Landasan Teori

Posted on

Landasan Teori – Halo sobat dosenpintar.com apa kabar kalian semua ? semoga selalu baik ya. Dikesempatan kali ini penulis akan membagikan artikel mengenai Landasan teori yang meliputi Pengertian Landasan Teori, Fungsi Landasan, Cara  Menuliskan Landasan Teori, Contoh Landasan Teori, Diskripsi Dan Pengertian, Tingkatan Dan Fokus Teori, Kegunaan Teori Dalam Penelitian, Kesimpulan, Daftar Pustaka selngkapnya dari penulis akan diuraikan sebagai berikut.

Landasan Teori
Landasan Teori

Pengertian Landasan Teori

Landasan Teori adalah suatu konsep berupa pernyataan yang tertata dengan rapi dan secara sistematis yang memiliki variabel dalam penelitian dikarenakan landasan teori akan menjadi landasan yang kuat didalam sebuah penelitian yang akan dilakukan peneliti.

Fungsi Landasan

Berikut merupakan fungsi dari landasan teori dalam sebuah penelitian, antara lain.

  • Menyusun dan juga meringkas pengetahuan dibidang tertentu.
  • Peristiwa yang terjadi diberikan keterangan sementara.
  • Sebagai pengemabangan pengetahuan baru didalam tulisan.

Cara  Menuliskan Landasan Teori

Adapun hal yang dapat kita perhatikan dalam penulisan landasan teori.

  1. Tambahkan semua nama dari teori yang diambil.
  2. Tulisakan tempat dan tanggal.
  3. Sertakan uraian ilmiah dari landasan teori.
  4. Teori yang diambil hendeknya berhubungan dengan topik yang sedang dibahas.

Contoh Landasan Teori

Berikut contoh mengenai landasan teori, sebagai berikut.

Diskripsi Dan Pengertian

Adapun diskripsi dan pengertian ini terbagi menjadi :

Landasan Teori

Hal yang harus dipertimbangkan dalam landasan teori, yaitu:

  1. Nama penulis teori harus selalu disertakan
  2. Tidak lupa tahun dan tempat pertama
  3. Deskripsi dari ilmiah teori
  4. Relevansi teori untuk mencapai tujuan.
Baca Juga :  Norma Kesusilaan : Pengertian, Tujuan, Ciri, Manfaat dan Contohnya

Kerangka Pikir

Kerangka fikir adalah konsep tetang apa saja yang akan dibahas, susunan atas apa saja landasan teori yang akan dicari dan ditambahkan.

Hipotesis

Hipotesis adalah anggapan sementara dari berbagai praduga yang ada yag masih dibutuhkan pembuktian untuk kebenarannya.

 

Tingkatan Dan Fokus Teori

Berikut ulasan mengenai tingkatan dan fokus teori, yaitu.

Tingkatan Teori

Berikut tiga tingkatan teori menurut Neuman, tahun 2003 yaitu :

  • Teori tingkat mikro merupakan ruang yang kecil didalam waktu dan juga tempat yang berurutan sebagai sebuah konsep yang bersifat tidak abstrak.
  • Teori tingkat meso adalah sebuah ruang yang bisa mengukur teori yang menghubungkan beberapa tingkat mikro dan makro dalam tingkat yang dasar.
  • Teori tingkat makro adalah sebuah pernyataan besar bahwa tingkatan operasional lebih besar dari semua jumlah total dengan konsep sistem gerakan sosial.

Fokus Teori

Selain itu juga terdapat pernyataan dari Neuman, tahun 2003 yang membedakan fokus teori yang menjadi tiga bidang diantaranya adalah sebagai berkut ini:

  • Teori Noun adalah sebuah bentuk dari masalah yang dapat dikembangkan untuk tujuan sosial dengan hubungan RAS.
  • Teori formal adalah suatu teori yang bisa dikembangkan untuk melengkapi konseptualisasi yang cukup luas dalam teori umum sebagai alat sosialisasi.
  • Teori ranah adalah dalam bentuk sebuah teori abstrak atau hipotesis empiris yang tertentu sehingga bisa untuk digunakan dalam sosiologi  penyelidikan empiris.

 

Kegunaan Teori Dalam Penelitian

Dalam kaitannya suatu kegiatan penelitian dengan beberapa kegunaan dari landasan teori bisa di dibagi menjadi tiga bagian diantaranya antara lain sebgai berikut:

  • Klarifikasi dan juga pertajam terhadap ruang lingkup atau konstruktor dalam bentuk variabel variabel yang akan diperiksa lagi.
  • Sebagai prediksi dan sebagai panduan dengan menemukan suatu fakta yang diyakini sangat penting untuk ikut serta merumuskan hipotesis dan mengatur beberapa alat penelitian yang di dasari dengan sistem diprediksi.
  • Sebagai kontrol maka hal ini dapat digunakan untuk membantu membahas hasil penelitian dengan cara membuat saran sebagai sarana pemecahan masalah.
Baca Juga :  Contoh Surat Penunjukan

 

Kesimpulan

Dari beberapa yang telah kami uraikan dapat diperoleh bahwa dapat di simpulkan sebuah metode konseptualisasi yang umum dan dasarnya dapat diperoleh melalui jalan yang sudah harus dipertanyakan tentang kebenarannya sehingga memiliki model tentang teori dari berbagai faktor yang telah dianggap menjadi masalah terhadap rumusan masalah pada saat akan melakukan sebuah penelitian yang mungkin akan diajukan.

Jelas sudah bahwa dari landasan teori ini saling memiliki keterkaitan dan tidak bisa diselesaikan dalam sebuah penelitian karena sebuah peneliti perlu untuk memperdalam materi sebagai bentuk panduannya.

 

Daftar Pustaka

Dari ulasan yang telah kita bahas di atas maka di sini juga dapat kita lihat daftar pustaka yang didapat dari landasan teori ini yaitu

  • Karangan dari buku Hadi S. Jonah mengenai tentang Metodologi penelitian regional kontemporer 2010: Yogyakarta.
  • Karangan dari buku Hasan. M Iqbal yang membahas tentang Analisis data penelitian dengan statistik 2014 : Jakarta
  • Karangan yang terdapat didalam buku dari Sugiyono dengan pokok bahasan mengenai tentang Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif 2011 : Bandung

Jadi sekian artikel mengenai Landasan Teori, tentunya dengan artikel ini kita mendapat banyak wawasan baru, dan besar harapan penulis semoga artikel ini banyak manfaatnya bagi kita semua. Dan tentunya penulis mengucapkan terima kasih kepada kalian semua sobat artikel. Pesan kami jangan bosan nantikan artikel terlengkap lainnya yang pasti dengan bahasan menarik lainnya.

Baca Juga :