Contoh Teks Deskripsi Panjang dan Singkat

Posted on

Contoh teks deskripsi Panjang & Singkat – Teks deskripsi adalah teks yang menceritakan secara detail atas apapun yang dijadikan objek dari teks deskripsi yang disusun. Nah dari pengertian teks deskripsi tersebut dosenpintar.com akan memberikan artikel mengenai contoh teks deskripsi yang meliputi beberapa teks deskripsi yang berbeda tema yang akan kami uraikan sebagai berikut.

Contoh Teks Deskripsi
Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi

Teks deskripsi ini biasanya digunakan pada saat kita akan menjelaskan suatu objek, untuk lebih jelasnya berikut beberapa contoh teks deskripsi, antara lain.

Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Teks Deskripsi Tentang Sekolah

SMA Negeri 1 Kelapahijau

SMA Negeri 1 Kelapahijau adalah salah satu sekolah menengah atas yang berdiri di Kabupaten Pajajawa, Solo. Lokasi SMA Negeri 1 Kelapahijau tepatnya berada di Jalan Saribunga No. 1 Kelapahijau, Pajajawa, Solo. SMA ini memiliki ukuran luas sekitar 2,89 Ha, serta terdiri dari 17 ruang kelas, 2 lantai ruang guru, 4 laboratorium yang terdiri dari lab biologi, lab kimia, lab fisika dan lab komputer, 1 perpustakaan dengan gedung yang terpisah dari sekolah, I Unit Kesehatan Sekolah, I ruang koperasi untuk siswa, 1 mushola, dan 1 aula besar yang sering dijadikan sebagai tempat pertemuan atau mengadakan suatu kegiatan.

Sekolah ini mengusung konsep yaitu ramah lingkungan hijau, sehingga  semua area di SMA Negeri 1 Kelapahijau ini ditanami pepohonan dan ditumbuhi rumput dan beraneka bunga. Memiliki fasilitas parkir kendaraan yang juga luas, tersedia untuk parkir kendaraan mobil dan motor siswa, guru maupun staf sekolah. SMA Negeri 1 Kelapa hijau juga memiliki 3 lapangan outdoor yaitu lapangan basket, volley dan juga lapangan futsal yang saling bersebelahan.

Lapangan basket tepatnya terletak di pusat sekolah, dimana lokasi lapangan basket ini berada di tengah-tengah antara ruang kelas, ruang guru, perpustakaan dan juga terpampang jelas ketika siapapun melewati pintu masuk sekolah ini.

Baca Juga :  Pengertian Administrasi, Unsur, Jenis dan Fungsi

Sedangkan disekitar lapangan basket disediakan hamparan lantai-lantai yang cukup luas yang dirancang mengelilingi lapangan. Perpaduan antara lapangan basket dan lantai ini membuat lingkungan sekolah menjadi sangat luas yang akan dipenuhi oleh siswa jika sedang diadakan pertandingan basket dan juga digunakan sebagai lapangan upacara pada hari senin.

Teks Deksripsi Tentang Alam

Teks Deksripsi Tentang Alam

Gunung

Gunung adalah salah satu penampakan alam yang tidak diragukan lagi keindahannya yang bisa juga dibulang sebagai dataran yang menonjol dan menjulang tinggi dari dataran yang ada disekitarnya. Pada dasarnya gunung bisa mencapai tinggi sampai dengan ratusan meter dari atas permukaan laut.

Ketinggian ini yang juga menyebabkan gunung terlihat tampak indah jika dipandang baik dari bawah maupun dari atas atau puncaknya. Dari atas puncak gunung bisa menikmati kesegaran  dari air terjun yang turun berjatuhan dari tebing yang tinggi mengaliri sungai dengan aliran air yang jernih penampakan perbukitan, bebatuan besar dan juga tebing yang kokoh, apalagi jika ditambah langit biru disiang hari.

Penampakan alam yang indah dari gunung memberikan kesan tentram dan nyaman bagi yang menikmatinya. Kicauan burung yang asri di hutan, hembusan angin yang sejuk tanpa polusi, dan diiringi gemercik air sungai disela-sela bebatuan membuat siapapun yang mendaki gunung merasa puas dan tak merasakan lelah yang berarti.

Ada beberapa ciri yang dimiliki gunung. Di Indonesia ada gunung api aktif dan ada juga yang tidak aktif, serta Indonesia terkenal dengan banyak gunung yang dimiliki.

