Contoh Teks Drama

Posted on

Contoh Teks Drama – Salah satu seni pertunjukan yang menjadi budaya Bangsa Indonesia adalah drama, drama sudah dipelajari dan direlisasikan lewat pendidikan akademik disekolah maupun organisasi yang melingkari seni drama. Jadi seperti ulasan ini, dosenpintar.com akan membagikan artikel mengenai Contoh Teks Drama yang meliputi Pengertian Naskah Drama, Ciri-Ciri Teks Drama, Unsur-unsur Drama, Jenis-jenis Drama, dan Contoh Naskah Teks Dram yang akan kita bahas satu persatu dengan detail berikut ini.

Contoh Teks Drama
Contoh Teks Drama

Pengertian Naskah Drama

Naskah drama merupakan kumpulan percakapan yang telah tersusun secara sistematik sehingga menghasilkan sebuah kisah yang memiliki akhiran sesuai keinginan sang pembuat naskah dan sesuai kebutuhan, dimana dari percakapan inilah pemeran dalam sebuah drama mendapatkan dialog dan peran yang akan dimainkannya.

Ciri-Ciri Teks Drama

Adapun ciri dari teks drama aka kami uraikan sebagai berikut.

  1. Semua dialog dituangkan dalam tulisan, dialog untuk pemain maunpun narator.
  2. Naskah drama tidak menggunakan tanda petik karena bukan merupakan kalimat langsung.
  3. Naskah drama ini titampilkan pada sebuah pertunjukan sekali tayang, maksudnya tidak ada pengulangan take, untuk itu semua pemeran harus menghapal dengan baik dialog masing masing.
  4. Naskah drama sendiri terletak tepat diatas dialog dan bisa juga terletak disamping kiri dialog.

Unsur-unsur Drama

Terdapat 6 point unsur dari drama diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Tema yang diangkat merupakan ide pokok dan merupakan sebuah gagasan utama didalam cerita drama tersebut.
  2. Alur merupakan gambaran jalan cerita yang berlangsung dari awal hingga akhir.
  3. Tokoh didalam sebuah drama mendapat bagian peran seperti pemeran utama yang sering disebut primadona dan ada juga pemeran pembantu yang memiliki sebutan lain yaitu figuran.
  4. Terdapat watak protagonis yang umumnya bersifat baik dan terdapat pula watak antagonis yang bersifat jahat.
  5. Latar, dimana tempat, waktu dan suasana yang tercipta dalam sebuah drama.
  6. Amanat ini merupakan pesan yang terkandung dalam cerita tersebut, baik dari cerita itu sendiri maupun pesan yang diberikan oleh penulis naskah.

Jenis-jenis Drama

Jenis drama berdasarkan dari penyajian kisah, terbagi menjadi 8 jenis, yaitu:

  1. Tragedi: drama yang menceritakan tentang sebuah kesedihan.
  2. Komedi: drama yang memberikan kesan lucu yang menceritakan kisah lawakan atau komedi.
  3. Tragekomedi: drama yang merupakan perpaduan dari isah drama komedi dan drama tragedi.
  4. Opera: jenis drama dimana dialog ditampilkan dengan bernyanyi dan diiringi musik.
  5. Melodrama: jenis drama yang penyampaian dialognya diiringi musik.
  6. Farce: jenis drama yang terkesan degelan namun tidak seluruh dialog berisi degelan.
  7. Tablo: jenis drama dimana cerita dalam drama ini disampaikan melalui beberapa gerak tanpa suara dari para pemain atau pelakonnya.
  8. Sendratari: jenis drama yang menggabung seni drama dengan seni tarian.

Sedangkan berdasarkan dilihat dari sarana pementasan, drama memiliki jenis sebagai berikut ini.

  1. Drama Panggung: dimana drama seluruhnya ditampilkan diatas panggung.
  2. Drama Radio: drama yang ditampilkan melalui media radio, yang dinikmati hanya suara karena tidak dapat menyaksikan lewat gambar seperti televisi, karena radio merupakan media elektronik dengan media suara.
  3. Drama Televisi: drama televisi memiliki kesamaan dalam drama panggung, perbedaannya terletak saat take mungkin drama ditelevisi melakukan beberapa kali take, sedangkan drama panggung hanya sekali take dan drama televisi tidak bisa diraba, sedangkan drama panggung bisa diraba.
  4. Drama Film: jenis drama yang ditampilkan menggunakan layar yang lebar seperti umumnya pada bioskop.
  5. Drama Wayang: jenis drama yang ditampilkan bersama dengan tampilan pagelaran wayang.
  6. Drama Boneka: jenis drama yang pemainnya menggunakan media boneka yang seolah olah dapat berbuat seperti manusia yang pada kenyataannya tetap dimainkan oleh manusia.

