Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Posted on

Alhamdulillah Ala Kulli Hal Artinya – Assalamualaikum warahtullahhi wabarakatuh, disela-sela kesibukan penulis kali kami akan merangkum sebuah materi masih mengenai topik agama ayitu Alhamdulillah ala kulli hal sobat sekalian pastinya tidak asing dan pernah mendengar ucapan atau kalimat tersebut .

Biasanya kalimat ini digunakan pada saat kita mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT, baik disaat kondisi kita  diberikan musibah atau kesulitan-kesulitan seperti yang pernah dicontohkan oleh pantuan kita yaitu Baginda kita Rasulullah SAW, Beliau akan mengucapkan ‘Alhamdulillah Ala Kulli Hal’ pada kondisi kesulitan atau musibah.

Bagi anda belum mengetahui apa maksud atau penggunaan kalimat Alhamdulillah ala kulli hal Anda tidak perlu bingung tentang arti dan makna dari kalimat tersebut. Karena penulis dosenpintar.com akan membahas mengenai arti dan makna dalam bahasa Arab yang umum digunakan secara lengkap dan mudah dipahami, oke langsung saja kita bahas materinya dibawah ini.

Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal
Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal (الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ)

Alhamdulillah Ala Kulli Ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, dalam setiap keadaan, keadaan yang dimaksudkan cenderung mengarah pada sesuatu yang tidak disukai seseorang.

Dimana Keadaan seperti itu bisa kita dapati untuk seorang hamba Allah yang selalu bersyukur kepada-Nya, bahwa seseorang melihat musibah yang ada di dunia yang menimpanya terdapat suatu bencana yang lebih besar lagi yaitu musibah agama.

Baca Juga :  La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim

Karena tentunya musibah agama lebih berat dari musibah dunia karena siksaan di dunia ini bahkan lebih ringan dari siksa akhirat.

Karena setiap keadaan dalam hal ini adalah musibah, bisa menghapus dan menggugurkan dosa, orang-orang seperti itu pasti akan selalu bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena mendapat kebaikan lebih dari Allah SWT.

Kalimat atau ucapan tersebut sudah di contohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam, ketika beliau mendapatkan sesuatu yang tidak disukainya kemudian beliau mengucapkan kalimat”Alhamdulillah ala kulli hal” (riwayat dari Syekh Al Albani, Ibnu Majah dan mengatakan bahwa hadits ini adalah hasan).

Penggunaan Kalimat/Ucapan Alhamdulillah Ala Kulli Hal (الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ)

Berikut di bawah ini kami rangkum beberapa contoh kondisi yang sesuai dalam pengunaan dar kalimat tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan Musibah

Penggunaan kalimat Alhamdulillah Ala Kulli Hal diucapkan saat mendapati musibah dan cobaan yang kita alami, Mengacu pada hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang berbunyi sebagai berikut:

Dari Aisyah Rodiallahu Anhu, sesuai dengan penjelasan Nabi Shallallohu ‘alaihi wa sallam ketika mendapat sesuatu yang tidak disukainya, maka beliau mengucapkan kalimat:

Alhamdulillah Ala Kulli Hal
Alhamdulillah Ala Kulli Hal

2. Saat Bersin

Pada saat kita bersin makan sebaiknya ucapan ini juga biasanya diucapkan.

Hal tersebut tertuang dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Thasieni yang berbunyi sebagai berikut:

“Jika ada di antara kalian yang bersin, maka biasakan dirimu untuk membaca kalimat, ‘Alhamdulillah’ ala kulli haal ‘, dan kemudian biarkan orang di sebelahnya untuk mengucapkan kalimat’ Yahdiikumullah wa yuslih baalakum ‘(Hadits HR. Bukhari dan Thasieni)

3. Ketika Mendapat Kabar yang Kurang Baik

Tidak hanya saat Anda mengalami bencana atau musibah Anda harus mengucapkan kalimat atau ucapan ini, akan tetapi juga disarankan untuk  mengucapkannya disaat kita mendengar kabar tidak menyenangkan atau kabar buruk.

Baca Juga :  Bahasa Arab Anggota Tubuh

4. Ketika Dalam Keadaan Sakit, Sedih dan Kesal.

Pada kondisi tertentu pasti kita pernah mengalami kondisi dimana merasa kesal, sedih dan sakit sangat dianjurkan kita untuk mengucapkan kalimat atau kata alhamdulillah ‘ala kulli haal.

Dalam satu kisah, Rasululloh SAW bersabda yang berbunyi sebagai berikut:

” Sesungguhnya pahala terbesar datang dari ujian terberat. Jika Allah SWT mencintai seseorang, maka Allah akan memberi mereka ujian “.

“Barang siapa hambaku yang Ridho, maka Allah pun akan berbahagia. Dan siapa yang murka (dengan cobaan Allah), maka baginya murka Allah.” (Hadits naratif Tirmidzi).

Jadi demikianlah uraian materi mengenai arti dan makna dari Alhamdulillah Ala Kulli Hal , semoga artikel kali ini dapat bermanfaat serta dapat menjadi referensi untuk para pembaca dalam memahami pengertian serta makna dari kalimat tersebut.

Baca Juga :