Naskah Teks Proklamasi

Posted on

Naskah Teks Proklamasi – Negara kita telah merdeka, dengan begitu kita berperan untuk mempertahankan kemerdekaan ini. Jika diulas kembali kemerdekaan Negara tercinta ini dengan berbagai perjuangan oleh para pahlawan yang terdahulu. Dengan berbagai peninggalan dan sejarah salah satunya yaitu Naskah teks proklamasi

Pada kesempatan ini dosenpintar.com akan memberikan artikel mengenai Naskah Teks Proklamasi yang meliputi Teks Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Apa Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia dan Respon Internasional Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Untuk itu mari kita simak artikel berikut dibawah ini.

Naskah Teks Proklamasi
Naskah Teks Proklamasi

Teks Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Teks Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Teks Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Berikut merupakan hal menarik yang telah terjadi dari peristiwa yang sangat bersejarah untuk Indonesia, antara lain.

Perumusan Proklamasi

Mendengarkan dari kekalahan Jepang dari berbagai pasukan Sekutu, dari golongan muda yang mendesak golongan tua supaya segera memproklamasikan kemerdekaan.

Pada tanggal 16 Agustus 1945, Sayuti Melik, Sukarni, Wikana, Chaerul Saleh dan para pemuda lainya membawa pasangan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok.

Mereka mendesak Bung Soekarno-Hatta untuk mereka memproklamasikan kemerdekaan. Teks proklamasi ini disusun di rumah Laksamana Maeda.

Berkat peran dari Achmad Soebardjo, para kedua pemimpin itu dapat merumuskan teks proklamasi dengan cukup  tenang serta aman. Soekarno, Hatta, dan ada juga Achmad Soebardjo mereka berunding untuk merumuskan teks proklamasi dengan tepat.

Baca Juga :  Masa Perundagian

Pengetikan Teks Proklamasi

Menggunakan mesin tik yang dimiliki seorang perwira angkatan laut yaitu Nazi Jerman, Sayuti Melik yang mengetik teks proklamasi setelah proklamator merumuskan.

Sayuti Melik ditemani oleh BM Diah, beliau mengetik dengan suasana tergesa-gesa. Karena, pada saat itu waktu akan menjelang dini hari. Sebab itu, hasil dari ketikan teks proklamasi terlihat tampak tidak rapi.

Beliau meninggalkan naskah asli dari tulisan Soekarno dan naskah itu sempat terbuang dalam kotak sampah. Namun BM Diah yang telah menyelamatkannya. Dengan keadaan tergesa Sayuti Melik tak sempat membuat rangkap teks proklamasi tersebut.

Bendera Pusaka

Seperti dalam sejarah diceritakan bahwa bendera merah putih ini dijahit oleh istri Soekarno, yaitu Fatmawati. Pada saat itu Ibu Fatmawati tengah mengandung Guntur Soekarnoputra.

Beliau sempat meneteskan air mata ketika menjahit bendera pusaka. Dengan kondisinya yang  tengah hamil tua, beliau kuasa menahan tangis haru. Juga terkenang berbagai perjuangan dari seluruh rakyat Indonesia..

Pembacaan Teks Proklamasi

Tepat pada pukul 10.00 pagi, Soekarno dengan tegas membacakan teks proklamasi di depan seluruh rakyat Indonesia. Pembacaan pada saat itu dilakukan di rumahnya, tepat di Jalan Pegangsaan Timur 56.

Berkat bantuan sebuah alat yaitu mikrofon, proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia ini dapat untuk didengar oleh seluruh yang hadir.

Pengibaran Bendera Merah Putih

Pengibaran bendera Merah Putih dilakukan oleh tiga orang. Terdiri dari Latief Hadiningrat, Suhud Sastro Kusumo, dan juga Surastri Karma (SK) Murti. Mereka bekerja sama untuk dapat  mengibarkan sang bendera pusaka. Pada saat itu Bendera dibentangkan oleh Suhud dan juga ditarik oleh Latief sedangkan SK Trimurti membantu keduanya. Dirgahayu Indonesiaku.

Apa Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Terdapat berbagai makna proklamasi bagi Bangsa Indonesia, yaitu sebagai berikut.

  1. Sebagai Titik Puncak Kemerdekaan Indonesia

Dengan dibacakannya teks proklamasi berarti titik puncak kemerdekaan dari Bangsa Indonesia telah tiba, kebebasan Bangsa Indonesia untu hidup damai tanpa ketakutan tanpa harus melakukan perang dan tantangan tersendiri untuk selalu menjaga dan mempertahankan kemerdekaan.

