Arti Alhamdulillah

Posted on

Arti Alhamdulillah – Assalamualaikum sobat dosenpintar.com penulis kali ini akan berbagi sebuah artikel yang membahas tentang Arti Alhamdulillah. Bersyukur itu memang sangat penting dan wajib. Nah untuk pembahasan terlengkapnya ini bisa langsung saja sobat simak sebagai berikut dibawah ini.

Arti Alhamdulillah
Arti Alhamdulillah

Pengertian Alhamdulilah

Kalimat ini telah diserap ke dalam bahasa Indonesia dan memang sudah ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Arti dari kalimat alhamdulillah dalam sebagai berikut :

  • Menurut Dr. Amir Faishol Fath Kalimat “Al” merupakan bentuk ungkapan pujian hanya milik Allah SWT
  • Sebagai ungkapan pujian kepada Allah SWT sebagai rangkaian dzikir yang berbunyi (Subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar) yang dibaca selesai shalat.
  • Kemudian yang kedua merupakan ungkapan pujian yang menyatakan rasa syukur karena diberikan karunia oleh Allah SWT.

Dalam pengertian dari Kamu Besar Bahasa Indonesia, alhamdulillah yaitu ialah partikel yang ditandai dengan kode p, dan merupakan istilah yang ada dalam laras Islam (ditandai kode: Isl). Inti artinya yaitu adalah segala puji bagi allah.

Arti Alhamdulillah 

Kalimat Alhamdulillah telah disebutkan sebanyak 22 kali di dalam kitab suci al Qur’an, beberapa diantaranya ada di dalam surat : Al Fatihah/1:1, Al Yunus/10:10 dan An’am/6:45.

Alhamdulillah (اَلْحَمْدُلِلّهِ) yang berarti “Segala Puji Bagi Allah”.

Sedangkan Arti dari Alhamdu Lillahi Robbil ‘Alamin (الْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن ) yang berarti “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”.

Adapun dalam penggunaannya, kalimat tersebut sering kita ucapakan seperti ayat kedua dalam surat Al-Fatihah  ‘Alhamdu lillahi Robbil ‘Alamin’. kemudian apa arti dari kalimat tersebut, Arti dari Alhamdu Lillahi Robbil ‘Alamin adalah ‘Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam’

Bersyukur ini bisa kita ucapkan dalam hati atau dengan pelafalan yang merupakan tanda bahwa kita senantiasa mengingat Allah SWT dalam keadaan senang maupun susah. Karena setiap yang terjadi dalam hidup merupakan garisan takdir yang Allah SWT karuniakan kepada kita mahkluknya.

Baca Juga :  Bahasa Arab Anggota Keluarga

Selain hidup dengan bertawakal kepada Allah SWT kita sebagai mahkluk harus hidup dengan selalu sabar, ikhlas dan tak lupa untuk selalu bersyukur dalam menjalani hidup. Sebab yang kita alami adalah yang terbaik dari yang maha kuasa.

Manfaat Dari Mengucapkan Alhamdulillah

  • Diampuni dosa

Apabila seseorang sampai tiga kali telah mengucapkan alhamdulillah, maka ucapan yang ketiganya itu Allah akan menambah pahala baru serta akan mengampuni dosanya. Betapa Maha Pemurahnya Allah, hanya dengan mengucapkan alhamdulillah, Allah mengampuni dosa kita.

  • Mendapat pahala

Orang yang mau mengucapkan alhamdulillah artinya tekah memuji Allah maka Allah akan memberikan balasan berupa pahala atas orang tersebut. Jika orang tersebut mengucapkan alhamdulilah untuk yang kedua kali maka Allah akan segera menambah lagi pahala baru untuk orang yang tersebut.

  • Menentramkan jiwa

Orang yang selalu senantiasa bersyukur dengan cara mengucap alhamdulillah akan senantiasa merasakan jiwa yang semakin tentram. Jiwa yang tentram jauh sangat mahal harganya karena itu tidak ada satupun di dunia ini yang akan menjualnya. Jiwa yang berhasil tentram akan tercipta apabila hati kita senantiasa bersyukur atas segala nikmat atas pemberian Allah.

  • Ditambah rizqinya

Seorang hamba yang senantiasa bersyukur kepada Allah maka Allah berjanji akan menambah rizqinya. Bersyukur disini dilakukan dengan craa mengucapkan alhamdulillah. Selain mengucapkan alhamdulillah, bersyukur dengan memberikan sedekah untuk orang yang kurang mampu juga dapat menambah rezeki.

  • Menciptakan feeling good

Ucapan alhamdulillah bisa menciptakan feeling good untuk orang yang mengucapkannya. Karena dengan mengucapkan alhamdulillah hati kita akan lebih  qana’ah (menerima semua hal dengan lapang dada) apa yang diberikan Allah untuk kita sehingga kita dapat berpikiran positif dengan semua ketentuan yang terjadi dan selalu berpikiran positif dengan cara menerima takdir Allah

  • Menjaga kesehatan Mental
Baca Juga :  Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Remaja adalah tahap awal pada diri mereka akan mulai mengenal dunia yang jauh lebih luas serta nyata. Dalam fase ini remaja harus lebih banyak menumbuhkan rasa bersyukur karena dengan bersyukur akan menjaga kesehatan mental mereka yang labil .

  • Tidur lebih nyenyak

Suatu penelitian membuktikan bahwa orang yang bersyukur akan lebih nyenyak dalam tidurnya karena jiwanya terasa tenang. Jika seseorang yang mengalami insomnia maka bisa jadi salah satu penyebabnya orang tersebut kurang bersyukur dengan semua hal yang telah diperolehnya.

  • Meningkatkan kesejahteraan

Seseorang yang pandai bersyukur mengucap alhamdulillah akan meningkatkan tingkat kesejahteraan hidupnya. Bersyukur akan bisa menjadi bengkel untuk mulai memperbaiki penyakit hati sehingga hati kita akan senantiasa tentram. Tidak ada hal yang jauh lebih menetramkan kecuali hati kita yang merasa cukup dengan apa yang kita miliki sehingga kita akan lebih merasa sejahtera dan bahagia.

  • Terhindar dari depresi atau stres

Orang yang kurang rasa syukur akan lebih mudah terkena stres atau depresi yang di karenakan mereka selalu merasa kurang dengan apa yang telah mereka punya. Mereka akan selalu memandang lebih tinggi sehingga susah bersyukur.

  • Menjadi teman yang lebih bak bagi orang lain

Rasa syukur dengan cara mengucapkan alhamdulillah akan menjadikan jiwa sosial yang kuat pada seseorang. Jiwa sosial akan menumbuhkan sikap sosial yang positif seperti untuk membantu orang lain yang sedang terkena musibah atau memberikan motivasi orang lain yang sedang mengalami suatu  kegagalan dalam masalah hidup.

Makna kata Alhamdulillah

Setelah kita megetahui manfaat kalimat tersbut selanjutnya apa sih makna dari kalimat Alhamdulillah, berikut akan kita jelaskan dibawah ini :

  1. Pujian Allah kepada diri-Nya.
    Dia berhak memuji dirinya (dzat dan sifat-Nya). Sebagaimana firman-Nya yang tertulis di dalam Al-quran surat Thaha ayat 14 yang artinya :
Baca Juga :  Contoh Proposal Kegiatan Idul Adha

”Sesungguhnya Akulah Allah, tidak ada Tuhan kecuali Aku. Maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.” (QS Thaha (21): 14).

  1. Pujian dari Allah kepada makhluk
    Allah Swt memuji makhluk yang paling mulia dan terpuji yaitu Nabi Muhammad SAW.  yang tertulis di dalam Al-qur’an surat Al-Qolam ayat 4 yang artinya :

”Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur (agung).” (QS Al-Qolam (68): 4)

  1. Pujian dari makhluk kepada Allah SWT
     Seperti yang ada di dalam surat Al-Fatihah ayat 2 yang artinya ;

”Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”

  1. Pujian makhluk kepada makhluk.
    Rasulullah SAW telah mengajarkan memuji manusia, pada saat diberi  kebaikan dengan cara mengucapkan jazakallah khair. Pujian ini bertujuan untuk mendoakan seseorang yang telah berbuat kebaikan kepada kita.

Sudah seharusnya sebagai umat manusia yang merupakan makhluk tuhan untuk selalu bersyukur atas apa saja yang telah dikaruniakan dalam kehidupan ini. Bahkan ada ahli agama yang mengungkapkan sekalinya itu musibah sebelum mengucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un kita harus mengucapkan Alhamdulillah terlebih dahulu. Karena kita masih diberi ujian itu berarti kita masih dianggap mampu oleh Allah SWT.

Demikianlah artikel yang telah membahas arti Alhamdulillah. Untuk itu sebagai mahkluk ciptaan Allah SWT jangan lupa untuk selalu bersyukur dalam setiap keadaan. Sekian artikel ini semoga bisa memberikan berbagai manfaat positif penulis akhiri wassalamualaikum wr wb.

Baca Juga :