Pengertian Montase : Fungsi dan Cara Membuatnya

Pengertian Montase–Hello kalian para pembaca setia dosenpintar.com  kali ini dosenpintar.com membagikan artikel mengenai Pengertian Montase, Fungsi Montase, Cara Membuat Montase dan Perbedaan Kolase Montase dan Mozaik. Silakan simak artikel dibawah ini:

pengertian montase

Pengertian Montase

Montase adalah karya seni tempel yang menggabungkan beberapa gambar jadi dari sumber yang berbeda disusun sehingga menjadi karya seni yang baru. Sumber yang dimaksud bisa kita dapatkan dari majalah, koran, buku, brosur dan lain sebagainya yang sudah tidak dimanfaatkan lagi sehingga tidak merusak fungsi dari sumbernya.

Jadi karya montase dihasilkan dari menggabungkan beberapa gambar jadi sehingga menjadi gambar jadi lainnya. Misalnya gambar pohon dari buku bekas dipotong dan ditempelkan pada media gambar seperti kertas,kain dan lain sebagainya dan dikombinasikan dengan gambar pohon lain dari sebuah majalah serta gambar rumah dari brosur sehingga menjadi gambar baru pada media gambar yang sama dengan beberapa pohon yang sudah ditempel sebelumnya.

Berdasarkan pemahaman di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa karya seni montase merupakan karya seni baru yang berasal dari satu komposisi yang lama dengan yang satu komposisi lain yang lama juga.

Fungsi Montase

Karya seni Montase memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Fungsi praktis merupakan fungsi yang ada pada benda sehari-hari, karya yang dapat digunakan sebagai dekorasi atau dekorasi rumah.
  2. Fungsi edukatif merupakan fungsi montase yang dapat mengembangkan pikiran, daya serap, emosi, estetika dan kreativitas pembuatnya.
  3. Fungsi ekspresi merupakan fungsi yang berkaitan dengan teknik perakitan yang menggunakan bahan dan tekstur yang tidak sama sehingga terproses semua ekspresi.
  4. Fungsi psikologis merupakan fungsi dimana pencipta karya Montase menghasilkan sebuah karya dengan menggunakan semua ide dan emosi yang menciptakankan rasa kepuasan dan kesenangan untuk menghibur diri serta mengurangi beban psikologis.
  5. Fungsi sosial merupakan karya yang menarik dan unik bermanfaat bagi orang banyak, dimaksudkan untuk menciptakan lapangan kerja dengan modal kreatif.
Baca Juga :  Rumusan Masalah : Pengertian, Jenis, Fungsi, Ciri dan Contoh

Cara Membuat Montase

Berikut adalah teknik dan cara membuat karya montase:

1.Sediakan Semua Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahannya sebagai berikut.

  • Gunting
  • lem perekat
  • buku gambar atau kertas HVS untuk menempelkan gambar
  • crayon atau pensil warna.
  • Semua gambar jadi dari berbagai sumber yang akan di gabungkan.

 

2.Buatlah Tema dan Konsep Gambar Montase

Tentukan tema yang ingin kalian aplikasikan pada karya montase. Pertimbangkan pengaturan gambar dengan menyesuaikan penempatan dan ukuran setiap gambar. Kreativitas dan imajinasi kalian menjadi faktor utama untuk menghasilkan sebuah susunan baru yang menarik.

3. Potonglah Gambar-gambar Dari Sumber Referensi Yang Ada

Langkah selanjutnya setelah kalian menentukan tema (desain gambar), gunakan gunting untuk memilih dan memotong gambar yang menarik dan cocok dari berbagai sumber yang kalian miliki. Perhatikan dan konsentrasi pada saat pemotongan gambar karena mempengaruhi kualitas gambar, Potong dan kumpulkan semua objek gambar yang ingin kalian masukkan.

4. Tempelkan Gambar-gambar Tersebut

Selanjutnya untuk pembuatan Montase setelah semua gambar telah dipilih kemudian tempelkan gambar satu per satu pada posisi yang telah kalian desain di media gambar yang akan kalian gunakan.

5. Tambahkan Warna atau Arsiran

Kalian ciptakan nilai keindahan, dengan menambahkan warna atau corak menggunakan krayon. Warna yang digunakan disarankan saling melengkapi, jadi pastikan warnanya tidak terlalu dominan dibanding gambar-gambar yang menjadi objek karya montase kalian.

6. Lihatlah Hasil Karyamu

Terakhir, karya seni montase kalian akan membentuk suatu gambar baru dan menghasilkan cerita yang baru sesuai tema yang kalian ciptakan.

Pada dasarnya teknik pembuatan karya seni montase ini tidak sulit. Yang harus kita kerjakan adalah memilih, memotong, dan menempel gambar untuk menghasilkan karya baru. Tetapi membutuhkan kreativitas dan inovasi untuk penentuan dan pemilihan gambar sehingga hasilnya bagus dan menarik.

Baca Juga :  Pengertian Jurnal

Perbedaan Kolase Montase dan Mozaik

Perbedaan antara kolase, montase dan mozaik berasal dari bahan yang dilampirkan. Kolase menggunakan bahan yang berbeda jenis pada satu pola, contohnya seperti bahan dari alam dikombinasikan dengan bahan olahan. Montase  menggunakan bahan dari  beberapa gambar yang sudah jadi digabungkan menjadi karya baru, sedangkan mozaik berupa susunan kepingan dengan jenis bahan yang sama membentuk sesuatu sesuai keinginan kalian.

Sekian artikel tentang pengertian montase ini semoga bisa memberi manfaat bagi kalian pembaca dosenpintar.com, sampai jumpa diartikel lainnya. Terima kasih.

Baca Juga :

(Visited 200 times, 15 visits today)