Contoh Perubahan Sosial

Posted on

Contoh Perubahan Sosial  – Halo sobat dosenpintar.com kembali lagi penulis akan membagikan sebuah artikel terbaru, supaya kita semua selalu dapat menambah pengetahuan. Dan pada kesempatan ini penulis akan membagikan artikel mengenai tentang Contoh Perubahan Sosial yang meliputi Pengertian Perubahan Sosial, Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial, Ciri-Ciri Perubahan Sosial dan Contoh Perubahan Sosial, untuk itu mari sobat simak artikel berikut ini.

Contoh Perubahan Sosial
Contoh Perubahan Sosial

Pengertian Perubahan Sosial

Perubahan Sosial merupakan salah satu dari kajian sosiologi yang sangat dinamis, hal ini terjadi dikarenakan adanya perubahan selalu terjadi dan juga terkadang tidak dapat dihindari. Perubahan sosial ini berbeda dengan perubahan yang lain. Yang membedakan perubahan sosial dengan jenis perubahan lainnya ialah perubahan sosial ini lebih menekankan perubahan pada aspek kultural dan budaya serta dari aspek struktural atau struktur masyarakat, dan mempunyai dampak terhadap kehidupan bersosial.

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

Adapunbentuk dari perubahan sosial ini terbagi mejadi beberapa bagian, yaitu antara lain.

  • Perubahan Struktural

    Bentuk dari perubahan struktural ini terjadi secara mendasar dengan berbagai akibat adanya bentuk reorganisasi dari tatanan masyarakat. Seperti pada perubahan sistem tatanan pemerintah yang semula dengan bentuk kerajaan sekarang menjadi republik.

  • Perubahan Kecil

    Bentuk dari perubahan kecil ini terjadi di dalam unsur struktur sosial yang tidak selalu memberi pengaruh secara langsung. Seperti contohnya perubahan pada gaya rambut, gaya berpakaianan, bentuk dari rumah, dan lain sebagainya.

  • Perubahan Besar

    Bentuk perubahan besar dapat memberi berbagai pengaruh dengan secara langsung di dalam struktur kemasyarakatan. Contohnya perubahan pada masyarakat yang semula agraris kemudian menjadi industrialisasi. Perubahan dapat memberi berbagai dampak besar di dalam aspek mata pencarian dan juga jumlah kepadatan penduduk.

 

Ciri-Ciri Perubahan Sosial

Untuk ciri ciri dari perubahan sosial ini dapat sobat pehami ulasan dibawah ini, antara lain.

  • Terjadi Dimana-mana

    Perubahan sosial umum terjadi di mana saja dan mulai dari masyarakat di desa hingga masyarakat kota, meski demikian dengan tingkat pada perubahan yang dapat berbeda antara di suatu tempat dan tempat yang lain. Masyarakat tradisional melalui perubahan yang berlangsung dengan lambat. Sedangkan pada masyarakat modern lebih cenderung cepat.

  • Dilakukan Secara Sengaja

    Perubahan sosial ini dilakukan dengan cara sengaja, walau terkadang terdapat perubahan yang berlangsung sedemikian rupa dengan tidak sengaja. Misalnya contoh produsen pada kendaraan bermotor akan mengembangkan berbagai inovasi kendaraan supaya dapat digunakan untuk berbagai transportasi yang akan lebih baik dan juga lebih cepat.

    Namun, masyarakat tidak dapat membayangkan apabila hasil dai perubahan tersebut mempunyai dampak bagi unsur yang lain.

  • Berkelanjutan

    Sebuah perubahan sosial ini berlangsung dengan cara berkelanjutan. Hal ini dapat menjelaskan masyarakat akan selalu dapat berubah, baik cepat maupun lambat. Dimana pada perubahan akan terjadi sebagai konsekuensi mendasar karena mempunyai sifat manusia yang terlahir sebagai para makhluk sosial.

  • Imitatif

    Imitatif atau disebut perubahan di dalam masyarakat yang berlangsung dengan mengikuti perubahan masyarakat yang lain. Hal ini terjadi lantaran setiap kelompok di dalam masyarakat saling mempunyai pengaruh. Antara satu kelompok masyarakat maupun tidak dapat memisahkan atau juga mengisolir diri. Contoh perubahan di dalam gaya dalam berbusana, dari potongan rambut, dan pada desain rumah.

  • Hubungan Kausalitas

    Perubahan sosial dapat terjadi karena berbagai aspek material dan immaterial dengan hubungan yang timbal balik.

 

Contoh Perubahan Sosial

Untuk perubahan sosial terbagi menjadi beberapa contoh, antara lain sebagai berikut.

  • Pertanian

    Pada sektor pertanian terjadi perubahan sosial pada bidang teknologi dan masuknya berbagai jenis pupuk.

