Teks Persuasi

Posted on

Teks Persuasi – Hei berjumpa lagi bersama dosenpintar.com, apa kabarnya kalian semua ? Tentunya baik bukan. Tidak terlalu banyak basa basi jadi kali ini akan dibagikan artikel mengenai Teks Persuasi dimana akan dibahas beberapa bagian meliputi Pengertian Teks Persuasi, Ciri-ciri Paragraf Persuasif, Syarat Syarat Paragraf Persuasi, Jenis Paragraf Persuasif, Kaidah Bahasa Teks Persuasi, dan Contoh Teks Persuasi, adapun dari contoh teks persuasi ini akan terbagi lagi menjadi beberapa bagian yang akan kita bahas berikut dibawah ini secara lengkapnya.

Pengertian Teks Persuasi
Pengertian Teks Persuasi

Pengertian Teks Persuasi

Teks persuasi adalah suatu bacaan yang terdiri dari kumpulan paragraf yang berisi bujukan atau juga ajakan untuk para pembacanya. Teks persuasi ditulis oleh penulis dengan tujuan untuk meyakinkan para pembaca supaya terpengaruhi atas apa yang mereka baca sehingga mempunyai pemikiran-pemikiran yang sama. Dengan harapan mereka yang sebagai pembaca akan mengikuti serta akan melakukan apa yang sudah tertulis dibacaan mereka dari penulis teks tersebut.

Ciri-ciri Paragraf Persuasif

Adapun ciri dari paragraf persuasif ini, sebagai berikut.

  1. Terdapat unsur ajakan, bujukan, dan himbauan yang ditujukan kepada para pembaca.
  2. Isi paragraf disertai alasan yang kuat dengan sertakan data dan fakta.
  3. Isi teks persuasi tujukan supaya pembaca mempercayai dan meyakini apa yang ditulis oleh penulisnya.
  4. Umumnya menggunakan kata ayo, lakukanlah dan mari.
  5. Menghindari konflik untuk menjaga kepercayaan para pembaca.

Syarat Syarat Paragraf Persuasi

Sedangkan syarat untuk menulis teks persuasif ini terbagi menjadi :

  1. Pilihan Kalimat

Hendaknya pemilihan kata yang digunakan semenarik mungkin, sehingga pembaca mempercayai dan juga meyakinkan apa yang telah ditulis untuk diterima para pembaca.

  1. Kemampuan Mengolah Emosi

Penulis harus pandai pengolah emosi, dimana harus meluapkan emosi dan dimana harus meredam emosi jangan emosi menguasi penulis, tentunya hal ini sangat berlaku pada teks persuasif dengan tema politik dan propaganda.

  1. Bukti (fakta)

Teks persuasif yang disampaikan hendaknya sesuai dengan gagasan serta alasan yang masuk akal dengan menyertakan data dan fakta dari alasan yang disampaikan.

Baca Juga :  Contoh Surat Pernyataan

Jenis Paragraf Persuasif

Jenis dari paragraf persuasif ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian, sebagai berikut.

  • Persuasi Politik

Umumnya persuasi politik digunakan oleh para ahli politik untuk menyampaikan aspirasi politik maupun hubungan negara.

  • Persuasi Pendidikan

Teks persuasi dalam bidang pendidikan dapat berupa ajakan untuk giat belajar, ajakan sehingga anak tak malas belajar dengan memberikan pemahaman yang mendidik serta mudah untuk diterima.

  • Persuasi Advertensi

Persuasi advertensi ini biasanya berkaitan dengan promosi untuk menggunakan suatu produk, memakai jasa biasanya berupa iklan.

  • Persuasi Propaganda

Dengan ini persuasi bukan hanya untuk membagikan informasi namun bagaimana pembaca menyikapi bacaan yang dibagikan dan bertindak setelahya.

Kaidah Bahasa Teks Persuasi

Selanjutnya ini merupakan beberapa kaidah yang harus ada dalam bahasa penulisan teks persuasif antara lain.

  1. Kata yang digunakan mengandung unsur bujukan.
  2. Penggunaan kata kerja contoh jadikanlah, hendaknya, waspadalah atau disebut imperatif.
  3. Istilah dan kata yang digunakan sesuai topik yang dibahas.
  4. Jika, dengan demikian, karena, akibatnya, sebab, oleh karena itu merupakan kata penghubung yang biasa digunakan.

Contoh Teks Persuasi

Adapun contoh teks persuasi terbagi menjadi 6, yaitu.

  • Contoh Teks Persuasif Tema Lingkungan

Contoh Teks Persuasif Tema Lingkungan

Dalam kehidupan sehari hari tentunya tidak lepas dari sampah, baik sampah organik maupun sampah non organik. Dalam sampah kehidupan sehari ini tentunya kita harus memisahkan mana sampah organik dan mana sampah non organik supaya pembuangannya tidak mencemari lingkungan.

