Contoh Karangan Argumentasi

Posted on

Contoh Karangan Argumentasi – Berargumen bukan hal yang jarang untk dilakukan oleh setiap manusia bukan ? Bukan hanya berargumen disini kita akan membahas mengenai karangan argumentasi, secara logika kita dapat menangkap berarti argumen yang kita karang hingga menjadi beberapa paragraf. Daripada kita mengira saja, ada baiknya kita simak artikel berikut untuk mengetahui ulasannya secara lengkap.

Contoh Karangan Argumentasi
Contoh Karangan Argumentasi

Pengertian Karangan Argumentasi

Karangan argumentasi adalah sebuah karangan yang mempunyai isi berupa pendapat mengenai tentang sebuah topik yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Ciri Ciri Karangan Argumentasi

Adapun ciri-ciri dari karangan argumentasi adalah sebagai berikut, yaitu.

  • Kalimat yang dapat meyakinkan pembaca mengenai tentang sebuah pendapat dari penulis
  • Pendapat dan gagasan dari penulis dengan dilengkapi kumpulan data, berbagai fakta, grafik-grafik, gambar dan juga tabel
  • Tidak untuk memuat subjektivitas dari penulis
  • Tidak memuat berbagai kalimat yang mengandung emosi penulis
  • Memuat logika dan juga penalaran.
  • Terdiri atas 3 bagian yang utama yaitu tahap pendahuluan, tubuh dari argumen, dan juga kesimpulan.

 

Jenis Karangan Argumentasi

Adapun jenis dari karangan argumentasi ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu.

  • Karangan Argumentasi Sebab-Akibat

    Karangan argumentasi sebab akibat mempunyai isi paragraf yang dengan awal menggunakan beberapa pendapat yang merupakan sebab. Dan diakhiri dengan akibat.

  • Karangan Argumentasi Akibat-Sebab

    Karangan argumentasi jenis ini diawali dengan akibat dan kemudian diuraikan dengan berbagai sebab.

 

Langkah Penulisan Karangan Argumentasi

Untuk penulisan karangan argumentasi berikut merupakan langkahnya, yaitu.

  1. Menentukan Tema dan Topik

Tema merupakan hal utama yang harus ditetapkan jika akan membuat sebuah karangan, tema menentukan batasan apa yang akan kita bahas.

  1. Menyusun Kerangka Karangan

Kerangka karangan argumentasi sesuai dengan jenis yang digunakan, jika menggunakan sebab akibat maka susunan dimulai dengan sebab dan diuraikan beberapa akbibatnya, dan begitupun sebaliknya.

  1. Mengembangkan Kerangka Karangan

Pengembangan ini ditujukan untuk menambah ketertarikan orang untuk membaca, untuk dapat menerima tulisan dan mampu mengambil kesimpulan dari tulisan tersebut.

  1. Menyunting Karangan

Setelah menulis karangan, untuk memastikan karangan layak untuk dibaca dan diterima oleh banyak pihak..

 

Contoh Karangan Argumentasi

Berikut merupakan sususan mengenai tentang contoh karangan argumentasi, antara lain.

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Kesehatan

Karangan Argumentasi Tentang Kesehatan

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Kebiasaan merokok bisa mengantarkan kepada kematian. Sudah tak dapat dihitung banyak sekali korban yang meninggal diakibatkan dari merokok. Memang efek samping rokok tak langsung dirasa.

Dari pendapat Dr. Aria Nugraha, Asap yang telah dihisap oleh para perokok akan secara perlahan menggerogoti organ pernafasan mereka seperti organ paru-paru, tenggorokan yang dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti penyakit Bronchitis, serangan jantung, dan juga gangguan kehamilan pada para ibu yang sedang mengandung.

Mengapa rokok dikatakan sangat berbahaya? Didalam sebuah batang rokok mengandung zat kimia yang berbahaya terdapat racun, pemutih lantai dan juga bahkan ada bahan bakar roket. Bukan hanya batang rokok yang berbahaya, namun asap dan Tar dari rokok dapat menyebabkan kanker karena mempunyai kandungan nikotin berbahaya bagi tubuh kita.

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Lingkungan

Karangan Argumentasi Tentang Lingkungan

Kerusakan Lingkungan

Kerusakan lingkungan telah terjadi dimana mana, sebab utamanya tak lain karena ulah manusia, sangat disayangkan masih banyak pihak yang kurang peduli dengan lingkungan sekitar, dimana seharusnya lingkungan sekitar harus dijaga dengan bekerja sama karena tidak akan tercipta lingkungan yang terjaga jika hanya pihak tertentu saja yang peduli.

Dari keserakahan dan keegoisan manusia alam marah dan sang pencipta murka, bencana alam terjadi dimana mana, longsor, kebakaran dan yang paling sering terjadi banjir.

Sungai yang telah tercemar oleh sampah dan limbah pabrik, hutan yang gundul karena tidak dilakukan reboisasi, sampah berserakan karena kesadaran untuk menjaga lingkungan tidak di tingkatkan.

Jika bukan kita siapa lagi yang akan menjaga bumi ini, dengan menjaga bumi bukan hanya bumi yang senang yang terutama merasakan dampaknya tentu kita sendiri yang menjadi penghuni bumi.

Contoh Karangan Argumentasi tentang Pendidikan

Karangan Argumentasi tentang Pendidikan

Kapan Pendidikan Gratis Terwujud

Gema sekolah gratis selalu dikumandangkan saat kampanye, sudahkan terealisasikan ? yang memilih bisa apa kepada siapa mereka mengadu, dengan kebutuhan yang semakin meningkat belum lagi biaya sekolah yang tak bisa diremehkan.

Pendidikan ini sangat penting akan sangat disayangkan anak bangsa sendiri tidak dapat mengenyam pendidikan sebagaimana semestinya. Yang pada dasarnya negara ini tahu mereka anak bangsa lah yang akan meneruskan bangsa ini.

Mungkin belum sampai pada poin yang tidak tahu mengenai pendidikan ini didalam proker pemerinta desa maupun pusat. Tentu akan sangat baik kemajuan bangsa ini jika anak bangsa merdeka menuntut ilmu tanpa dibayang bayangi biaya tanpa membedakan status sosial yang ada.

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Lalu Lintas

Karangan Argumentasi Tentang Lalu Lintas

Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas 

Jumlah yang akibat dari terjadinya kecelakaan di jalan raya pada tahun ini akan terus meningkat. Bahkan lebih parah lagi dari lima tahun belakang. Menurut data yang didapat dan dirilis oleh pihak kepolisian, pada tahun kemarin jumlah dari kasus kecelakaan telah mencapai 4.500 kasus, yang dibandingkan dengan tahun ini telah mencapai jumlah 5.300 kasus pada H + 2 lebaran, sehingga sudah bisa dipastikan akan terus semakin bertambah.

Dari jumlah 5.300 kasus tersebut, persentase yang menunjukkan angka paling banyak adalah kendaraan beroda dua atau bermotor. Meningkatnya jumlah angka kecelakaan ini dengan disebabkan oelh bertambahnya jumlah para pemudik yang menggunaka kendaraan bermotor.

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Sekolah

Karangan Argumentasi Tentang Sekolah

Sekolah Indonesia

Di Indonesia banyak terdapat sekoah berkualitas dengan prestasi unggul baikk negeri maupun swasta,  semua itu dibuktikan dari lahirnya berjuta para juara Olimpiade yang telah sukses dari berbagai bidang sekolah.

Banyak pelajar yang berkompetisi hingga bertaraf internasional, bukan hanya berpartisipasi mereka turut memenangkan lomba dengan membawa nama sekolah dan juga Negara.

Semua Prestasi yang didapat itu terjadi,  karena adanya kerja keras para dewan guru dan pihak komite sekolahan yang senan tiasa bekomitmen agar bisa menghasilkan anak didik dengan nilai kelulusan berbaik.

Jadi kualitas sekolah memang penting namun semua tergantung dengan pribadi masing masing, tentukan tempatmu menuntut ilmu dan salurkan bakatmu.

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Teknologi

Karangan Argumentasi Tentang Teknologi

Facebook

Dunia sekarang ini tak lepas dari perkembangan teknologi, contohnya aplikasi facebook disana kita bukan hanya bisa bertukar pesan status, gambar dan video yang menyebabkan kita semua mendapat dampak untuk lebih mudah berkomunikasi dengan jarak jauh.

Sejauh ini bukan hanya sebagai sarana hiburan dan komunikasi facebook juga bisa digunakan sebagai media bisnis yang murah, dilengkapi dengan mode gratis, yang menyebabkan kita mendapat kemudahan dalam memula bisnis.

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Sampah

Karangan Argumentasi Tentang Sampah

Menyadari Betapa Buruknya Dampak Sampah

Akibat dari berserakannya sampah dimana mana membuat kita tidak nyaman, mengundang bencana alam bahkan mengundang peyakit. Masalah ini merupakan masalah lama yang tidak terselesaikan hingga sekarang.

Sebagai mahkluk yang berakal tentu kita seharusnya mempunyai  kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya, menyediakan tempat sampah, membedakan jenis sampah dan meningkatkan kesadaran diri untuk menyadari bahwa masalah sampah ini merupakan hal yang berat.

Demikianlah artikel mengenai tentang Contoh Karangan Argumentasi, semoga dengan adanya artikel ini semoga dapat memberi dampak positif bagi kita semua dan memberi ilmu serta penngetahuan yang baru.

Baca Juga :

Baca Juga :  Contoh Makalah