Yaumul Jaza Artinya

Posted on

Yaumul Jaza – Assalamualaikum warahtullahhi wabarakatuh, Dengan izin Allah, kali ini dosenpintar.com akan berbagi pengetahuan mengenai arti Yaumul Jaza, mungkin bagi sebagian orang sudah banyak yang mendengar ucapan atau kalimat ini, tapi ada juga dari para pembaca yang mungkin belum mengetahui dan memahami kalimat ini, yang akan kita bahas nama-nama lain dari hari kiamat, baiklah langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini.

Yaumul Jaza Artinya
Yaumul Jaza Artinya

Arti Yaumul Jaza (يوم الجز)

Artinya Yaumul Jaza?
Yaumul Jaza berarti “hari pembalasan”, di mana pada hari pembalasan ini (yaumul jaza) semua manusia menerima balasan atas apa yang mereka lakukan saat mereka hidup di dunia.

Dari semua tindakan yang dilakukan oleh manusia selama masa hidupnya akan mendapat balasan yang diberikan oleh Allah SWT dan itu semua tergantung pada tindakan yang dilakukan oleh manusia selama masa hidupnya di dunia.

Sebagaimana telah dijelaskan bahwa manusia hidup di dunia ini sebagai khalifah yang hanya bersinggah untuk sementara, sedangkan Hari pembalasan atau kiamat adalah hari di mana semua perbuatan baik dan buruk dikumpulkan untuk mendapatkan pengadilan sesuai dengan perbuatanya hidup di dunia.

Dengan demikian, dengan penjelasan di atas, kita dapat menjelaskan secara singkat, bahwa Yaumul Jaza adalah hari di mana seluruh umat manusia akan dikumpulkan untuk mendapatkan balasan sesuai dengan perbuatanya selama hidupnya di dunia.

Jika seseorang melakukan perbuatan baik / kebaikan saat menjalani kehidupan mereka di dunia, maka surga jelas merupakan suatu bentuk balasanya.

Tetapi jika seseorang / manusia melakukan perbuatan buruk / melakukan perbuatan buruk dalam hidupnya, maka sangat jelas bahwa neraka dan siksaan yang akan ia terima sebagai balasannya.

Dalil Tentang Yaumul Jaza (يوم الجز)

Dalil mengenai Yaumul Jaza – Dari Yaumul Jaza (bahasa Arab: يوم الجزاء) yang berarti, sebagaimana firman Allah Subhanau wa ta’ala ditulis dalam surah Al-Qur’an Surah Al-Mu’min ayat 17:

Baca Juga :  Arti Ahlan Wa Sahlan

Dalil Tentang Yaumul Jaza

Artinya: Pada hari ini, setiap orang akan mendapatkan balasan untuk segala perbuatan yang dikerjakannya, bila baik maka balasannya baik, bila buruk maka balasannya buruk. Tidak ada kezaliman pada hari ini, karena hakimnya adalah Allah yang Mahaadil

Dalam arti luas, Yaumul Jaza berarti hari ketika seluruh umat manusia menerima balasan atas apa yang telah mereka perbuat atau lakukan di dunia.

Alasan yang akan diperoleh manusia ini bergantung pada tindakan yang telah ia kumpulkan di dunia. Jika manusia melakukan perbuatan baik dunia, maka surga adalah hadiahnya.

Dan jika manusia selama hidup mereka di dunia perbuatan jahat, neraka dan siksaannya akan menjadi balasan. Anda harus tahu bahwa yaumul jaza adalah salah satu dari hari kiamat.

Adapun nama-nama lain dari hari kiamat sangat beragam. Dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap nama-nama hari kiamat untuk ulasan lengkapnya ada di bawah ini.

Nama-Nama Hari Kiamat

  • Yaumul Qiyamah adalah “Hari Kebangkitan, pada hari itu seluruh semesta alam akan dihancurkan dan semua akan binasa.
  • Yaumul Fashl adalah hari perpisahan, yang pada hari itu adalah antara orang-orang yang beriman dan yang tidak beriman.
  • Yaumul Hisab adalah “Hari Perhitungan, yang pada hari itu akan menjadi hari perhitungan untuk semua manusia atau untuk setiap tindakan atau perbuatan yang dilakukan selama hidupnya saat dia masih di dunia.
  • Yaumul Thalaq adalah “Hari Pertemuan, yang pada hari itu semua manusia akan dipersatukan kembali setelah begitu lama terpisah satu sama lain.
  • Yaumul Jam’i adalah “hari berkumpul, pada hari itu semua manusia akan dikumpulkan, manusia sebelumnya dari Nabi Adam AS sampai manusia baru diciptakan oleh Allah yang terakhir.
  • Yaumul Mahsyar adalah: Hari berkumpulnya orang-orang di padang pasir Mahsyar) pada hari itu semua manusia akan dikumpulkan semua menjadi satu di padang Mahsyar.
  • Yaumul Ba’ats adalah “hari kebangkitan, yang pada hari itu semua manusia yang sudah mati terlebih dahulu akan dibangkitkan kembali oleh Allah.
  • Yaumul Mizan adalah “hari penimbangan untuk setiap amal dan perbuatan yang dilakukan selama masa hidupnya ketika masih di dunia.
  • As-Sa’ah adalah hari penentuan, dimana hari itu Allah akan menentukan kapan akan terjadinya hari kiamat.
  • Yaumul Diin adalah hari pembalasan untuk keyakinan atau agama yang dianutnya, tujuannya adalah hari pembalasan atas apa yang ia lakukan selama hidupnya, amalan tersebuth misalnya seperti sholat, puasa, zakat, ibadah haji dan shodakoh.
Baca Juga :  Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin

Jadi demikianlah uraian materi mengenai Arti Yaumul Jaza, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga sesuai dengan kebutuhan kalian bisa menjadi referensi kalian untuk memahami pengertian kalimat tersebut, jangan lupa baca artikel lainnya untuk menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :