanya mampu mengumpulkan tabungan sebesar 20 juta, masih jauh bukan utuk mencukupi biaya berangkat ketanah suci dengan 4 orang.

  • Resolusi:

    Setelah lulus aku mulai bekerja disuatu perusahaan, perusahaan ini memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk berinvestasi, sekitar tiga tahun berjalan aku mendapat keuntungan dari investasiku dan dibantu dengan tabungan gajiku, Alhamdulillah kami sekeluarga bisa berangkat ke tanah suci.

  • Koda/Ending:

    Dengan tekad yang kuat, usaha yang keras dan terutama yakinkan diri, akhirnya kami sekeluarga dapat berangkat ketanah suci bertamu ke rumah Allah SWT. Benar adanya Tuhan itu maha mendengar, teruslah berdoa dan selalu berusaha.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian narrative text. Terima kasih telah mengunjungi dosenpintar.com semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Baca Juga :