  • Kejahatan Siber

    Dengan teknologi yang semakinmaju informasi sangat mudah didapat dan salah satu kejahatannya seperti cyber crime seperti pada pembajakan akun, pada online bullying dan juga pembobolan website.

  • Musik

    Bidang musik tentu akan menjadi contoh perubahan sosial bidang budaya. Dulu pada musik daerah mungkin akan cukup populer dan juga masih banyak untuk diputar, kini ada pengaruh musik western banyak juga yang masuk sehingga jenis musik pop, ada rock, juga hip hop dan juga electro dance music (EDM) yang semakin populer juga.

  • Ekonomi

    Perubahan sosial budaya juga untuk mempengaruhi pada sektor ekonomi. Contoh masyarakat lebih untuk menggemari produk dari impor pada banding dari produk-produk di dalam negeri. Selain itu ada tren liburan menuju luar negeri dan banyak juga yang terjadi pada kalangan masyarakat dengan sektor ekonomi pada kelas menengah ke bagian atas.

  • Budaya Barat

    Pengaruh dari globalisasi juga dengan banyak menyebabkan perubahan sosial yang menjadi lebih pada kebarat-baratan atau juga dikenal dengan istilah pada westernisasi. Hal ini bisa dilihat di berbagai sektor yang di mulai dari musik , fashion, lifestyle, dan juga film.

  • Kesenian

    Perubahan sosial pada sektor kesenian, sudah banyak kesenian lokal yang malah ditinggalkan. Hal ini juga dapat mendorong dengan berbagai masuknya pada kesenian luar negeri yang akan dianggap lebih modern. Contoh masuknya tari ballet.

  • Industri

    Sektor industri banyak mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya teknologi yang ada. Contohnya revolusi industri. Adanya produktivitas industri yang meningkat dan ada juga ketimpangan sosial yang terjadi.

  • Pola Pikir

    Pada pola pikir terjadi perubahan sosial yang spesifik, dengan berkembangnya sumber iformasi yang membuat pemikiran masyarakat untuk lebih kritis.

  • Bahasa

    Perubahan yang terjadi dengan bahasa ialah masuknya bahasa yang disebut dengan bahasa gaul, atau dengan bahasa Indonesia yang dikombinasi dengan bahasa asing.

  • Permainan

    Dahulu anak-anak sering untuk memainkan aneka dari permainan tradisional dan juga berinteraksi dengan langsung. Dan perubahannya kini anak-anak akan lebih suka dengan berbagai permainan modern misal konsol pada video game dan game online.

  • Transportasi

    Pada sektor transportasi dulu orang bepergian dengan para hewan, tetapi kini terdapat banyak kendaraan yang dapat digunakan. Selain itu pada era digital juga terdapat inovasi dari transportasi online sehingga  memperbanyak ragam jenis kendaraan.

  • Kepercayaan

    Dulu masyarakat lebih mempercayai hal mistis, namun sekarang masyarakat telah mempunyai kepercayaan masing masing.

  • Cara Berpakaian

    Pada zaman dahulu cara berpakaian begiu begitu saja yang berbeda pada masa sekarang dimana setiap hari akan dapat tren fashion terbaru.

  • Komunikasi

    Zaman dahulu orang menggunakan media surat yang dikirim post yang harus menunggu waktu berhari hari untuk sampai tujuan, namun sekarang banyak pilihan alat komunikasi seperti email, whattapp dan lain sebagainya.

  • Model Rambut

    Gaya rambut yang pada masa sekarang dengan berbagai model mengikuti para idola dengan berbagai pilihan warna.

  • Gaya Hidup

    Dengan mengikuti perkembangan zaman, gaya hidup dimulai dari fashion, makanan, wisata, pendidikan dan lain sebagainya.

  • Emansipasi Wanita

    Pada masa dulu wanita hanya akan bekerja dan berhenti ketika menjadi ibu rumah tangga, namun pada masa emansipasi wanita ini, para wanita bebas menentukan pilihan mereka bisa menjadi wanita karir namun harus memenuhi kewajiban sebagai seorag ibu rumah tangga.

  • Pendidikan

    Contoh perubahan sosial budaya pada bidang pendidikan ini terjadi karena terdapat kemajuan teknologi. Kini sistem pengajaran dapat dilakukan melalui dari berbagai media cara pembelajaran seperti dengan video dan melalui online. Banyak pula ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh dari internet.

Demikianlah artikel mengenai tentang Contoh Perubahan Sosial, dengan penulis membagikan artikel ini, penulis berharap artikel ini dapat menjadi referensi sebagai bacaan yang sobat nantikan dan semoga dapat memberikan berbagai manfaat.

Baca Juga :

Baca Juga :  Pengertian Koordinasi