Arti Biidznillah

Posted on

Arti Biidznillah – Sering kita mendengar Kalimat Biidznillah lantas apa bedanya dengan Kalimat Insya Allah, Pada kesempatan ini dosenpintar.com akan mengulas dan membahas makna dari kalimat tersebut, serta pengertian, cara membalas serta makna yang terkandung dalam kalimat tersebut.

Kalimat tersebut adalah ucapan yang sangat populer terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Dalam bahasa arab seperti yang tertulis (بِإِذْنِ اللَّهِ) kalimat ini merupakan sebuah ucapan doa atau permintaan kepada Allah SWT, untuk informasi lebih lengkapnya, silakan perhatikan penjelasan di bawah ini sobat pembaca sekalian.

Arti Biidznillah
Arti Biidznillah

Arti Biidznillah (بِإِذْنِ اللَّهِ)

Di mana kalimat ini ditulis dalam bahasa Arab, sehingga banyak orang ingin tahu arti dan makna kalimat dan artinya?

Arti Biidznillah (بِإِذْنِ اللَّهِ) memiliki arti “Dengan izin Allah atau sama dengan Atas izin Allah”.

Kalimat ini adalah bentuk dari harapan/permintaan serta doa yang dipanjatkan seorang hamba kepada Allah SWT, mengharapkan bantuan dari-Nya untuk semua upaya yang dilakukan seorang hamba.

Dengan kata lain, jika seseorang mengatakan “biidznillah”, maka orang tersebut telah memanjatkan atau mengharapkan sesuatu yang mendalam kepada Allah untuk sesuatu yang diharapkan olehnya.

Kedua, penggunaan kata izin itu sendiri dalam bahasa Indonesia memiliki dua makna, yaitu suatu permintaan.

Namun, kalimat Biidznillah sangat tepat jika ditafsirkan sesuai dengan kehendak Allah, dan kalimat ini hampir menyerupai kata “In Sya ‘Allah”

Jadi memohon hanya kepada Allah SWT karena, pada dasarnya, tidak semua manusia akan dapat memprediksi apa yang akan terjadi hari ini, besok dan lusa, kecuali mereka manusia pilihan yang telah diberi kemampuan oleh Allah untuk dapat mengetahui apa yang akan terjadi.

Contoh Penggunaan Kalimat Biidznillah

Untuk penggunaan kata tersebut yang telah kita bahas di atas akan diberikan contoh untuk mempermudah anda dalam memahami penggunaan kalimat tersebut, berikut ini contohnya:

  • Alhamdulilah, biidznillah akhirnya kita dapat membantu saudara kita yang kekurangan dengan uang yang kami kumpulkan.
  • Biidznillah, semua harapan kami dapat terwujud.
  • Insya allah biidznillah segala sesuatunya akan segara membaik.
  • Biidznillah, semua masalah yang kita hadapi bisa diselesaikan.
Baca Juga :  Arti Yaumul Milad

Perbedaan antara Biidznillah dan Insya Allah

Jika kita perhatikan dengan seksama, sekilas akan ada kesamaan makna, di mana kalimat biidznillah hampir menyerupai makna kata Insyaallah.

Jadi apa perbedaan antara Biidznillah dan insya Allah? penjelasanya akan dibahas sebagai berikut;

Arti Biidznillah (Arab; بِإِذْنِ اللَّهِ) adalah “dengan izin Allah / dengan atas izin Allah”.

Arti Insya Allah (Arab; إِنْ شَاءَ اللَّهُ) adalah “Jika Allah mengizinkannya”.

Dari sisi bahasa perbedaanya memang sangat tipis,akan tetapi sebenarnya memiliki perbedaan mendasar dalam artinya jika dinilai dari gaya bahasa bahasa Arab.

Untuk memudahkan memahami contoh-contoh penggunaan dua kata berikut. Misalnya, jika seseorang ada yang berkata kepada kita,

Contoh Penggunaan Biidznillah

Panitia :
“Mohon maaf pak Ustad, besok malam untuk bisa hadir untuk mengisi kultum”,

Jawaban yang benar untuk pernyataan ini adalah

Pak Ustad :
“Insya Allah / Jika Allah mengizinkan”.

Panitia :

Owh iya pak ustad jangan lupa untuk ceramah besok dibuat yang menarik dan santai serta materi yang disampaikan dapat mudah dipahami oleh jamaah masjid”,

Jawaban yang tepat untuk kalimat seperti ini adalah

Pak Ustad :
“Baik, biidznillah / Ya, atas izin Allah “.

Dengan kata lain, dengan menjawab “Ya, Biidznillah” berarti bahwa kita berharap kepada Allah SWT untuk dapat memenuhi apa yang kita harapankan untuk dapat memenuhi permintaan seperti pada contoh diatas.

Jadi demikianlah uraian materi mengenai Arti Biidznillah ,Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta bisa menjadi referensi kalian untuk memahami pengertian kalimat tersebut secara lengkap, dan jangan lupa baca artikel lainnya serta nantikan artikel berikutnya yang pastinya lebih menarik.

Baca Juga :

Baca Juga :  Arti afwan