Sejarah Komputer

Posted on

Sejarah Komputer – Komputer sekarang ini menjadi salah satu benda elektronik yang keberadaannya sangat dibutuhkan, untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan. Dengan berjalannya waktu komputer telah mengalami banyak perkembangan dan perubahan yang menjadikan perangkat komputer ini lebih simple dan lebih canggih dari versi sebelumnya. Nah dikesempatan kali ini dosenpintar.com akan membagikan artikel mengenai Pengertian Komputer, Pengertian Komputer Menurut Ahli, Penemu Komputer Pertama Kali, Fungsi Komputer, dan Sejarah dan Perkembangan Komputer. Untuk lebih lengkapnya mari kita baca ulasan berikut ini.

Sejarah Komputer
Sejarah Komputer

Pengertian Komputer

“Computare” merupakan asal dari kata komputer yang memiliki arti menghitung. Dan meliputi menurut bahasa komputer merupakan alat untuk melakukan operasi perhitungan aritmatika.

Berdasarkan secara umum, komputer adalah seperangkat komponen elektronika yang saling terhubung satu sama lain yang bertugas mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat.

3 Komponen Perangkat Komputer.

Hardware (Perangkat Keras) Contohnya Processor, RAM, Harddisk, Monitor, Keyboard, Mouse dan lain sebagainya.

Software (Perangkat Lunak) Terbagi menjadi tiga yaitu:

  • Sistem Operasi, contohnya Windows, Linux, Ubuntu dan lainnya
  • Program Aplikasi, contohnya Adobe Photoshop, Microsoft Office, Google Chrome dan lainnya.
  • Bahasa Pemprogramam, contohnya Java, PHP, C++ dan lain lagi.

Brainware (Pengguna) contohnya Administrator, Programmer dan lainya.

Pengertian Komputer Menurut Ahli

Dibawah ini akan dibahas beberapa definisi dari komputer menurut pendapat yang dikemukankan oleh para ahli, sebagai berikut.

  • Robert H. Blissmer

Menurut Blissmer komputer merupakan suatu alat elektronika yang mempunyai kemampuan untu melakukan berbagai tugas seperti menerima masukan, memproses berbagai masukan berdasarkan programnya, menyimpan semua perintah–perintah yang ada dan juga menyertakan hasil dari data yang diolah, dan juga menyajikan output berupa informasi.

  • Donald H. Sanders

Sanders menyatakan bahwa komputer adalah sebuah sistem elektronik yang diperuntukkan memanipulasi data dengan rancangan kecepatan dan ketetapan bertujuan untuk secara otomatis menerima dan menyimpan data masukan, melakukan proses dan menampilkan keluarannya dengan diawasi oleh langkah-langkah serta beberapa instruksi program yang tersimpan dimemori.

  • William M. Fouri

The Tool of Bussines merupakan buku Fouri, dibuku tersebut Fouri menyatakan definisi bahwa komputer adalah melakukan sistem pemrosesan data dan perhitungan yang besar secara cepat dan tepat termasuk perhitungan cepat operasi logika dan aritmatika, dan manusia sebagai penjalan instruksi saja tidak ikut melakukan operasi yang terjadi.

  • Gordon B. Davis

Didalam buku yang berjudul  Introduction to The Computer, Davis menyebutkan definisi  bahwa yang dimaksud dengan komputer ialah sebuah sistem dan tipe khusus dari suatu alam perhitungan uang serta memiliki sifat tertentu yang pasti.

  • Elias M.Awad

Dari Awad, ia menyatakan yang dimaksud dengan definisi komputer adalah perangkat alat hitung yang berfungsi dan memiliki kegunaan sebagai alat yang melakukan proses data yang disajikan dalam bentuk informasi, dapat dalam bentuk analog dan bisa juga dalam bentuk digital.

  • Jhon J. Longkutoy

Jhon J. Longkutoy mengemukan pendapatnya mengenai pengertian komputer, dimana komputer adalah sebuah alat dengan bentuk mesin sebagai pemecah persoalan dan juga sebagai alat yang dapat mengolah data dengan tujuan menghasilkan berbagai informasi yang pastinya beguna dan dibutuhkan oleh penggunanya.

Baca Juga :  Pengertian Data

Penemu Komputer Pertama Kali

Komputer pertama kali ditemukan oleh seorang Charles Babbage. Babbage merupakan seorang ahli dan pakar mateatika yang menurut sejarahnya kemampuan matematikanya melebihitutornya sendiri menemukan alat hitungan yang diberi nama komputer pada tahun 1822. Mesin hitung yang ditemukan Charles Babbage ini menjadi salah satu icon yang sangat terkenal dalam bidang perkembangan komputer, komputer ini merupakan alat hitungan yang otomatis. Bapak Komputer itulah julukan yang disematkan pada Charles Babbage.

Fungsi Komputer

Berdasarkan secara umum komputer memiliki berbagai fungsi yang sangat beragam, namun dibawah ini akan dibahas beberapa fungsi koputer yang dilihat dari pengertian komputer, sebagai berikut.

  1. Data Input

Data input maksudnya data dapat dimasukkan berdasarkan sumber yang lain tidak hanya berasal dari komputer itu sendiri yang diinput melalui perangkat keras masukan seperti mouse dan keyboard.

  1. Data Processing

Fungsi utama komputer adalah mengolah data, dalam pengolahan data dimaksudkan supaya menghasilkan informasi yang bermanfaat. Data yang diolah umumnya menghasilkan keluaran berupa teks, gambar, suara, video dan lain sebagainya.

  1. Data Output

Fungsi yang satu ini merupakan lanjutan dari pemprosesan data, setelah melakukan pengolahan data menjadi informasi, informasi tersebut dapat ditampilkan melalui perangkat keluaran seperti monitor, perangkat printer dan speaker.

  1. Data Storage

Data storage merupakan media penyimpanan yang dapat menampung dan menyimpan berbagai data atau informasi sesuai kapasitas yang dimiliki oleh perangkat penyimpanan tersebut, dengan perangkat penyimpnan akan mempermudah pengguna untuk tidak bekerja berulang kali dengan pekerjaan yang sama. Perangkat penyimpanan ini sendiri terbagi atas dua yaitu penyimpanan eksternal dan penyimpanan internal.

  1. Data Movement

Dan terakhir komputer memiliki fungsi yang dapat memindahkan satu data dengan data yang lain dari satu komputer ke komputer yang lainnya atau perpindahan dengan output lainnya.

Sejarah dan Perkembangan Komputer

Komputer telah mengalami beberapa kali proses pengembangan sehingga menjadi alat yang mampu banyak membantu kerja penggunanya, dibawah ini akan diulas beberapa sejarah dan perkembangan komputer secara ringkas, sebagai berikut.

  • Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Dibawah ini akan dibahas mengenai sejarah komputer generasi tabung vakum dan ciri-cirinya sebagai komputer generasi pertama.

Sejarah  Generasi Tabung Vakum

Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum sebagai komponen dasar dalam pembuatannya dan komputer yang menggunakan tabung vakum ini sangat membutuhkan daya listrik yang besar dengan daya 140 kilo watt.

Baca Juga :  Pengertian Brainware

Electronic numerical integrator and computer atau sering di singkat ENIAC merupakan salah satu contoh komputer generasi pertama.

J.Presper Eckert dan John mauchly mereka adalah pencipta komputer generasi pertama di University of Pennsylvania, ENIAC dibuat oleh mereka menggunakan 18.000 tabung vakum serta memiliki ukuran 1800 kaki dengan berat yang mencapai 30 ton. Dirancang untuk menadi digital elektronik untuk membantu kebutuhan umum.

Untuk Program dari Komputer ENIAC ini membutuhkan ruang seluas 500 m2. serta 75.000 relay dan juga saklar, dielngkapi 70.000 resistor, dan menggunakan 10.000 kapasitor.

Untuk pembuatan satu komputer ini dibutuhkan 1 juta dollar, dan komputer ini memiliki kemampuan yang sangat terbatas untuk memecahkan satu masalah dibutuhkan waktu yang sangat lama.

Pengguna harus menggunakan kartu berlubang yang disebut punched cards, menggunakan pita kertas untuk menghasilkan output berupa print out.

Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama Adalah:

  1. Memerlukan ruangan yang cukup luas sebagai tempat komputer generasi pertama karena komputer generasi pertama memiliki ukuran yang besar.
  2. Untuk tugas tertentu instruksi program dibuat spesifik.
  3. Menggunakan bahasa mesin untuk programnya.
  4. Untuk menyimpan data komputer generasi pertama mempunyai silinder magnetik.
  5. Magnetic Tape dan Magnetic Disk sebagai media simpanan luar.
  6. Penggunaan daya listrik yang besar.
  7. Diperlukan pendingin untuk menormalkan suhu komputer yang panas.
  8. Kapasitas penyimpanan yang kecil.
  9. Belum bisa cepat dalam memproses data.
  10. Stored Program sebagai konsep dan media penyimpan utama Magnetic Core Storage.
  11. Tabung hampa digunakan sebagai sirkuit.
  • Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)

Untuk komputer generasi kedua dikenal sebagai komputer transistor dengan beberapa ciri yang dimilikinya yang akan dibahas dibawah ini.

Sejarah Generasi Transistor

Teknologi transistor dirancang sebagai komputer generasi kedua pada tahun 1959, teknologi transistor dianggap lebih efiseien daripada tabung vakum.

Komputer generasi kedua ini memiliki ukuran fisik yang lebih kecil dari komputer generasi pertama, penggunaan daya listrik yang lebih kecil dan dana yang dibutuhkan untuk membuat komputer generasi kedua ini juga lebih terjangkau dibanding komputer generasi pertama.