Ada juga jenis drama yang dibedakan berdasarkan ada atau tidaknya naskah dari drama tersebut, jenis drama ini terbagi menjadi beberapa jenis berikut ini.

  1. Drama Tradisional: adalah jenis drama yang tidak disertakan naskah drama dalam persiapan untuk tampil.
  2. Drama Modern: adalah jenis drama yang menggunakan naskah drama.

Contoh Naskah Teks Drama

Berikut dibawah ini merupakan contoh dari beberapa tema naskah drama, antara lain.

Contoh Teks Drama Persahabatan

Teks Drama Persahabatan

Judul       : Ketua Osis VS Ketua Kelas
Tema       : Drama Persahabatan
Alur         : Pendek
Pemeran : 5 orang

Baca Juga :  Contoh Daftar isi

Penokohan:

  • Rizky
  • Reynal
  • Rizna
  • Alea
  • Vianka

Sinopsis Drama

Pada suatu pagi hari, terdapat 2 siswa yang sedang berlari tergesah-gesah  menuju kelasnya, mereka berdua terlambat datang ke sekolah, akhirnya mereka menerobos gerbang belakang sekolah, dikarenakan gerbang depan sekolah sudah ditutup oleh satpam.

Dialog Drama

Rizky   : Woi rey buruan, keburu ketawan guru.

Reynal: Iya sih sabar.

Akhirnya mereka sampai di depan pintu kelasnya, namun ada seorang siswi yang mencegat mereka di depan kelas, siswi itu merupakan ketua kelas.

Alea     : Mau kemana lo?.

Rizky    : Mau masuk lah, mau ngapain lagi emang?.

Alea     : Ini untuk kesekian kalinya lo terlambat masuk kelas, lo tu harusnya sadar, lo itu ketua osis, seharusnya lo itu kasih contoh yang baik untuk seluruh siswa yang ada di sekolah ini.

Reynal : Alah berisik.

Rizna   : Dah kali, suruh masuk aja susah amat.

Rizky pun tidak menanggapi ucapan Alea tadi, ia langsung saja masuk kedalam kelas bersama Reynal sambil menabrak sedikit pundak Alea.

Vianka: Eh lu jadi cowok jangan kasar sama cewek dong.

Hal itu tidak ditanggapi lagi oleh Rizky, ia bersama reynal langsung menuju tempat duduknya.

Vianka sang wakil ketua osis mengingatkan kepada teman-teman sekelasnya yang merupakan anggota osis untuk melaksanakan rapat osis.

Vianka: Jangan lupa ya, untuk anggota osis yang ada di kelas ini, nanti pulang sekolah kita ada rapat osis di ruang osis, oh iya, satu lagi, buat ketua osis baru, wajib datang rapat hari ini.

Rizky   : Emang harus banget ya?.

Vianka: Iya lah harus, lo kan ketua osis baru.

Reynal: Lo lupa kita ada urusan hari ini setelah pulang sekolah?.

Rizky   : Gua izin ga ikut rapat!.

Vianka: Lah terus?.

Alea     : Katanya ketua osis, masa ikut rapat aja gak mau.

Rizna   : Sewot banget sih lo Lea dari tadi.

Reynal : Tau tuh, yang ketua osis siapa yang sewot siapa.

Alea hanya diam. Ia malas untuk berdebat dengan Reynal dan Rizna. Dan hari itu Rizky tidak mengikuti rapat osis pertamanya.

Keesokan harinya…

Vianka dan Alea terkejut melihat Rizky datang lebih awal dari biasanya.

Alea    : Tumbe lo dateng cepet Ky.

Rizky   : Gua dateng cepet salah, gua telat salah, mau lo apasih?.

Alea    : Ya tumben aja sih lo dateng lebih awal.

Vianka: Udah lah Lea biarin aja, malah bagus kalau dia datang lebih awal, udah ada kemajuan berarti.

Tidak lama dari itu Rizna pun datang.

Rizna   : Eh ky jadi gak hari ini?.

Rizky    : Jadi, tenang aja.

Vianka : Eh, ada rencana apa ini?.

