Tajuk Rencana

Posted on

Tajuk Rencana – Halo sobat dosenpintar.com selamat berkunjung kembali, sama seperti pada kesempatan sebelum-sebelumnya penulis akan kembali membagikan sebuah artikel masih berkaitan dengan cara penulisan karya ilmiah dan lain sebagainya.

Dan untuk kali ini penulis akan membagikan artikel mengenai tentang Tajuk Rencana yang meliputi Pengertian Tajuk Rencana, Ciri-Ciri Tajuk Rencana, Cara Membuat Tajuk Rencana, Aspek-aspek Penulisan Tajuk Rencana, dan Contoh Tajuk Rencana, untuk pembahasan secara detail dan terlengkapnya, simak artikel berikut sobat.

Tajuk Rencana
Tajuk Rencana

Pengertian Tajuk Rencana

Tajuk rencana adalah suatu ungkapan yang memiliki sifat editorial atau sebagai sebuah pandangan yang besifat pendapat dari suatu media terhadap isu yang akan berkembang di masyarakat sehingga bisa temukan di berbagai media elektronik atau bisa juga pada media cetak koran.

Ciri-Ciri Tajuk Rencana

Berikut merupakan ciri-ciri dari tajuk rencana, antara lain.

  • Topik mempunyai isi berupa opini pribadi dari berbagai redaksi yang akan mengenai sebuah masalah yang hangat dan juga yang diperbincangkan.
  • Topik yang memiliki isi ulasan yang memuat umumnya mempunyai skala yang nasional dan juga yang dapat diterima oleh seluruh bagian kalangan pembaca.

 

Cara Membuat Tajuk Rencana

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan tajuk rencana.

  • Memiliki Ide pokok topik yang dibahas
  • Memiliki beberapa tahapan seleksi dan juga sistem pencarian data yang terkait
  • Memiliki berbagai pembobotan substansi dari berbagai materi dan tesis
  • Memiliki susunan penulisan mengenai tentang tajuk rencana yang selanjutnya di bahas.

 

Aspek-aspek Penulisan Tajuk Rencana

Diantara beberapa aspek penulisan tersebut adalah sebagai berikut ini :

  • Judul : harus menarik, singkat, padat dan mencakup isi seluruh tajuk rencana.
  • Latar belakang masalah : mengenai tentang rencana dan juga editorial yang akan mengetahui sepenuhnya berbagai latar belakang atau berupa faktor-faktor yang akan dapat di bahas mengenai masalah atau beberapa isu-isu yang masih hangat.
  • Tokoh : merupakan objek dari tajuk rencana.
  • Masalah : merupakan suatu persoalan yang  terjadi dan yang menjadi topik menarik untuk di baca.
  • Peristiwa yang dijabarkan : penjabaran dari persoalan sehingga menjadi beberapa paragraf.
  • Opini penulis : bisa berupa lelucon yang diberikan oleh penulis untuk membuat tulisan menjadi lebih menarik.
  • Sumber berita : tempat mendapat informasi yang dijadikan referensi untuk membuat tajuk rencana.
  • Anggota redaksi : anggota yang dimaksudkan untuk mengembangkan tajk rencana
  • Kesimpulan : inti dari tajuk rencana yang dibuat, pesan yang dapat diambil, informasi yang didapatkan dari tajuk rencana tersebut.
Baca Juga :  Contoh Karya Ilmiah

 

Contoh Tajuk Rencana

Berikut merupakan 3 contoh tajuk rencana, antara lain.

Contoh Tajuk Rencana Tentang Singkat

Korupsi Masih Beredar

Di Negara kita ini kasus korupsi masih beredar dimana mana. Siapa yang harus disalahkan ketika rakyat kecil tak dapat berbuat apa apa sedangkan petinggi semakin meninggi.

Bukan rahasia lagi jika Negara kita ini masih belum dapat menangani berbagai korupsi yang terjadi dimana mana.

Bukankah akan tentram negara ini apabila bersih dari korupsi tak semua dipandang dengan mata uang, kita dititipi kemerdekaan, menikmati kemerdekaan dengan keadilan dan kesejahteraan.

Dapat dipertanyakan ketika petinggi duduk dengan santai dimeja kebanggannya, mereka dan kami yang pemberi suara tak mendapat dampak secara langsung, tak ada perubahan yang berarti.

Damailah negeri ini, kita semua kaya sumber daya alam yang berlimpah nikmati semua yang kita punya jangan saling mendahului untuk menunjukkan siapa yang tinggi, dan bekerja secara ikhlas.

Contoh Tajuk Rencana Tentang Pendidikan

Peningkatan Mutu Dalam Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk anak bangsa. Pendidikan yang menentukan kualitas sumber daya manusia sebuah negara. Untuk itu sangat dibutuhkan sebuah peningkatan mutu atas pendidikan.

Peningkatan mutu pendidikan ini dapat dengan memberi fasilitas sekolah yang lebih lengkap, memberikan sistem belajar yang tidak membosankan kepada para pelajar, mengasah kekreatifan dan inovasi pelajar.

Dengan begitu sedikit demi sedikit mutu pendidikan akan meningkat, mengurangi kebosanan dari pelajar merupakan salah satu persoalan yang harus dipecahkan.

Selain itu keefektifan dalam belajar mengajar juga harus diefisienkan, karena akan sia sia waktu belajar yang panjang namun pelajar menganggap itu buka zona mereka, dengan kata lain mereka ada disana namun tidak menikmati apa yang mereka pelajari, maka disini akan terjadi kerugian.

Baca Juga :  Contoh Saran Dalam Makalah

Untuk itu pembelajaran selain dengan fasilitas yang memadai tentunya harus mempunyai sistem pembelajaran yang efektif sehingga tercipta sumber daya manusia yang berkualitas.

Contoh Tajuk Rencana Tentang Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ yang sangat penting dari semua manusia. Semua akan sulit apabila kesehatan mata terganggu, maka dari tu kesehatan mata harus dijaga dari mulai sedini mungkin.

Menjaga mata bisa dengan memakan wortel, menggunakan kaca mata anti rardiasi pada saat akan bekerja di depat layar pc atau laptop, mengistirahatkan mata apabila terlalu lama berhadapan dengan layar elektronik.

Bisa menggunakan cairan antiseptik mata untuk membersihkan mata namun harus sesuai dengan ketentuan pakai, jangan berlebihan dan jangan terlalu sering.

Hindarkan mata dari polusi debu, dan menjaga kesehatan mata ini lebih mudah daripada mengobati apabila telah terjadi gangguan pada mata. Maka sebelum mata terinfeksi harus selalu tetap menjaga kesehatan mata.

Demikianlah artikel mengenai tentang tajuk rencana, semoga bermanfaat dan semoga dapat menambah wawasan kita bersama, sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :