Ukuran KTP di Word & Photoshop

Posted on

Ukuran KTP di Word & Photoshop – Halo sobat dari dosenpintar.com di dalam artikel ini akan bersama kita bahas mengenai tentang Ukuran KTP di Word & Photoshop. Tentu ini akan sangat membantu bukan, nah jika sobat penasaran bisa langsung saja sobat simak pembahasannya berikut dibawah ini.

Ukuran KTP
Ukuran KTP

Ukuran KTP di Indonesia

SATUAN E-KTP KTP Lama
Ukuran KTP dalam MM 85,60 x 53,98 mm 85,60 x 53,98 mm
Ukuran KTP dalam CM 8,56 x 5,39 cm 8,56 x 5,39 cm
Ukuran KTP dalam Inci 2,12 x 3,38 inch 2,12 x 3,38 inch
Ukuran KTP dalam Pixel 323 x 204 px 323 x 204 px
KETEBALAN 0,76 – 1 mm

Ukuran E-KTP di Indonesia sudah ditetapkan dan diatur sesuai standar National ID Card pada keluaran ISO (International Standar Organization) 7810 (ID-1).

Menurut Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk ukuran KTP elektronik di Indonesia ialah 85,60 x 53,98 mm yang dimana terdiri dari 7 layer atau lapisan dengan berbahan dasar PET-G (Polyethylene terephthalate Glycol).

Di dalam e-KTP terdapat sebuah teknologi biometrics dan kartu chip dengan berbasis mikroprosessor yang bisa menyimpan data pemilik Kt, photo, tanda tangan dan juga dengan sidik jari. Interface dari kumpulan chip ini telah dibuat sesuai dengan penggunaan standar ISO 1443 A/B.

Begitupun denga ktp lama yang kini masih digunakan untuk sebuah keperluan kartu tanda penduduk sementara. Ukuran ktp lama dan juga elektronik adalah hal yang sama (tertera pada tabel).

Ukuran Kartu Lain di Indonesia

Beberapa jenis kartu yang seperti kartu SIM (Surat Ijin Mengemudi), kartu ATM, pada kartu kredit, kartu BPJS, pada kartu NPWP, kartu pelajar atau mahasiswa dan yang lainnya.

Baca Juga :  Buku Mimpi 2D Abjad

Memiliki ukuran yang juga sama dengan KTP, karena kartu yang disebutka diatas sama-sama berpatokan pada ISO 7810 (ID-1). Dengan ukuran yang sebagai berikut.

Satuan Ukuran Ukuran
mm (milimeter) 85,60 x 53,98 mm
cm (centimeter) 8,56 x 5,39 cm
in (inch) 2,12 x 3,38 in

Standar Ukuran Kartu Menurut ISO

Setiap negara tidakdiharuskan dan tidak  diperkenankan menentukan ukuran kartu tanda penduduknya sebab ukuran-ukuran yang tersebut sudah di atur oleh ISO (International Standard Organtization) dan juga berlaku secara global.

Kartu Identitas yang benar didalamnya termasuk National Identity Card (KTP), Driving License (SIM), dari Bank Card (Kartu ATM, Kartu Kredit), pada SIM Card (untuk handphone), dan yang lainnya, telah diatur dalam ISO/IEC 7810.

ISO/IEC 7810 ini juga terbagi menjadi 4 ukuran standar, yaitu pada:

JENIS UKURAN KEGUNAAN
ID-1 85.60 × 53.98 mm §  Kartu Debit atau untuk Kredit Bank

§  Kartu Identitas Nasional (ID Card)

ID-2 105 × 74 mm §  Kartu Identitas Negara  luar seperti Perancis, Jerman dan beberapa negara lain

§  Kartu VISA

ID-3 125 × 88 mm §  Paspor
ID-000 25 × 15 mm §  Kartu SIM dari handphone dengan sudut yang terpotong di satu sisinya.

Cara Print Bolak Balik Ukuran KTP di Word

Mencetak gambar KTP dengan bolak balik dianggap sulit untuk pada  sebagian orang. Oleh karena itu pada bab kali ini akan mudah dijelaskan step by step nya secara detail dan juga mudah.

Tutorial yang di jalankan di Microsoft Word 2013, namun bisa dilakukan juga di versi lain seperti pada 2003, 2007, 2010, 2016 dan 365.

Langkah 1:

Pilih menu Insert, lalu sobat pilih menu Picture.

Langkah 2:

Pilih hasil scan/foto ktp yang ingin sobat cetak (Kondisi image harus sudah ter crop dengan secara rapi). Klik Insert untuk bisa memasukkan image ke halaman Word.

Langkah 3:

Klik kanan tepat pada gambar KTP, lalu sobat pilih menu Size and Position.

Langkah 4:

Pada kolom tinggi dengan masukkan angka 5.398 cm, sedangkan yang ada di kolom lebar masukkan juga angka 8.56 cm. Klik OK jika sudah.

NB: Jika settingan Word sobat menggunakan Bahasa Indonesia, maka bisa ganti titik menjadi koma pada saat  akan memasukkan angka. Misalnya 5,398 cm dan 8,56 cm.

Langkah 5:

Klik kanan yang ada pada gambar KTP, lalu sobat pilih Wrap Text dan jangan lupa Klik pada pilihan In Front of Text.

Langkah 6:

Klik gambar KTP, yaitu pilih menu Format. Selanjutnya sobat Klik Colors dan juga pilih warna Grayscale, supaya dari hasil print nanti seperti fotocopy.

Langkah 7:

Atur posisi gambar KTP. asaupsys lebih rapi dan bisa mengaktifkan fitur Gridlines.

Langkah 8:

Jika dirasa sudah pas, lanjutkan dengan cara Klik menu File dan pilih Print. Lalu sobat Klik ikon printer untuk mulai mencetak dokumen.

Langkah 9:

Setelah sisi KTP dari belakang tercetak, kembali ke dokumen Word. Sekarang sobat masukkan gambar KTP untuk bagian depan. Pengaturan ukuran serta peraturan warna sama dengan sisi belakang.

Langkah 10:

Supaya nanti di dapat hasil cetak pas, tumpuk saja dalam gambar KTP bagian belakang dengan KTP yang menjadi bagian depan. Pastikan sisi KTP yang Belakang tidak tampak lagi.

Langkah 11:

Sebelum mencetak sisi depan dari KTP, kita harus memutar terlebih dulu hasil cetak sisi belakang KTP. Sehingga pada bagian atas menjadi bawah dan juga begitupun sebaliknya.

Selanjutnya sobat balik kertas, sehingga dalam bagian belakang yang menjadi kosong menjadi di depan. Baru setelah itu masukkan kembali selembar kertas ke mesin printer. Cetak dengan settingan yang juga sama seperti pada sisi bagian belakang KTP.

Sekian artikel ini dengan pembahasan mengenai tentang Ukuran KTP di Word & Photoshop. Semoga bermanfaat dan bisa digunakan dengan semestinya dan dapat mempermudah semua pekerjaan sobat.

Baca Juga :