Gunung api aktif akan menghembuskan lava yang dimiliki ketika meletus. Lava ini asalnya dari perut bumi dan satu satunya jalan lava keluar adalah puncak gunung. Lava ini menyala panas seperti api. Dan gunung api yang tidak aktif tidak memiliki lava dan tidak akan meletus.

Baca Juga :  Tingkatan Manajemen

Teks Deskripsi Tentang Ekonomi

Teks Deskripsi Tentang Ekonomi

Transaksi

Transaksi ini sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, rasanya tidak mungkin seorang pun didunia ini tidak pernah melakukan transaksi. Baik transaki jual atau pun transaksi beli.

Transaksi ini erat hubungannya dengan kegiatan ekonomi seperti jual beli, ada penjual maka tentu ada pembeli, dan interaksi yang terjadi pada saat jual beli inilah yang disebut transaksi.

Transaksi ini juga terbagi menjadi beberapa jenis, seperti transaksi tunai, kredit, dan tukar pinjam, serta sewa. Semua tergantung kesepakatan yang telah terjalin antara pihak satu dan pihak kedua.

Transaksi ini juga biasanya menggunakan bukti transaksi berupa selembaran sebagai bukti bahwa telah terjadi transaksi antara pihak satu dan pihak dua, namun ada juga transaksi yang tidak menyertakan bukti transaksi.

Teks Deskripsi Tentang Hewan

Teks Deskripsi Tentang Hewan

Kucing

Kucing merupakan hewan berkaki empat yang menyusui, kucing suka tinggal bersama manusia yang menyayanginya, kucing sendiri adalah hewan yang penyanyang serta setia pada tuannya.

Kucing memiliki jenis seperti kucing persia, kucing anggora, kucing lokal dan masih banyak lagi, pembedanya terletak pada ukuran tubuh, bulunya dan matanya.

Kucing juga memiliki ekor yang berbeda beda ada kucing yang memiliki ekor panjang, ekor pendek, dan ada juga ekor yang melengkung. Kucing juga memiliki warna yang berbeda beda ada kucing yang memiliki satu warna, ada yang memiliki perpaduan dua warna dan yang paling menarik adalah kucing yang memiliki tiga perpaduan warna.

Kucing suka makan tulang, dan sering juga ada kucing yang suka makan sayuran tergantung tuannya memberi kucing itu makan apa sedari kucing itu masih kecil.

Baca Juga :  Rumusan Masalah : Pengertian, Jenis, Fungsi, Ciri dan Contoh

Kucing suka bermain, bisa dijadikan teman dan sering juga kucing memberikan muka yang menggemaskan dan mengeluarkan suara yang merayu saat meminta makan. Benar menggemaskan sekali kucing ini.

Teks Deskripsi Tentang Tumbuhan

Teks Deskripsi Tentang Tumbuhan

Bunga

Di Indonesia sendiri memiliki banyak jenis bunga, bunga merupakan tanaman yang indah dengan mempunyai warna yang menarik. Bunga juga mempunyai bau yang harum serta berbeda beda jika bunga itu berbeda jenisnya.

Adapun jenis bunga yang ada di Indonesia antaranya bunga mawar, melati, kamboja, kumis kucing, kembang sepatu dan lain sebagainya yang memiliki bentuk, bau, warna yang berbeda.

Bunga sering kita temui di pekarangan rumah, pinggir jalan dan tentunya ditaman, dengan bunga ada sebagian orang yang merasa bahagianya akan ikut hadir meihat bunga dan bahkan ada orang yang tidak menyukai bunga.

Bunga sendiri bukan tanaman yang sulit untuk berkembang biak, dengan perawatan yang cukup terbilang mudah, ini alasan mengapa bunga sering menjadi tanaman dipekarang rumah.

Bunga juga bisa menjadi ladang usaha dengan menjualnya ketika telah berkembang, untuk acara pernikahan, wisuda, acara ulang tahun bahkan untuk pemakaman.

Demikianlah artikel mengenai Contoh teks deskripsi Panjang & Singkat harapan kami semoga artikel ini bisa menambah wawasan untuk kalian yang telah membacanya dan semoga bermanfaat bagi kita semua, sampai jumpa diartikel berikutnya yang pastinya tidak kalah lengkap versinya dengan artikel kali ini.

Baca Juga :