La Tahzan Innallaha Ma’ana

Posted on

La Tahzan Innallaha Ma’ana – Pada kesempatan ini dosenpintar.com akan membahagiakan serta membahas makna dari La Tahzan Innallaha Ma’ana, serta pengertian, dalil, dan contoh yang terkandung dalam kalimat ini, untuk informasi lebih lengkapnya, silakan perhatikan penjelasan di bawah ini sobat pembaca sekalian.

Kalimat tersebut adalah salam yang saat ini populer, terutama di masyarakat Indonesia pada umumnya.

Kalimat tersebut dalam bahasa arab seperti yang tertulis ini  لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَ dan kalimat ini juga sering dijumpai di bagikaan sebagai status di media sosial seperti facebook dan instagram oleh seseorang.

Memang, kalimat kalimat ini, saat ini diapresiasi oleh berbagai kalangan, bahkan sekarang sudah menjadi kata hias untuk berbagai kegiatan komunikasi.

La Tahzan Innallaha Ma’ana
La Tahzan Innallaha Ma’ana

Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا)

La tahzan innallaha ma’ana ( dalam aksara Arab adalah : لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا )

Memiliki arti: Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita

Kata-kata La TahzanInnallaha Ma’ana yang merupakan salah satu ungkapan atau kata-kata doa akan kita temui di dalam surat Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 40 yang memiliki arti “ Janganlah Bersedih, Allah bersama kita”.

Kalimat ini berguna untuk mengatakan kepada sejumlah orang yang sedih dan juga dalam kesulitan.

Ungkapan ini juga bisa digunakan sebagai ungkapan atau ungkapan untuk menghibur hati sehingga bisa mengingat dan dekat dengan Allah.

Pengertian La Tahzan Innallaha Ma’ana

Arti dari kalimat ini terdiri dari beberapa kata dan setiap kata memiliki arti atau makna sendiri dan kalimat ini, ketika ditafsirkan dengan kata-kata, akan diterjemahkan sebagai berikut:

Baca Juga :  Arti Aamiin Allahumma Aamiin
Tulisan LatinTulisan ArabArtinya
La(لَا)jangan
Tahzan(تَحْزَنْ)bersedih
Innallaha(إِنَّ اللَّهَ)sesungguhnya Allah
Ma’ana(مَعَنَا)bersama kita

Nah, itulah arti kata-kata dalam kalimat tersebut, dan jika digabungkan, itu berarti “jangan bersedih, sebenarnya Allah ada bersama kita” atau “jangan bersedih hati, Allah beserta kita”.

Dalil La Tahzan Innallaha Ma’ana

Kalimat ini bukan hanya kalimat biasa pada umumnya, tetapi merupakan kalimat yang terkandung dalam Alquran, yaitu dalam Surat At-Taubah ayat 40.

dari dasar diatas maka kalimat tersebut adalah dasar dari perkataan yang baik karena bersumber dari Alquran.

Makna Ucapan

Arti kalimat ini juga bisa berarti “jangan bersedih, karena kasih sayang Allah sangat luas.

Karena sebanarnya Allah SWT tidak akan memberikan ujian kepada hamba-hamba-Nya, tetapi karena cinta Allah kepada hamba-hamba-Nya adalah untuk memberikan ujian sehingga hamba-hamba-Nya selalu dekat dengan-Nya

Karena Allah SWT tidak memberikan ujian seorang hamba di luar kemampuannya dari hambanya.

Pengertian La Tahzan Innallaha Ma’ana
Pengertian La Tahzan Innallaha Ma’ana

Contoh Penggunaan

Di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaan Kalimat tersebut.

  • Ketika seseorang merasa sedih karena ditinggalkan oleh seseorang yang dicintai dan dicintai. Itu membuat hati sedih, agar tidak larut dalam kesedihan, maka kita bisa mengucapkan ungkapan la tahzan innallaha ma’ana.
  • Ketika Anda merasa putus asa, putus asa karena usaha Anda belum berhasil sehingga hati dan perasaan Anda tidak larut dalam kesedihan, ucapkan kalimat tahzan innallaha ma’ana, semoga kesedihan itu akan hilang .
  • Ketika saat kita dibenturkan berbagai permasalahan yang cukup kompleks baik dengan orang terdekat kita ataupun dengan orang yang kita tidak kenal ataupun permasalahan anatar suami atau istri.

Jadi demikianlah uraian materi mengenai La Tahzan Innallaha Ma’ana,  semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga sesuai dengan kebutuhan kalian bisa menjadi referensi kalian untuk memahami pengertian kalimat tersebut, jangan lupa baca artikel lainnya dan nantikan artikel berikutnya.

Baca Juga :  Arti Syukron