Recount Text

Posted on

Recount Text – Halo sobat dosenpintar.com dikesempatan ini penulis akan berbagi sebuah artikel yang kali ini dengan pembahasan mengenai tentang Recount Text. Nah apa sih yang akan diuraikan dalam artikel ini ? Jika sobat penasaran bisa langsung saja sobat simak berikut dibawah ini.

Recount Text
Recount Text

Pengertian

Recount Text merupakan sebuah jenis teks yang bertujuan menjelaskan suatu cerita, aksi dan juga suatu aktivitas dengan tujuan untuk dapat menghibur sekaligus memberi berbagai informasi terhadap para pembaca.

Merupakan sebuah jenis teks yyang akan menceritakan ulang mengenai kejadian atau suatu pengalaman yang pernah ada dan terjadi di masa lampau.

Ciri-Ciri

  • Menggunakan kalimat past tense. Contoh: I spent my summer in Surabaya and so I was very happy. (Kejadian lampau atau sudah terjadi di masa lampau).
  • Menggunakan action verbs. Contoh : spent, brought, run, eat,went, go, took, dan lain lain.
  • Menggunakan adverb serta adverbial phrase untuk dapat menerangkan waktu, tempat serta dengan cara. Contoh: last month, in Yogyakarta, lately, etc.
  • Fokus dalam objek yang tertentu. Sebagai contoh saya (sebagai penulis).
  • Menggunakan conjunction serta menggunakan time connectives untuk dapat menjelaskan urutan dari kejadian/ waktu. Contoh: and, after that, or, on Saturday, on Sunday, dan lain sebagainya.

Struktur (Generic Structure of Recount Text)

Recount Text ini mempunyai 3 struktur utama, yang diantaranya seperti:

Orientation (Pembuka)

Memberikan informasi yang mengenai latar belakang yang akan dibutuhkan untuk bisa untuk memahami suatu teks, seperti siapa yang akan terlibat, dimana hal tersebut telah terjadi, serta kapan hal itu sedang berlangsung.

Baca Juga :  Independen : Pengertian, Kelebihan, Konsep Ciri dan Contoh

Contoh:

Kemarin aku tidur di rumah Delia, dengan tiga temanku  yang lainnya ada Amanda, Tiara, dan juga ada Clarisse. Rumah Delia ini sangatlah cantik.

Rumahnya mempunyai taman besar lengkap dengan berbagai jenis bunga serta ada kolam renang yang sangat luas. Tepat dari sisi balkon yang ada dirumahnya, kita bisa melihat pemandangan yang ada di seluruh kota Bandung

Event (Isi)

Adalah suatu rekaman kejadian yang akan berlangsung atau serangkaian acara yang kemudian dengan disusun berdasarkan urutan kronologis.

Sebagai contoh ada : “In the first day… . And in the next day… . And in the last day… .” 

Di bagian tersebut terdapat komentar pribadi dengan mengenai kejadian atau sebuah peristiwa yang akan disebutkan.

Contoh:

Kami tiba dirumahnya pukul 8 pagi, Delia telah menyambut kami serta meminta kami untuk berkeliling rumahnya sembari menerangkan apa saja yang ada di seluruh ruangan di dalam rumahnya sekaligus berbagai fungsinya.

Selepas berjalan di area rumah miliknya, kami kemudian berkumpul di dalam kamar Delia untuk menaruh barang – barang yang kami bawa. Lalu, kami pergi ke arah kebun untuk minum teh bersama sembari mengobrol dengan berbagai topik pembahasan.

Pada pukul 12 siang, Delia kemudian ia meminta kami makan siang yang telah selesai disiapkan oleh koki. Makanan yang di sediakan sangat enak. Makanan yang disediakan makanan tradisional dari negara Korea. Sesudah kami makan siang, kami memutuskan untuk berenang bersama.

Aktivitas kami sangat seru untuk dilakukan. Sekitar pukul 5 sore, kami kemudian mulai membersihkan diri serta mulai bersiap untuk sesi BBQ di malam hari. Kami makan banyak daging sambil kami melihat lampu – lampu kota yang ada di Kota Bandung.

Baca Juga :  Contoh Makalah

Tepat jam 11 malam, kami memutusakan kembali ke rumah serta duduk dengan melingkar di ruang yang ada di kamar Delia untuk mulai berbincang – bincang.

Reorientation (Penutup/ kesimpulan)

Tahapan yang terakhir merupakan tahapan untuk kita pengulangan dari pengenalan yang ada dari dalam tahap pertama. Pengulangan ini yang akan dirangkum seluruh peristiwa yang kemudian diceritakan.

Kalian bisa menulis opini atau dengan komentar kepada peristiwa yang telah terjadi.

Contoh:

Kami kini akhirnya mulai tertidur sekitar jam 2 pagi, ini benar benar sudah sangat larut malam, namun kami sangat menikmati dan bersenang – senang. Saya ingin kembali lagi ke rumah Delia.

Jenis

Recount text memiliki berbagai jenis teks yang bisa kalian gunakan untuk menjadi patokan dalam menulis, namun harus juga disesuaikan dengan tujuan tulisan yang akan sobat buat.

Berikut adalah jenisnya:

Personal Recount

Personal recount adalah recount text dengan berfungsi dalam menceritakan mengenai pengalaman mengenai pribadi dari seorang yang menjadi penulis.

Sebagai contoh ada pengalaman liburan, menikah, dan yang lainnya.

Imaginative

Imaginative ialah jenis recount text dengan berbagai fungsi untuk menyajikan sebuah kisah imaginatif. Kemudian akan dituangkan ke dalam cerita dengan peristiwa atau kejadian yang telah terjadi.

Factual Recount

Factual recount ialah jenis recount text dengan suatu fungsi untuk dapat menyajikan laporan peristiwa yang benar – benar dapat berlangsung/ fakta.

Sebagai contoh dari laporan ilmiah, laporan percobaan dengan ilmu pengetahuan, laporan kehilangan dan yang lainnya.

Historical Recount

Jenis satu ini untuk menceritakan mengenai sejarah yang baik itu tempat bersejarah hingga benda yang bersejarah. Sebagai contoh pada cerita candi Prambanan.

Demikianlah artikel yang dalam kesempatan ini penulis bagikan mengenai Recount Text semoga artikel ini bisa mempermudah kita semua dan akan dapat menambah wawasan kita semua. Jangan pernah bosan untuk selalu membaca.

Baca Juga :  Kalimat Inversi: Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh

Baca Juga :