Rizna    : Engga, bukan apa-apa.

Alea      : Pasti ada apa-apanya ini.

Rizky     : Dah lah Na, kita langsug kesana aja, Reynal udah nunggu.

Rizna     : Oh yaudah ayo kita ke sana.

Akhirnya Rizky dan Rizna pun pergi ke tempat yang sudah disediakan Reynal.

Reynal  : Lama amat si kalian, jadi gak ini rencana kita?.

Rizky     : Ya jadi lah masa gak jadi.

Rizna     : Dah tenang aja gua yang ngatur semuanya.

Rizky     : Ya intinya Alea ini harus turun jabatan dari ketua kelas.

Reynal : Kapan kita mau lakuin ini?.

Rizna   : Istirahat nanti.

Rizky    : Oke, lakuin sesuai tugas masing-masing.

Akhirnya bel masuk kelas pun berbunyi, mereka pun langsung menuju ke kelasnya, mereka pun belajar seperti biasa sampai bel istirahat pun berbunyi.

Vianka : Lea, ke kantin yuk.

Alea     : Lo sama yang lain dulu, gua lagi ngerjain tugas.

Vianka : Oh, ya udah gua duluan ya.

Vianka pun pergi ke kantin bersama teman yang lain

Alea     : Duh, gua lupa ada janji sama wali kelas di ruang guru, gua harus kesana sekarang juga.

Alea pun menuju ruang guru sendirian, Rizna pun melakukan aksi gila nya tersebut, serta didukung oleh Reynal dan Rizky, bel masuk kelas pun berbunyi, semua murid masuk ke kelasya masing-masing`

Vianka : Duh, gua belum bayar SPP nih, gua harus bayar sekarang, eh duit gua mana ya?.

Alea     : Kenapa Vi?.

Vianka : Duit SPP gua ilang Lea.

Reynal : Ada yang maling kali

Rizky    : Coba cek masing-masing tas di kelas ini, bisa jadi teman sebangku lo sendiri yang ngambil.

Alea     : Kok lo nuduh-nuduh gua sih yag ngambil, cek aja tas gua kalo gak percaya.

Baca Juga :  Cerita Fabel : Pendek, Singkat, Pengertian dan Struktur

Vianka pun mengecek tas Alea, dan ternyata…

Vianka: Lah ini kan duit SPP gua Lea.

Alea    : Hah? Sumpah gua gak tau apa-apa dari tadi gua di ruang guru.

Rizna  : Jelas-jelas duitnya ada di tas lo masih mau ngelak lagi?.

Alea    : Tapi gua benar-benar gak ngelakuin itu Vi, kalo gak percaya coba cek cctv.

Reynal, Rizna, dan Rizky pun panik, akhirnya cctv pun dicek, dan ternyata yang melakukan itu adalah Rizna, akhirnya Rizna minta maaf kepada Vianka dan Alea.

Rizna  : Vi, Lea gua minta maaf sama kalian, gua ngelakuin ini karena gua disuruh sama Rizky, biar lo turun jabatan dari ketua kelas.

Rizky   : Lah, kok elu nyalahin gua sih?.

Reynal: Udah lah Ky, Na, kita jujur aja kita emang ngelakuin itu.

Akhirnya Reynal dan Rizky pun meminta maaf kepada Vianka dan Alea.

Reynal: Vi, Lea, gua minta maaf sama kalian.

Rizky   : Gua juga.

Alea    : Gua maafin kalian, tapi gua ga terima sih dituduh kayak gini, kalau emang dari awal lo gak suka gua jadi ketua kelas, harusnya lo bilang tanpa lo harus nuduh-nuduh gua tukang maling.

Vianka: Iya gua maafin kalian bertiga, Rey, Na, Riz.

Rizky   : Ya udah makasih udah maafin gua, Rizna dan Reynal, gua juga baal berusaha jadi ketua osis yang lebih baik lagi dan gak bakal ngulangin kesalahan-kesalahan gua lagi.

Sejak hari itu, mereka pun bersahabat dengan baik, serta ketua osis dan ketua kelas tidak pernah berdebat lagi.

Contoh Teks Drama Romantis

Teks Drama Romantis

Judul       : Air Mata Haru
Tema       : Drama Romantis
Alur         : Pendek
Pemeran: 2 orang

Penokohan:

  • Suami
  • Istri

Sinopsis

Suatu pajar, terdapat sepasang suami istri berjalan berdampingan akan menuju masjid untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah.