Komputer generasi kedua ini juga telah menggunkan bahasa pemprogramman assembly dan bahasa simbol sehingga instruksi yang digunakan sudah bisa menggunakan kata-kata. Komputer ini digunakan universitas, pemerintahan dan perusahaan.

Super komputer merupakan mesin pertama yang menggunakan teknologi ini. 1965 menjadi tahun dimana semua perusahaan menggunkan komputer generasi kedua untu mendapat informasi mengenai bisnis mereka.

Ciri-ciri komputer generasi kedua:

  1. Fortran dan Cobol merupakan bahasa pemprograman tingkat tinggi yang digunakan komputer generasi kedua.
  2. Dgunakan magnetic core storage sebagai kapasitas penyimpanan.
  3. Memiliki kemampuan untuk real sharing dan real time.
  4. Dari komputer generasi pertama, ukuran fisik komputer generasi kedua lebih kecil.
  5. Penggunaan daya listrik yang lebih kecil dengan kinerja yang bisa lebih cepat.
  6. Program yang terdapat pada komputer generasi kedua bukan hanya mengenai program bisnis namun juga program teknik.
  • Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1970)

Pada komputer generasi ketika disebut dengan komputer generasi IC (integrated circuit), dan lengkap dengan berbagai ciri sebagai berikut.

Baca Juga :  Pengertian Hardware

 Sejarah Generasi  IC

Pada tahun 1965 komputer generasi ketiga mulai muncul dengan menggunakan Integrated Circuit (IC). Komputer generasi ketiga untuk pertama kalinya dapat mengkombinasikan keyboard dan monitor dengan tampilan sistem operasi. Dengan harga yang lebih terjangkau membuat komputer ini bukan hanya digunakan oleh para pengusaha dan pemerintahan namun juga digunakan oleh masyarakat umum.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga:

  1. Menggunaan daya istrik yang lebih hemat.
  2. Memiliki perangkat lunak yang lebih beragam.
  3. Dengan harga yang dipasang lebih terjangkau.
  4. Mempunyai kapasitas memori yang lebih terjangkau.
  5. Dengan penggunaan IC kecepatan kinerja lebih bagus.
  6. Dari komputer generasi pertama, komputer generasi ketiga ini 10.000 kali lebih cepat.
  7. Sudah mampu melakukan multiprocessing.
  8. Memiliki kemampuan visual display dengan mengeluarkan suara.
  9. Penyimpanan eksternal disket magnetic.
  10. Dapat melakukan komunikasi dengan komputer lain.
  • Sejarah Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an)

Komputer generasi keempat ini masih populer pada tahun 2000an, sebelum munculnya komputer generasi sekarang ini. Komputer generasi keempat ini menggunakan microprosessor dan juga memiliki beberapa ciri tersendiri. Sebagaimana akan diulas dibawah ini.

Sejarah Generasi Microprosessor

Komputer generasi keempat ini menggunakan chip microprosessor dengan beribu transistor dan berbagai sikuit yang saling berhubungan. Dengan ukuran yang lebih kecil sehingga lebih efisien.

Kemajuan teknologi yang terdapat pada komputer generasi keempat terdapat pada terciptanya perangkat input berupa mouse, graphical user interface (GUI), dan juga adanya laptop.

Ciri-ciri komputer generasi keempat:

  1. Mampu menggunakan large scale integration (LSI).
  2. Dalam perkembangannya komputer ini menggunakan semikonduktor dan mikro processor yang berbentuk chip sebagai memorinya.
  3. Dengan tingkat pemasaran perseorangan.
  4. Terbentuk komputer efisien yang dapat dibawa kemana-mana yaitu laptop.
  • Sejarah Komputer Generasi Kelima (Sekarang)

Sedangkan komputer yang kita gunakan dimasa sekarang ini disebut dengan komputer generasi AI (Artificial intelligence) dan tentunya memiliki ciri khusus juga.

Sejarah  Generasi AI

Komputer generasi kelima atau generasi sekarang ini masih dalam tahap perkembangan dan pembangunan dimana akan diciptakan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Komputer ini dikembangkan dengan komputer yang mampu merespon bahasa manusia. Bukan hanya itu saja komputer ini juga dikembangkan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Ciri-ciri komputer generasi kelima:

  1. Menggunakan LSI namun juga akan dikembangkan lagi.
  2. Dengan fitur yang selalu saja berkembang.
  3. Sangat cepat dalam proses mendapat informasi.
  4. Memiliki kemampuan mendengar dan berbicara, serta mampu menyimpulkan layaknya manusia.

Jadi demikian ulasan mengenai Sejarah Komputer, yang tentunya telah banyak sekali mengalami perkembangan hingga detik ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel berikutnya.

Baca Juga :