Pengertian Budi Pekerti

Posted on

Pengertian Budi Pekerti – Sering kali kita mendengar kalimat kita harus memiliki budi pekerti yang baik, nah kalian tahu tidak makna dari budi pekerti yang sering dengar itu ? Jangan bingung dosenpintar.com akan memberi solusi, karena kali ini author akan membagikan artikel mengenai Pengertian Budi Pekerti. Silakan baca artikel dibawah ini teman-teman.

Pengertian Budi Pekerti
Pengertian Budi Pekerti
 

Pengertian Budi Pekerti

Menurut istilah dari bahasa Jawa Budi Pekerti memiliki arti yaitu Budi yang berarti fikir sedangkan pekerti yang berarti perbuatan. Jadi dapat disimpulkan bahwa budi pekerti adalah sikap dan prilaku individu, keluarga, ataupun masyarakat yeng saling berkaitan dengan etika dan nilai norma.

Berbeda dengan bahasa Jawa terminologi menyatakan bahwa budi pekerti merupakan nilai prilaku manusia yang dapat diukur atau dinilai dari kebaikan atau keburukan lewat penilaian berdasarkan ukuran norma hukum, tata krama, agama, budaya dan adat istiadat atau norma sopan santun dalam masyarakat.

Kesimpulannya budi pekerti dapat diartikan sebagai sebuah usaha peningkatan, pemeliharaan, pengembangan,  pembentukan, serta perbaikan dalam bertingkah laku pada setiap individu dengan tujuan dapat menjalankan peran hidupnya dengan seimbang, selaras dan serasi antara spiritual, jasmani-rohani, lahir-batin dan individu-sosial.
 

Pengertian Budi Pekerti Menurut Para Ahli

  • Ki Sugeng Subagya (2010)

    Budi pekerti Menurut Ki Sugeng Subagya merupakan tindakan yang terbimbing oleh fikiran, tindakan dari realisasi fikiran sendiri, dan tindakan yang dikendalikan oleh fikiran.

  • Haidar (2004)

    Hidar berpendapat Budi pekerti ini merupakan upaya sadar yang telah melakukan serta upaya menanamkan atau juga mengiternalkan nilai moral dalam berprilaku dan bersikap dengan tujuan memiliki prilaku yang baik dan luhur untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk berpasrah dan menyembah tuhan, atau berhadapan dengan manusia serta beradaptasi dengan alam sekitar.

 

Tujuan Budi Pekerti

Tujuan dari budi pekerti adalah mengaplikasikan dan mengembangkan semua prilaku, nilai, dan tentu juga sikap individu dalam melancarkan pengaplikasian akhlak yang baik dan mulia serta budi pekerti yang luhur. Selain itu budi pekerti juga membentuk moral yang baik pada setiap individu, untuk memiliki kepribadian yang bagus, dapat menghormati orang lain, tidak egois, punya nilai religius, dan tidak merasa paling benar sendiri.
 

Manfaat Budi Pekerti

Banyak sekali efek yang didapat dari pengaplikasian budi pekerti ini, mulai dari hal kecil hingga ke hal besar, contohnya:

  1. Meningkatkan mutu seorang individu dengan penanaman nilai moral yang baik sehingga menciptakan SDM yang unggul.
  2. Sebagai dasar imlu untuk tahu batasan seorang individu dalam menghadapi era yang begitu kompleks.
  3. Nilai religius yang dianggap penting tanpa pengabaian, lebih taat kepada sang pencipta.
  4. Menampilkan karismatik yang dianggap nilai plus dari seorang individu.

 

Macam-Macam Budi Pekerti Beserta Contoh

Sikap Terhadap Tuhan

Sebagai makhluk ciptaan tuhan,sudah kewajiban kita untuk taat kepadanya. Dengan cara mempercayai iman, kita harus menjalankan perintah dan menjauhi larangan sang pencipta. Tuhan pasti bersama orang-orang yang beriman dan akan selalu mendengarkan semua pinta hambanya.

Sikap Terhadap Sesama Manusia

  1. Sikap Penghargaan Terhadap Setiap Manusia
    Diwujudkan dalam bentuk tidak membedakan setiap manusia, saling menghargai satu sama lain dan saling mendukung dalam kebaikan.
  2. Penghargaan Terhadap Perempuan
    Dapat direalisasikan dengan tidak merendahkan derajat perempuan, memberikan kesempatan yang sama dengan laki-laki. Karena di era sekarang sukses tidak hanya berlaku pada laki-laki saja.
  3. Menghargai Pendapat dan Mau Berinteraksi dengan Orang Lain
    Kita semua memiliki kesempatan untuk berpendapat dan sudah pasti pendapatnya berbeda. Dengan perbedaan ini kita harus saling menghargai mau saling bertukar saran, berinteraksi dengan sesama.
  4. Sikap Tenggang Rasa, Adil, Sopan dan Ramah
    Tunjukan sikap diatas pada saat berinteraksi dengan semua orang tanpa membedakan ras, status, atau jabatan karena itu menunjukan kepribadian seorang individu.
  5. Sikap Demokratis
    Pengaplikasian sikap demokratis adalah sikap yang tidak diskriminatif, selalu bersosial dan mencintai persatuan dan kesatuan.
  6. Penghormatan Terhadap Sexualitas dan Hidup Berkeluarga
    Ini sangat penting bagi para remaja agar menerapkan nilai ini sesuai ketentuan tanpa salah pengaplikasian.
  7. Sikap Berbangsa dan Cinta Tanah Air
    Diwujudkan dengan ikut serta mempertahankan kemerdekaan, menjadi generasi yang baik untuk bangsa, menjadi salah satu individu yang berjuang untuk berusaha memajukan bangsa dan negara tercinta ini.
  8. Nilai Adat dan Aturan Sopan Santun
    Nilai adat yang kita dapat secara turun temurun, sedangkan sopan santun nilai yang telah diajarkan oleh kedua orang tua kita sedari kecil yang mencerminkan kualitas seorang individu.

Sikap Terhadap Diri Sendiri

  1. Sikap Jujur dan Terbuka
    Harus selalu bersikap jujur dan terbuka dalam segala hal karena budi pekerti salah satunya adalah dengan selalu bersikap terbuka dan jujur.
  2. Beberapa Sikap Pengembangan Sebagai Pribadi Manusia
    Bisa diterapkan dengan disiplin waktu, lebih banyak belajar, memasang target pencapaian, menghindari kegiatan negatif kesimpulannya bagaimana cara agar kita menjadi pribadi yang lebih bermanfaat dari sebelumnya.
  3. Daya Juang dan Penguasaan Diri.
    Bagaimana kita berjuang mencapai cita-cita. Dan bagaimana kita menguasai diri agar terhindar dari hal negatif.
  4. Kebebasan dan Tanggung Jawab
    Setiap individu bebas berbuat apapun asal  tidak melanggar aturan namun tetap bagaimana kita bisa berlaku bebas namun juga harus bertanggung jawab.

Sikap Penghargaan Terhadap Alam

Dapat kita realisasikan dengan menjaga lingkungan sekitar, menanam pohon di tempat yang berpolusi tinggi, menjaga tanaman disekitar, dan hindari hal yang merusak alam karena pada akhir dampaknya akan kembali menyusahkan manusia.

Jadi itulah artikel mengenai pengertian Budi Pekerti, semoga kita semua termasuk pada golongan manusia yang berbudi pekerti baik. Salam baca semoga selalu bermanfaat.

Baca Juga :

 

Baca Juga :  √Tokoh Perintis Sosiologi : Aguste Comte, Karl Marx, Emile Durkheim, Max weber