Dialog

Suami: Bu, abis shalat nanti ketemu lagi disini ya.

Istri: iya Ayah (dengan diiringi senyum hangat).

Masuk dan berpisahlah mereka didalam mesjid, setelah selesai shalat istrinya lebih dahulu keluar mesjid, namun sang istri bingung dimana sendalnya.

Suami: Ada apa bu?

Istri: Sendal ibu hilang yah, tadi disamping sendal ayah.

Suami: Ya sudah, yang mengambil mungkin lebih membutuhkan sendal itu bu.

Istri: Berarti ibu pulang nyeker dong yah. (keluh sang istri)

Ayah: Jangan, sini biar ayah gendong.

Istri: Ibu berat ayah, jangan.

Ayah: Keburu anak anak bangun bu, ayo cepat.

Diatas punggung sang suami, istrinya meneteskan air mata terharu betapa pedulinya suaminya ini, romantis fikirnya.

Ayah: Jangan mennagis ibu, Ayah hanya ingin ibu bahagia.

Ibu: Ini ibu menangis bahagia yah.

Ayah: Kita terus sama sama seperti ini sampai maut memisahkan ya bu.

Ibu: Siap, aamiin ayah.

Contoh Teks Drama Sekolahan

Teks Drama Sekolahan

Judul       : Si Bedul
Tema       : Drama Sekolahan
Alur         : Pendek
Pemeran: 6 orang

Penokohan:

  • Bedul
  • Fitri
  • Aji
  • Mey
  • Tres
  • Rindy

Sinopsis Drama

Pagi senin yang cerah, semua siswa siswi sudah merapikan barisan dilapangan untuk mengikuti kegiatan upacara bendera.

Bedul anak laki-laki yang duduk dengan Fitri langganan telat masuk sekolah. Pagi senin itu Aji meminta Fitri untuk memberi peringatan kepada Bedul supaya ia tidak nyumput dikelas saat kelas sedang tidak ada penghuni.

Dipertengahan upacara Mey merasa kurang fit, jadi ia memilih pergi ke UKS.

Saat selesai upacara Fitri selaku bendahara kelas menangis saat membuka tas dikarenakan uang Kas yang tersimpan didalam tasnya hilang.

Dialog Drama

Aji: Jangan nangis Fit, nanti Gua kasih tahu wali kelas kita.

Fitri : Jangan Aji.

Aji: Loh kenapa jangan Fit?

Fitri: Coba kita cari dulu, sebelum anak kelas kita tercemar namanya, Bedul tadi pas upacara lo ngumpet di kelas kan?

Bedul: Lo nuduh gua?

Fitri : Gue gak nuduh lo, gue mau nanya ada anak lain masuk kelas ini gak tadi ?

Bedul : Udah lah Fit, lo nuduh gua kan ?

Tres : Kok lo sensi Dul, Kenapa juga lo ngumpet dikelas tiap upacara kan nyurigain, kalo lo emang gak ngambil lo bisa santai.

Bedul : Kalo lo pada nuduh Gua, periksa noh tas gua.

Fitri : Gak usah nyudutin siapa siapa, nanti biar Gue sendiri yang ganti.

Rindy : Bukan salah lo Fit, kelas ini emang keknya ada yang mau jadi pemaling.

Baca Juga :  Landasan Teori

Seketika Bedul membuka bajunya serta ia kibaskan, selain 4 keping uang koin Rp. 1000 tidak ada lagi yang jatuh, ia lempar isi semua tasnya namun nihil tak lain yang jatuh hanya buku da pena.

Bedul : Lo pada boleh hina gua karena gua miskin, tapi orang tua gua gak ngajarin gua maling.

Selang beberapa hari yang mencuri uang kas ternyata adalah Mey. Setelahnya Bedul tidak pernah datang lagi ke sekolah, karena merasa sangat bersalah Mey mendatangi Bedul yang sedang berjualan koran sehingga mau kembali lagi bersekolah.

Contoh Teks Drama 2 Orang

Teks Drama 2 Orang

Judul       : Diary ku
Tema       : Drama 2 Orang
Alur         : Pendek
Pemeran: 2 orang

Penokohan:

  • Jasmin
  • Yumie

Sinopsis Drama

Sampai pada detik ini keluarga Yumie belum tiba dirumah, dan hari terlihat semakin sore. Yumie menulis diary di depan rumahnya sambil menunggu keluarganya datang. Ia tampak sedih, dan tiba tiba Jasmin datang mengagetkan Yumie.