Mari kita membuang sampah pada tempatnya, sediakan tempat berbeda untuk pembungan sampah organik dan non organik. Serta himbau semua orang untuk melakukan hal yang sama terutama memberikan pemaham sampah sejak dini terhadap anak kecil.

  • Contoh Teks Persuasif Tema Propaganda

Contoh Teks Persuasif Tema Propaganda
  • Contoh Teks Persuasif  Tema Politik

Contoh Teks Persuasif Tema Politik

PEMILU datang lagi, tinggal menghibung hari PEMILU akbar akan dilaksanakan, maka dari itu sekali lagi kami ingatkan gunakan hak pilih kalian sebagai mana mestinya, hindari golput.

Karena kehidupan, kepemimpinan, pemerintahan, peraturan, wewenang yang baik merupakan bentukan partisipasi masyarakat maka dari itu sangat di butuhkan suara masyarakat.

Dalam 5 tahun kedepan Negara ini tergantung pada siapa yang terpilih dihari PEMILU nanti, maka pergilah ke tempat pemilihan partisipasikan suara anda dan jadilah pemilih yang bijak.

  • Contoh Teks Persuasif Tema Pendidikan

Contoh Teks Persuasif Tema Pendidikan

Pribadi yang baik tentunya terbentuk akan didikan, didikan ini pertama kali tentunya dari orang tua, jadi peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membangun karakter dan pribadi yang baik pada anak.

Namun pada saat ini kesalahan terjadi, dimana para orang tua menyerahkan pendidikan anak semua pada guru, secara logika saja seorang anak akan belajar bersama guru hanya dalam hitungan jam dan dengan jumlah anak yang tidak sedikit dalam satu kelas. Efektifkah untuk membangun karakter anak ?

Maka dari itu dihimbaukan kepada orang tua sekalian supaya mendidik anaknya sebaik mungkin, menyempatkan waktu sedikit walau hanya pertanyaan yang sederhana yang membuat mereka merasa ada dan diharapkan. Mari ajarkan sikap sopan santun dan prilaku yang baik sejak dini pada anak anak.

  • Contoh Teks Persuasif Tema Agama Islam

Contoh Teks Persuasif Tema Agama Islam

Shalat bagi umat Islam merupakan hal yang wajib dalam sehari hari, menurut ajaran Rasulullah dan terdapat langsung dalam alquran. Umat dimana pun tentunya memiliki ajaran untuk melakukan perintah dan menjauhi larangannya. Begitupun agama Islam, hendak dan wajib hukumnya untuk melakukan perintah shalat.

Baca Juga :  Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2019 dan Persyaratan

Shalat merupakan tiang agama, dimana diketahui dengan shalat kita telah membangun pondasi rumah dikehidupan selanjutnya dan secara langsung dapat balasan dalam bentuk pahala dan dipermudahkan segala urusan olehnya.

Dalam bidang kesehatan gerakan pada shalat mengandung unsur yang baik, banyak sekali bukan kebaikan yang didapat dari shalat. Maka dari itu apa lagi alasan untuk kita meninggalkannya.

Dalam tulisan ini, hari ini, dan detik ini sesama umat beragama mari kita lakukan shalat mari mulai sekarang kita perbaiki kehidupan, mari kita kembali kejalan yang benar mari kita muhasabah diri pada kebaikan dan semoga kita semua merupakan bagian dari umat yang diakui Allah SWT  dan diakui sebagai pengikut setia nabi besar Muhammad SAW.

  • Contoh Teks Persuasif Tema Kesehatan

Contoh Teks Persuasif Tema Kesehatan

Banyak sekali diantara kita semua yang menganggap tidak penting sarapan, baik dengan alasan sudah terlambat, tidak suka makan pagi, tidak selera dan banyak lagi.

Namun harus diketahui tubuh kita membutuhkan asupan dan dianjurkan sarapan dengan yang tidak berat untuk mengisi energi sebelum makan siang. Karena dengan tidak sarapan tidak ada energi yang bisa kita keluarkan mengundang rasa cepat lelah, mengganggu konsentrasi dan banyak lagi efeknya.

Dikesempatan ini kami mengajak kalian semua untuk hidup sehat, atur waktu sempatkan sarapan setiap pagi, dan mari budayakan sarapan untuk kesehatan yang lebih nyata.

Demikian artikel mengenai Teks Persuasi, banyak sekali pelajaran yang dapat kita kutip dan tentunya banyak manfaat yang dapat kita ambil dari beberapa contoh teks persuasi diatas. Sekian dulu materi dari artikel yang dibagikan kali ini. Nantikan kehadiran artikel artikel berikutnya.

Baca Juga :

(Visited 705 times, 215 visits today)