Peta Jawa Timur

Posted on

Peta Jawa Timur – Sobat dosenpintar.com sekarang penulis akan berbagai satu artikel menganai Peta Jawa Timur. Nah jika sobat penasaran dengan pembahasan kali ini yang pasti sangat bermanfaat untuk kita semua, bisa langsung saja simak artikel berikut sobat.

Peta Jawa Timur
Peta Jawa Timur

Peta Jawa Timur

Peta Jawa Timur ialah peta Pulau Jawa dan mempunyai  wilayah sangat luas Wilayah ini yang meliputi daerah Jawa di bagian Timur yang akan terkenal dengan panorama alam yang jauh sangat indah serta banyak pemandangan alam yang sangat eksotis.

Berdasarkan dari batas wilayah, bagian dari sebelah barat Jawa Timur yang berbatasan dengan Jawa Tengah, Sebelah timur nya yang berbatasan dengan Pulau Bali.

Dan juga bagian sebelah utara Laut Jawa yang bersebelahan dengan Samudera Hindia.

Peta Jawa Timur luasnya sekitar 47.922 km² dengan jumlah dalam penduduk berdasarkan dari data Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035 yang akan dilakukan oleh bidang Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BPPN) serta Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2013.

Jumlah penduduk yang ada di Jawa Timur mencapai sekitar 37,47 juta jiwa, yang artinya telah tumbuh 8% dari hasil kegiatan Sensus Penduduk 2000, yaitu sebanyak 34,78 juta jiwa.

Dalam pernyataan suatu proyeksi tersebut penduduk provinsi dibagian paling timur di Pulau Jawa tersebut mencapai 39,89 juta jiwa di tahun 2020.

Ibukota yang ada provinsi Jawa Timur ialah Surabaya. Sobat dapat kembali melihat Peta Jawa Timur yang dilampirkan di atas dengan jelas melalui peta yang telah dicetak besar.

Baca Juga :  Contoh Poster Pendidikan

Selain itu, bisa juga di lihat pada google map dengan menggunakan sistem zoom yang sangat memungkinkan sobat dapat melihat jauh serta dekat gambaran geografis yang terdapat dalam peta tersebut.

Peta Jawa Timur mempunyai berbagai hal yang berkaitan dengan menunjukkan bagaimana karakteristik peta yang tersebut, diantaranya ialah sejarahnya, komponen-komponennya, Kota serta tingkat Kabupaten.

Gambar Peta jawa Timur

Berikut daftar peta Jawa timur, antara lain

Peta Provinsi Jawa Timur

Peta Administratif Jawa Timur

Peta Jawa Timur

Peta Adm Jawa Timur

Peta Pariwisata Jawa Timur

Peta Buta Jawa Timur

Nama Kabupaten Jawa Timur

Berikut merupakan  daftar Kabupaten dan Kota yang terdapat di Jawa Timur dengan keterangan luas dari wilayahnya, serta kami sajikan dengan tabel berikut ini :

No Nama Kabupaten Luas Wilayah
1 Kabupaten Lumajang. 571,7 km2.
2 Kabupaten Madiun 654,78 km2
3 Kabupaten Magetan 901,5 km2
4 Kabupaten Malang 875,96 km2.
5 Kabupaten Mojokerto 1.199,4 km2
6 Kabupaten Nganjuk 850 km2
7 Kabupaten Ngawi 705,78 km2.
8 Kabupaten Pacitan 387 km2.
9 Kabupaten Pamekasan 1.117,09 km2
10 Kabupaten Pasuruan 928,97 km2.
11 Kabupaten Ponorogo 620 km2.
12 Kabupaten Probolinggo 665 km2.
13 Kabupaten Sampang 690 km2.
14 Kabupaten Sidoarjo 2.703 km2.
15 Kabupaten Situbondo 433,3 km2.
16 Kabupaten Sumenep 494 km2.
17 Kabupaten Trenggalek 628 km2.
18 Kabupaten Tuban 551,5 km2.
19 Kabupaten Tulungagung 891 km2.
20 Kota Batu 900 km2.
21 Kota Blitar 3.891 km2.
22 Kota Kediri 4.218 km2.
23 Kota Madiun 5.981 km2.
24 Kota Malang 7.800 km2.
25 Kota Mojokerto 6.792 km2.
26 Kota Pasuruan 5.991 km2.
27 Kota Probolinggo 7.924 km2
28 Kota Surabaya  8304 km2.