Dialog Drama

Jasmin : Dor….

Yumie hanya diam meski ia memberi respon kaget sedikit.

Jasmin : Hei Yumie, apa ada masalah ?

Yumie : Aku tak apa Jas.

Jasmin : Kamu tak pandai berbohong, mari ceritakan semuanya padaku.

Yumie : Benar, aku tak apa Jasmin.

Jasmin merebut buku diary ditangan Yumie, pasti banyak rahasia gumam Jasmin.

Yumie : Kamu tidak akan mengerti bagaimana rasanya menjadi aku Jasmin, kembalikan saja buku ku.

Jasmin : Hei apa apaan kau Yumie, bunuh diri tidak akan menyelesaikan masalah.

Yumie menangis sesegukan, dan Jasmin mencoba menenangkan Yumie.

Jasmin : Kamu bisa ceritakan semuanya kepadaku Yum.

Yumie : Aku seperti pembantu dirumahku sendiri aku sangat dibedakan dengan saudaraku, aku bukan anak yang mereka harapkan.

Jasmin : Orang tuamu baik, kenapa kau berfikiran seperti itu ?

Yumie : Mereka bertopeng Jasmin, aku seperti anak pungut disini. Saudarakupun tak ada yang peduli aku harus bagaimana ?

Jasmin : Kamu harus kuat, kamu beruntung bisa tinggal dirumah mewah, sekolah tanpa memikirkan biaya.

Yumie : Miris bukan, aku asing didalam keluargaku sendiri.

Jasmin : Jangan berfikir begitu, coba kamu selesaikan ini secara baik baik, misalnya kamu bertanya dengan kedua orang tuamu. Ketika kamu mengetahui alasannya mungkin kamu akan lebih baik.

Yumie : Terima kasih Jas, kamu sangat baik.

Jasmin : Peranku sebagai sahabatmu tentu itu yang akan dilakukan sahabat dimanapun dimuka bumi ini.

Contoh Teks Drama Komedi

Teks Drama Komedi

Judul       : Ciderela vs Emak Tiri
Tema       : Drama Komedi
Alur         : Pendek
Pemeran: 2 orang

Penokohan:

Sinopsis Drama

Dikisahkan pada suatu desa hiduplah Cinderlela beserta emak tiri serta kedua saudari tirinya yaitu Cindelulu dan Cindelola. Tidak sama dengan cerita Cinderela umumnya. Cinderela pada kisah ini salah memakai sepatu dengan memakai sepatu ibu tirinya.

Dialog Drama

Pangeran: Boleh aku mengetahui namamu, cantik ?

Ujar pangeran pada sicantik Cinderela.

Jam 12 malam tiba bel berbunyi, Cinderela berlari meninggalkan pangeran dan tertinggallah sepatunya.

Cinderlela: Sepatuku ketinggalan, bagaimana ini ? ( Monolog Cinderlela, namun ia kembali berlari).

Pangeran mencari gadis pemilik sepatu dengan mendatangi setiap rumah. Dan tibalah mereka dirumah emak tiri Cinderela

Ajudan: Siapapun pemilik sepatu ini akan menikah dengan pangeran.

Emak: Aku seperti mengenal sepatu ini.

Cinderlulu dan Cinderlola saudari tiri Cinderela saling dorong-dorongan untuk bergantian mencoba sepatunya. Sedangkan Cinderlela harus rela dikurung di gudang. Ternyata sepatu itu kekecilan pada Cinderlulu dan kebesaran pada kaki Cinderlela.

Bersama kekuatan bulan dan bantuan Jin Cinderela keluar dari gudang itu.

Cinderlela: Aku mau mencoba sepatu itu.

Sepatu itupun kebesaran pada kaki Cinderela.

Emak: Apa saya juga boleh mencoba?

Pangeran: Silakan.

Tentu sepatu itu pas di kaki Emak, karena itu memang sepatunya. Pangeran terpaksa menepati janji dengan menikahi Emak. Selang beberapa waktu emak dan kedua anak tirinya terusir dari istana karena sebuah kesalahan.

Sedangkan Cinderela hidup bahagia dirumah sederhananya.

Demikianlah artikel mengenai Contoh Naskah Drama, semoga membantu kita semua dan jangan lupa nantikan artikel artikel selanjutnya.

Baca Juga :

(Visited 4,599 times, 1 visits today)