Makan Adalah

Posted on

Makan Adalah – Setiap makhluk hidup dimuka bumi ini membutuhkan asupan bukan, nah asupan ini dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi berbagai jenis makanan. Nah disini yang menjadi pertanyaan, apa itu makan ? Kita semua bisa makan, namun jika ditelaah berdasarkan berbagai pendapat apa itu makan.

Jadi pada kesempatan ini dosenpintar.com akan membagikan sebuah artikel mengenai tentang makan, yang meliputi Pengertian Makan Secara Umum, Pengertian Makanan Menurut Para Ahli, Fungsi Makanan, Zat Yang Terkandung Dalam Makanan dan Contoh Makanan. Selengkapnya mari sobat simak artikel berikut dibawah ini.

Makan Adalah
Makan Adalah

Pengertian Makan Secara Umum

Makan adalah kegiatan dimana makhluk hidup mengonsumsi berbagai jenis asupan sehingga dapat memperoleh berbagai manfaat seperti gizi, enegi, vitamin dan kesehatan yang merupakan hasil dari apa yang kita makan.

Pengertian Makanan Menurut Para Ahli

Berdasarkan dari pendapat para ahli berikut merupakan pengertian makanan antara lain.

  • Menurut Hulme

Makanan sehat ialah jenis makanan di dalam arti yang sesungguhnyajuga mampu menikmati makanan itu. Makanan yang sehat ini harus dapat terdiri dari berbagai makanan utama dan juga sekunder. Makanan yang sehat juga dapat dikenal sebagai 4 sehat dan 5 sempurna.

  • Menurut Prasetyono

Makan sehat itu terdiri dari mengumpulkan berbagai macam makanan yang seimbang sehingga segala kebutuhan serta nutrisi pada tubuh dapat terpenuhi dan secara fisik dan juga mental yang nyata.

  • Menurut Wikipedia

Makanan adalah sebuah zat yang yang dimakan oleh makhluk hidup dan mengandung nutrisi.

  • Menurut KBBI

Makanan menurut KBBI ialah sesuatu yang dapat dikonsumsi (seperti bahan penganan dan lauk-pauk) serta semua bahan yang telah kita makan akan membentuk jaringan tubuh, memberikan sumber tenaga dan mengatur semua proses di dalam tubuh.

Baca Juga :  Pengertian Administrasi, Unsur, Jenis dan Fungsi

Fungsi Makanan

Adapun beberapa poin mengenai fungsi dari makanan adalah sebagai berikut ini.

  1. Penyedia Energi atau Bahan Bakar

Zat-zat makanan yang telah melalui serangkaian proses dari pencernaan yang ada di dalam tubuh dapat menghasilkan sebuah energi dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk mampu beraktivitas. Jika tidak ada energi kita tidak mampu melakukan semua kegiatan sehari-hari seperti misalnya bekerja, belajar, olahraga dan berbagai kegiatan lainnya.

  1. Pertumbuhan Serta Pembangunan Tubuh

Pertumbuhan serta pembangunan tubuh ini dimulai sejak kita lahir serta dengan berlangsung selama semasa kita hidup. Bahan untuk jalan pertumbuhan dapat jadi tenaga yang berasal dari makanan yang telah kita konsumsi dari sehari-hari.

  1. Pemeliharaan Jaringan serta Perbaikan Jaringan Tubuh (regenerasi)

Untuk dapat dan mampu melakukan fungsi tubuh dengan cara normal sangat tergantung kepada kesehatan serta jaringan-jaringan yang ada. Apabila jaringan rusak dan kain usang jaringan yang rusak ini harus tetap dikembalikan dengan makanan untuk dapat membuat jaringan tersebut bekerja secara optimal.

  1. Pengaturan Proses-Proses Tubuh

Didalam tubuh makhluk, khususnya manusia banyak sekali berbagai proses yang dapat terjadi. Di sini ada makanan yang berperan dalam sebuah pengaturan metabolisme dan juga keseimbangan cairan dari tubuh dengan berbagai unsur-unsur yang telah terkandung di dalamnya.

  1. Pertahanan Tubuh Terhadap

    Penyakit (antibodi)

Vitamin yaitu sebagai bentuk salah satu unsur yang terkandung di dalam makanan melakukan berbagai  fungsi untuk dapat mempertahankan kekebalan dan di karenakan kekurangan dari salah satu vitamin yang terkandung di dalam makanan yang dapat menyebabkan sumber penyakit.

Zat Yang Terkandung Dalam Makanan

Adapun beberapa zat yang terkandung di dalam makanan terbagi menjadi beberapa bagian berikut ini.

  1. Karbohidrat

Fungsi karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat ini memainkan peran yang sangat penting dalam metabolisme, untuk menjaga keseimbangan asam dan juga basa, membentuk berbagai struktur sel, jaringan, serta organ, dan dapat membantu pencernaan makanan pada saluran pencernaan. Sumber dari karbohidrat ini termasuk sereal (beras, gandum, jagung), berbagai jenis umbi-umbian (singkong, ubi, kentang), tepung serta sagu.

  1. Lemak

Lemak mempunyai fungsi yang  penting bagi tubuh kita. Lemak tidak hanya sumber energi, namun juga sebagai komponen membran sel, pelarut vitamin A, D, E serta K dan itu merupakan cadangan berbagai makanan bagi tubuh. Lemak dapat diperoleh dari berbagai tumbuhan serta hewan. Beberapa dari makanan yang akan mengandung banyaknya lemak termasuk jenis kacang-kacangan, ada juga minyak goreng, daging, serta susu.

  1. Protein

Protein ini  diperoleh dari berbagai bagian pada hewan seperti daging, susu, ikan, telur, ada juga keju. Sedangkan protein nabati dari sereal.

  1. Vitamin

Vitamin ini dapat berfungsi sebagai ko-enzim, ko-enzim ini merupakan sebuah zat yang memacu sumber bekerjanya suatu enzim. vitamin ada yang telah larut dalam lemak dan juga tidak larut dalam lemak.

Contoh Makanan

Beikut ini merupakan contoh dari berbagai makanan yang umum sobat ketahui, antara lain.

  1. Makanan Pokok

Pada makanan pokok mengandung banyak unsur karbohidrat. Misalnya pada nasi, jagung, roti, singkong serta sagu. Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh manusia sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas. Maka dari itu kita hasus mengonsumsi makanan pokok.

  1. Lauk Pauk

Lauk pauk ini mengandung banyak protein serta lemak yang akan digunakan untuk membangun tumbuh tubuh dan juga mengganti sel-sel yang akan rusak. Contoh yang telah termasuk di dalam lauk adalah pada daging, ikan, ayam, telur, tempe, tahu dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Sayur dan Buah

Sayuran serta buah-buahan ini mengandung banyak vitamin serta mineral. Vitamin dan juga mineral ini sangat dibutuhka tubuh untuk menjaga tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit dan menahan kekebalan tubuh. Seperti bayam, wortel, jeruk, dan lainsebagainya.

Demikianlah artikel mengenai tentang makan, dengan makan maka tubuh kita akan mendapat energi dan berbagai manfaat lainnya. Jaga kesehatan dan selalu makan teratur. Sekian dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Baca Juga :