Integrasi Nasional

Posted on

Integrasi Nasional – Kembali lagi dosenpintar.com membagikan sebuah artikel mengenai Integrasi Nasional yang meliputi Pengertian Integrasi Nasional Secara Umum, Pengertian Integrasi Nasional Menurut Ahli, Jenis Integrasi Nasional, ada juga Syarat Integrasi Nasional, pembahasan Faktor Penghambat Integrasi Nasional, serta Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan juga Contoh Integrasi Nasional Indonesia. Untuk itu mari kita simak artikel berikut ini.

Integrasi Nasional
Integrasi Nasional

Pengertian Integrasi Nasional Secara Umum

Integrasi nasional adalah yang bersatunya sebuah bangsa yang telah menempati wilayah tertentu dalam suatu negara yang berdaulat. Secara umum integrasi nasional dengan mencerminkan susunan proses persatuan dari kumpulan individu dari berbagai wilayah berbeda dan mempunyai perbedaan.

Pengertian Integrasi Nasional Menurut Ahli

Berdasarkan dari beberapa pakar ahli integrasi nasional ini terbagi menjadi beberapa definisi, sebagai berikut.

  • Menurut J. Soedjati Djiwandono

    Integrasi nasional ialah cara bagaimana sebuah kelestarian dalam persatuan nasional di dalam arti luas dapat didamaikan dengan hak di dalam menentukan nasib sendiri.

  • Menurut Arfani

    Integrasi Nasional ialah Pembentukan suatu identitas nasional dan dengan penyatuan berbagai kelompok sosial dari budaya ke dalam sebuah kesatuan wilayah

  • Menurut Saafroedin Bahar

    Integrasi Nasional adalah bentuk upaya menyatukan semua unsur suatu bangsa dengan pihak pemerintah dan juga wilayahnya.

  • Menurut Howard Wriggins

    Integrasi nasiona yaitu bentuk penyatuan bagian yang masih terpisah dari masyarakat dengan menjadi kesatuan/keseluruhan yang lebih utuh dan memadukan semua masyarakat kecil yang berjumlah banyak untuk menjadi satu kesatuan dari bangsa.

  • Menurut KBBI

    Integrasi Nasional adalah bentuk penyatuan dari berbagai kelompok budaya dan juga sosial pada kesatuan wilayah dan juga pembentukan sebuah identitas secara nasional.

Jenis Integrasi Nasional

Berikut merupakan jenis dari integrasi nasional adalah sebagai berikut ini.

  1. Integrasi Sosial
    Sebuah intergrasi yang memiliki dapat tujuan untuk menyesuaikan atau menyeleraskan diri dari berbagai kelompok untuk dapat menghasilkan kehidupan yang tentram serta serasi.
  2. Integrasi Nasional
    Merupakan susunan proses penyesuaian dari beberapa unsur yang mungkin berbeda di dalam masyarakat, digunakan untuk menghasilkan kehidupan yang serasi, sehingga dapat untuk memberikan fungsi tersendiri untuk masyarakat.
  3. Integrasi Kebudayaan
    Penyesuaian antara sebuah unsur-unsur kebudayaan yang akan saling berbeda, untuk dapat mencapai sebuah keselarasan serta keserasian di dalam kehidupan yang bermasyarakat.

Syarat Integrasi Nasional

Berikut merupakan syarat dari integrasi nasional, adapun syarat tersebut antara lain.

  • Anggota masayarakat harus sadar bahwa mereka semua berhasil untuk mencukupi berbagai kebutuhan dengan cara menjalin suatu hubungan satu sama lain.
  • Terdapat dari keputusan bersama mengenai sebuah norma dan nilai sosial yang cukup dilestarikan dengan dijadikan pedoman di dalam menjalani sebuah kehidupan bermasyarakat.
  • Norma serta nilai sosial ini sudah ditetapkan untuk dijadikan aturan dalam menjalankan sebuah proses integrasi nasional.

Faktor Penghambat Integrasi Nasional

Berikut terdapat beberapa faktor yang menghambat integrasi nasional, antara lain

  • Masyarakat Indonesia yang beraneka ragam (heterogen) dalam faktor-faktor sebuah kesukubangsaan kebudayaan masing-masing daerahnya, bahasa, kepercayaan, dan lain sebagainya.
  • Wilayah yang luas, jumlah yang terdiri dari ribuan kepulauan dikelilingi oleh lautan yang luas.
  • Besarnya ancaman, tantangan, halangan serta gangguan yang akan mengrongrong keutuhan, kesatuan serta persatuan bangsa.
  • Masih besar ri danilai ketimpangan serta ketidakmerataan dari pembangunan yang akan menimbulkan berbagai rasa yang tidak puas dengan keputusasaan pada kalangan masyarakat. Dampak yang akan timbul di dalam gejalah seperti SARA, dan sebuah gerakan separatisme serta kedaerahan dan demontrasi serta unjuk rasa.
  • Adanya suatu paham “etnosentrisme” berbagai suku bangsa yang akan menonjolkan dari kelebihan-kelebihan budaya dan juga sebaliknya dengan menganggap rendah budaya dari suku bangsa yang lain.

Faktor Pendorong Integrasi Nasional

Berikut beberapa faktor pendorong integrasi nasional, antara lain:

  1. Berkat adanya bentuk rasa toleransi, tenggang rasa, serta saling menghormati antar masyarakat.
  2. Terjadinya penikahan campuran suku.
  3. Meningkatkan rasa solidaritas serta sosial yang akan dipengaruhi intensif dengan kerja sama kelompok di dalam masyarakat untuk dapat menghadapi suatu kejadian secara bersama-sama dan gotong royong.
  4. Kinerja dari petinggi pemerintahan yang menjadi semakin baik, terutama untuk dapat menyentuk berbagai masyarakat kecil atau bawah.

Contoh Integrasi Nasional Indonesia

Berikut ini terdapat tiga contoh integrasi nasional, yaitu:

  1. Sikap Saling Berbagi
    Indonesia sejak dulu sudah terkenal dengan keramahannya. Sikap yang warga ramah-tamah ini dibarengi dengan sikap yang saling berbagi kepada sesama. Yang telah dikembangkan sejak dini.
  2. Pelaksanaan Gotong Royong
    Indonesia terkenal dengan gotong royong, saling membantu dalam melakukan apapun dengan sesama warga setempat dengan solidaritas tinggi.
  3. Saling Menghargai
    Contoh wujud dari Integrasi Nasional berikutnya ini adalah rasa untuk saling menghargai, menghormati perbedaan dan tidak membedakan satu dengan yang lain. Meskipun Indonesia dengan beragam perbedaan budaya namun tetap satu jua.

Demikian artikel menegnai Integrasi Nasional ini, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Baca Juga :

Baca Juga :  Pengertian Ilmu - Menurut Para Ahli, Ciri dan Fungsi