Daftar Gunung di Jawa Timur

Berikut merupakan daftar gunung dengan dilengkapi penjelasannya :

Baca Juga :  Pengertian Limbah

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah gunung yang sangat dikenal mainstream oleh berbagai kalangan dan khususnya kalangan anak muda serta tantangan yang minim.

Tapi jangan berfikiran salah, justru dari karena inilah gunung Bromo dapat dikunjungi oleh seluruh orang banyak akses yang di lewati dengan mudah.

Gunung bromo sendiri yang terletak di antara kabupaten Probolinggo, di Malang, Pasuruan serta Lumajang gunung ini mempunyai ketinggian 2392 mdpl.

Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah gunung yang terletak di bagian selatan Gunung Bromo serta mempunyai jarak yang sangat berdekatan.

Banyak keistimewaan yang ada pada gunung semeru ini salah satunya ialah pada danau Ranu Kumbolo yang sangat terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat terlihat indah.

Gunung Semeru ini terletak di antara Malang, Pasuruan dengan Lumajang, gunung ini mempunyai ketinggian 3.676 mdpl.

Gunung Ijen

Gunung Ijen ialah gunung dengan ciri khas berupa api biru dengan fenomenal yang dibentuk dari gas belerang berasal dari kawahnya sendiri.

Gunung ini dengan ketinggian mencapai 2.443 mdpl serta terletak di antara Bondowoso Banyuwangi dengan Situbondo.

Gunung Argopuro

Gunung Argopuro adalah gunung yang sangat terkenal dengan adanya mitos setempat mengenai telah hilangnya Dewi Rengganis dengan para dayangnya.

Letak gunung ini di antara Lumajang, Malang, Probolinggo dengan daerah Bondowoso. Gunung ini dengan ketinggian yang mencapai 3.088 mdpl.

Sejarah Dibentuknya Peta Jawa Timur

Mengenai sejarah dari terbentuknya Peta Jawa Timur ini sangat erat berkaitan dengan pembuatan Peta Jawa yang pertama oleh Sebastian Munster tahun 1540 dan ditulis oleh Guillaume Le Testupada pada laporannya tahun 1555 sebagai bentuk Pulau Terbesar ketika itu.

Yang mana saat itu Pulau Jawa ini dikenal dengan sebutan yaitu Java la Gandre (Java Major atau Great Java).

Baca Juga :  Birokrasi : Pengertian , Sejarah, Ciri, Jenis, Karakteristik dan Contoh

Pada tahun 1570, Abraham Ortellius seorang yang berprofesi sebagai kartografer dan ahli geografi ini membuat suatu peta dengan berjudul Indiae Orientalis yang akan menggambarkan salah satunya di Pulau Jawa.

Saat itu bentuk dari Pulau Jawa ini berbentuk bulat serta belum utuh dengan sepenuhnya. Dan kemudian dalam tahun 1580, bagian-bagian dari selatan Pulau Jawa yang teridentifikasi kemudian akan dibuatlah Peta Jawa baru oleh seorang Francis Drake.

Peta Jawa ini terus mengalami perubahan atau suatu perkembangan hingga akhirnya dapat diidentifikasi gambaran peta yang jauh lebih persis atau sesuai dan sangat detail oleh Henri Chatelain pada tahun 1718 M.

Ketika itu, Peta Pulau Jawa sudah sangat  diperinci dengan nama kota, gunung, ciri ada juga khas dataran, dan lain sebagainya.

Setelah itu dalam Peta Jawa Timur, mulai banyak kumpulan daerah-daerah baru yang dapat teridentifikasi dengan beserta komponen-komponen alam yang akan terdapat di dalamnya dengan utuh.

Peta Jawa Timur Lengkap

Demikianlah artikel yang membahas Peta Jawa Timur. Harapan penulis semoga setiap artikel yang penulis bagikan dapat memberikan manfaat untuk sobat semua. Sekian artikel dalam kesempatan ini tentunya sampai jumpa dilain kesempatan dengan artikel baru lainnya.

Baca Juga :