Kalimat Efektif

Posted on

Kalimat Efektif – Halo sobat dosenpintar.com kabar baik kali ini penulis sampaikan, karena pada kesempatan ini kami membagikan artikel mengenai tentang Pengertian Kalimat Efektif, Ciri-Ciri Kalimat Efektif, Jenis Kalimat Efektif, Syarat Kalimat Efektif, Contoh Kalimat Efektif dalam Paragraf, Contoh Kalimat Tidak Efektif dalam Paragraf berikut akan kami uraikan pembahasannya satu persatu dibawah ini.

Kalimat Efektif
Kalimat Efektif

Pengertian Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah bentuk susunan kata yang telah mengikuti kaidah kebahasaan dengan cara baik dan benar. Maksudnya bahwa kalimat yang efektif adalah kalimat yang telah mengikuti kaidah kalimat sesuai standar yaitu mengikuti aturan EYD yang merupakan singkatan dari Ejaan Yang Disempurnakan.

Ciri-Ciri Kalimat Efektif

Berikut merupakan ciri-ciri dari kalimat efektif yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut.

  • Penggunaan diksi yang tepat.
  • Mempunyai unsur penting atau pokok, minimal mempunyai Subjek dan Predikat (SP).
  • Sesuai dengan aturan yang di tetapkan oleh ejaan yang disempurnakan (EYD).
  • Penghematan dalam penggunaan kata.
  • Menggunakan tata kesejajaran bentuk bahasa yang di gunakan.
  • Menggunakan variasi dalam struktur kalimat.
  • Melakukan penekanan dalam ide pokok.
  • Menggunakan kesepadanan antara struktur penggunaan bahasa dengan jalan pikiran yang telah diatur menjadi logis serta sistematis.
  • Menyajikan koherensi yang baik dan juga kompak.
  • Memperhatikan tata pararelisme.
  • Mendasarkan pada pilihan kata yang sudah tepat dan benar.
  • Bentuk komunikasinya harus yang berharkat.
  • Diwarnai kehematan dan juga Singkat.
  • Didasarkan pada semua pilihan kata yang diatur tepat dan benar.
Baca Juga :  Cerita Fantasi : Pengertian, Jenis, Contoh, Struktur dan Lengkap

Jenis Kalimat Efektif

Adapun beberapa jenis kalimat efektif terbagi menjadi beberapa point berikut ini yang akan kami jelaskan secara lengkap, antara lain.

Kalimat argumentasi

Kalimat argumentasi adalah kalimat yang menyampaikan bentuk pendapat terhadap suatu masalah, diskusi, kejadian, objek dan lain sebagainya yang dirasa benar dan dapat dipertimbangkan untuk memecahkan sebuah persoalan.

Kalimat dalam penyampaian ide atau gagasan

Saat menyampaikan ide atau gagasan yang kita miliki hendaknya menyampaikan ide tersebut menggunakan tataan bahasa dan kalimat yang efektif.

Kalimat formal

Kalimat formal seperti saat sedang berpidato, berbicara dengan atasan, menyampaikan wacana dalam sebuah forum kalimat efektif harus diterapkan, selain itu kalimat formal juga gunakan pada saat menulis surat formal, surat lamaran, surat pengunduran diri, penulisan buku dan lain sebagainya.

Syarat Kalimat Efektif

Adapun syarat yang harus dipenuhi sehingga sebuah kalimat menjadi kalimat yang efektif adalah sebagai berikut.

  1. Kesatuan

Kesatuan adalah keseimbangan antara gagasan atau pikiran serta bentuk keseimbangan dari struktur bahasa yang dipakai. Adapun kesatuan dalam gagasan sebuah kalimat efektif diwujudkan dalam kesepadanan yang teratur dan kompak serta memiliki kepaduan dari pikiran-pikiran yang baik.

  1. Kehematan

Kehematan merupakan usaha untuk menghindari pemakaian dari berbagai kata yang dianggap tidak perlu. Maksudnya tidak untuk menjamakkan kata yang sudah terlebih dahulu berbentuk jamak, dan tidak mengulang semua  subjek yang telah ada.

  1. Keparalelan

Keparalelan adalah bentuk kesamaan yang digunakan dalam kalimat yang ada. Maksudnya adalah apabila pada kata pertama dalam sebuah kalimat berbentuk kata verba, maka seharusnya kata kedua juga harus berbentuk kata verba.

  1. Kelogisan

Kelogisan adalah bentuk dimana ide yang disampaikan masuk akal dan dapat diterima akal sehat bagi para pembacanya dan dengan penulisan serta penyampaian yang benar.

  1. Kepaduan (Koherensi)

Koherensi adalah hubungan yang terpadu dari berbagai unsur dalam pembentukan kalimat. Dengan tujuan semua informasi yang diterima tidak terpecah pecah.

  1. Ketepatan

Ketepatan adalah bentuk kesesuaian dari pemakaian unsur-unsur yang telah membentuk sebuah kalimat sehingga terciptanya pengertian yang bulat atau utuh tidak terbagi bagi sehingga menjadi kalimat yang pasti serta jelas.

Baca Juga :  Cara Penulisan Gelar Diploma, Sarjana, Magister Yang Benar

Contoh Kalimat Efektif dalam Paragraf

Contoh Paragraf Efektif

Berikut merupakan kalimat efektif dalam sebuah paragraf.

Kalimat Efektif dalam Paragraf

Nuryati merupakan mahasiswa dari Universitas Gajah Mada, dan kebetulan Nuryati kontrak rumah di daerah yang dekat dengan kantor polisi. Untuk pulang dan pergi kuliah Nuryati hanya menggunakan transportasi umum seperti mini bus. Selain dari Nuryati, ada banyak juga mahasiswa lain dari kampus Gajah Mada yang juga tinggal di daerah dekat kantor polisi tersebut, serta mereka juga menggunakan fasilitas umum yang sama dengan Nuryati yaitu menggunakan mini bus sebagai sarana transportasi pulang dan pergi dari kegiatan perkuliahan.

Contoh Kalimat Tidak Efektif dalam Paragraf

Kalimat Tidak Efektif dalam Paragraf

Adapun contoh kalimat tidak efektif dalam sebuah paragraf adalah sebagai berikut.

Nuryati ini merupakan salah satu dari mahasiswa Universitas Gajah Mada, kebetulan saat ini Nuryati kontrak rumah di daerah dekat kantor polisi dengan semikian Jadi untuk pergi kuliah nuryati perlu menggunakan alat transportasi umum yaitu, bus. Selain dari nuryati, Banyak para mahasiswa lain di kampus Gajah Mada yang tinggal di daerah yang dekat kantor polisi yang juga menggunakan fasilitas bus sebagai sarana transportasi yang digunakan oleh Nuryati setiap melaksanakan kegiatan kuliah.

Sekian artikel yang kami bahas mengenai Kalimat Efektif, semoga dapat kalian terapkan ilmu yang telah kalian dapat dan sudah seharusnya membagikan ilmu dengan yang lain. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Baca Juga :