Contoh Metode Penelitian

Posted on

Contoh Metode Penelitian – Pada artikel sebelumnya kita telah mengulas mengenai Pengertian Metode Penelitian, banyak sekali pilihan langkah untuk memproses sebuah penelitian langkah ini disebut metode, nah jadi kali ini dosenpintar.com akan membagikan artikel mengenai tentang Pengertian Metode Penelitian, Tujuan Metode Penelitian, Macam-Macam Metode Penelitian, dan Contoh Metode Penelitian. Berikut dibawah ini uraian terlengkapnya.

Contoh Metode Penelitian
Contoh Metode Penelitian

Pengertian Metode Penelitian

Metode penelitian adalah langkah yang diambil untuk melakukan sebuah penelitian oleh untuk melakukan investigasi dari hasil pengumpulan data dan informasi. Sebagai gambaran dari suatu rancangan juga merupakan pengertian dari metode penelitian, dan contoh gambarannya seperti berikut: langkah dan prosedur yang akan ditempuh, waktu pelaksanaan penelitian, sumber dimana data dikumpulkan, serta dengan langkah apa data diolah.  

Tujuan Metode Penelitian

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa tujuan dari metode penelitian.

  1. Untuk memperoleh banyak pengetahuan atau penemuan baru.
  2. Untuk membuktikan dan menguji kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada.
  3. Untuk mengembangkan beberapa pengetahuan yang sudah ada.

 

Macam-Macam Metode Penelitian

Terdapat beberapa jenis metode penelitian yang akan uraikan secara ringkas dibawah ini.

  •  Metode Kualitatif

Metode kualitatif merupakan metode riset yang memiliki sifat yang memberikan penjelasan dengan menggunakan metode analisis. Pada saat pelaksanaannya, metode ini juga bersifat subjektif dimana beberapa proses penelitian lebih diperlihatkan dan cenderung lebih fokus pada bagian teori.

  • Metode Kuantitatif

Metode kuantitatif merupakan bentuk penelitian yang prosesnya dilakukan secara sistematis, berurut, dan terperinci. Dan saat dilaksanakan, metode riset ini juga fokus pada metode penggunaan angka, tabel-tabel, bentuk grafik, dan juga diagram untuk menampilkan beberapa hasil data/ informasi yang diperoleh.

  • Metode Survei

Metode survei ialah sebuah metode yang difungsikan untuk mendapatkan hasil riset dalam bentuk sebuah ungkapan pendapat dari orang lain yang berinteraksi secara langsung dengan objek yang diamati. Tujuan utama dari jenis metode ini juga untuk memperoleh gambaran yang umum melalui beberapa sampel dari beberapa orang.

  • Metode Ekspos Facto

Metode Ekspos Facto yaitu metode  yang melakukan proses riset untuk meneliti bentuk hubungan sebab-akibat dari sebuah peristiwa.  Sebab-akibat tersebut memiliki keterkaitan yang akan ada kemungkinan ditemukan indikator baru dalam proses riset.

  • Metode Deskriptif

Metode deskriptif merupakan bentuk metode riset yang memiliki tujuan untuk menjelaskan sebuah peristiwa yang sedang terjadi pada masa sekarang dan masa lampau. Dan metode ini dibagi menjadi dua, yaitu Longitudinal (sepanjang waktu) dan Cross Sectional (waktu tertentu).

Baca Juga :  Pengertian Artikel Ilmiah

 

Contoh Metode Penelitian

Dibawah ini merupakan beberapa contoh karya yang membutuhkan metode penelitian dalam proses penyusunannya, sebagai berikut.

  • Contoh Penulisan Metode Penelitian Skripsi

Skirpsi ialah suatu karya yang sangat berarti bagi mahasiswa S1 semester akhir. skripsi di kenal sebagai salah satu syarat supaya lulus dari pendidikan jenjang S1 yang banyak sekali menjadi beban tersendiri selama bertahun-tahun menempuh pendidikan S1 di berbagai perguruan tinggi. Nah, sebagai salah satu karya tulis yang bersifat ilmiah, maka skripsi juga membutuhkan yang namanya metode penelitian sehingga bisa di pertanggung jawabkan.

Dalam hal ini tidak ada aturan yang harus menggunakan jenis metode penelitian untuk penulisan skripsi. Namun tidak lepas dari metode  kualitatif dan kuantitatif. Pada kenyataan nya metode yang dipilih atau dipakai merupakan kebijakan tersendiri dari kampus.

Selain kedua metode yang telah disebut  metode deskriptif analitis juga sering digunakan.

  • Contoh Penulisan Metode Penelitian Makalah

Dalam hal ini pembuatan makalah juga dibutuhkan pengaplikasian metode penelitian.

Di dalamnya dapat menggunakan metode penelitian dengan metode kualitatif maupun metode kuantitatif. Umumnya menggunakan metode kualitatif.

Selain menerapkan metode kualitatif, pembuatan makalah juga bisa menggunakan metode deskriptif dan eksperimen. Dan jika yang akan dibahas mengenai masalah sosial bisa digunakan metode penelitian sosial.

  • Contoh Penulisan Metode Penelitian Kualitatif

Pada dasarnya, metode penelitian kualitatif memiliki sifat riset dan juga analisa. Dengan beberapa analisa yang akan di lakukan secara mendalam, akhirnya bisa kita pahami dan di ambil uraian penting tentang sebuah kejadian atau masalah sosial di masyarakat. Selain itu, pemahaman mengenai topik yang di angkat dapat di peroleh secara luas dan lebih detail dengan menggunakan metode tersebut.

  • Contoh Penulisan Metode Penelitian Karya Ilmiah

Karya ilmiah ini sangat banyak, mulai dari makalah, essay, skripsi, tesis da disertasi yang ketiganya adalah syarat untuk lulus dari suatu perguruan tinggi juga merupakan karya ilmiah. Karya ilmiah secara umum juga tidak lepas dari metode kuantitatif dan kualitatif.

Baca Juga :  Manfaat Batu Bara

Dan untuk metode khususnya menggunakan metode eksperimen, deskriptif, hingga komparatif.

Metode eksperimen adalah metode penelitian dengan melakukan berbagai percobaan, Metode deskriptif adalah metode penelitian dimana penelitian dilakukan lebih deskriptif dengan penjelasan yang detail dan rinci, Komparatif adalah jenis metode dengan melakukan perbandingan atas beberapa fenomena.

Nah jadi sekian uraian artikel kali ini yang mengenai tentang Contoh Metode Penelitian, semoga bisa menjadi referensi kalian saat akan melakukan penelitian dan sampai jumpa lagi diartikel berikutnya.

Baca Juga :