  1. Sebagai Pernyataan De Facto

Proklamasi mempunyai makna bahwa pernyataan dari de facto yang memiliki makna suatu pernyataan kemerdekaan yang sesuai dengan adanya kenyaataan yang ada, bahwa proklamsi kemerdekaan  telah disampaikan ke semua wilayah Indonesia bahkan juga dunia.

Baca Juga :  Bhinneka Tunggal Ika : Pengertian, Fungsi, Makna dan Sejarah Lengkap

Pernyataan itu sudah benar ada serta nyata, dimana sebuah pernyataan tersebut telah diabadikan suara yang hampir di seluruh siaran radio saat itu.

  1. Awal Perjuangan Baru

Dengan proklamasi berarti perjuangan untuk memerdekakan bangsa sendiri telah usai. Kita telah berhasil, namun pada kenyataannya yang lebih sulit ilah mempertahankan kemerdekaan dengan tujuan menacpai impian bangsa nasional.

  1. Sebagai Tonggak Sejarah

Dengan adanya sebuah kemerdekaan bangsa dengan berbagai perjuangan, pertaruhan nyawa, persatuan, kekompakan negara, masa sulit hingga mencapai sebuah kemerdekaan membuat kisah merupakan tonggak sejarah tersendiri bangsa ini.

Respon Internasional Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Adapun respon Internasional atas Proklamasi Bangsa Indonesia sebagai berikut.

  1. Penolakan Belanda

Belanda adalah negara yang menolak kemerdekaan dari Bangsa Indonesia dan Belanda ingin merebut kembali Indonesia. Peristiwa perebutan ini terjadi kembali pada Agresi Militer I (1947) dan juga Agresi Militer II (1948). Perundingan dilakukan berkali-kali mulai dengan perundingan linggarjati, ada juga perjanjian renville, serta perjanjian roem-royem dan juga konferensi meja bundar (KMF). Belandamengakui kedaulatan Indonesia ketika diadakan koferensi meja bundar. Hasil dari konferensi meja bundar itu membagi wilayah Indonesia dengan bentuk Federasi,  yaitu RIS (Republik Indonesia Serikat).

  1. Pengakuan Mesir

Mesir ialah bagian sekutu yang telah mengakui kemerdekaan Indonesia serta mereka menggalang dukungan dengan adanya liga Arab untuk dapat menerima kedaulatan Indonesia. Tanggal 22 Maret 1946, Mesir dengan cara de facto mengakui atas kedaulatan Indonesia. Mesir meyakinkan Irak, serta Kerajaan Arab dan juga Suriah untuk ikut mendukung kemerdekaan dari Negara Indonesia. Sedangkan pada tanggal 10 Juni 1947, Mesir dengan cara de jure mengakui juga kedaulatan Indonesia serta Indonesia merespon dengan membuka kedutaan besar di kota Kairo.

  1. Respon India

India pernah juga mengalami jajahan dari bangsa lain. Dengan kesamaan nasib terjadilah barter, antara Indonesia dan India yaitu Indonesia mengirimkan sebuah bantuan beras kepada India. Kemudian India memberikan bantuan berupa obat-obatan kepada Negara Indonesia untuk dapat membalas bantuan dari Indonesia yang pernah mereka berikan. Hal ini bertujuan untuk dapat menembus blokade dari Belanda terhadap Negara Indonesia.

  1. Peran Australia

Australia itu memberikan dukungan dari kemerdekaan kepada Indonesia. Hal ini dikarenakan hubungan yang telah terjalin semenjak Indonesia dijajah oleh Negara Jepang. Selain dari alasan ini Australia juga mendukung Indonesia dengan sama-sama berjuang menyikirkan Jepang. Dengan itu Indonesia mendapat sebuah kedaulatan dari Australia.

Baca Juga :  Nilai Nilai Pancasila dan Maknanya Dalam Kehidupan Sehari Hari

Demikianlah artikel yang mengenai tentang Naskah Teks Proklamasi, Banyak sejarah Bangsa Indonesia yang seharusnya kita sebagai bagian dari Negara ini ketahui untuk itu mari sama sama kita ikut serta mempertahankan bangsa ini. Sekian dulu artikel berikut ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :