Bacaan Doa Masuk dan Keluar Rumah

Posted on

Doa Masuk dan Keluar Rumah – Assalamualaikum warahtullahhi wabarakatuh, Dengan izin Allah, kali ini penulis dosenpintar.com akan berbagi pengetahuan mengenai Doa jika kita akan keluar rumah maka dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. Dalam islam ada anjuran untuk membaca doa masuk dan keluar rumah dengan benar sebelum bepergian.

Doa ini sangat penting untuk kalian ketahui serta dipraktekkan agar kegiatan atau perjalanan saat berada di luar rumah mendapat perlindungan dan dijamin oleh Allah SWT.

Doa Masuk dan Keluar Rumah
Doa Masuk dan Keluar Rumah

Doa Masuk dan Keluar Rumah sesuai Sunnah Rossul

Nabi Sallallahu ‘alayhi wa Sallam mengajar umatnya sholat, adab, zikir dan sholawat. Termasuk doa ketika masuk dan meninggalkan rumah sebagai rasa terima kasih kembali dengan selamat.

Bacaan Doa Masuk Rumah sesuai Sunnah Rossul

Berikutnya adalah doa Memasuki rumah yang disunahkan oleh Rossul.

Doa Masuk Rumah
Doa Masuk Rumah

Artinya :

“Ya Allah, esungguhnya aku mohon kepadaMU untuk baiknya tempat masuk dan tempat keluar yang baik dengan menyebut nama Allah yang kita masuk, dan dengan menyebut nama Allah kita keluar serta kepada Allah kami bertawakal.”

Adab Masuk ke dalam Rumah

1. Dianjurkan untuk mengetuk pintu

Dianjurkan agar seorang Muslim memasuki rumahnya untuk mengetuk pintu tidak terlalu keras, ketuklah dengan lirih atau pelan atau jika ada bel maka pencetlah dengan tenang.

Baca Juga :  Contoh Surat Pernyataan

Tidak disarankan mengetuk keras pintu atau mengetuk pintu rumah sambil membunyikan bel terus-menerus. Karena bisa mengganggu penghuni rumah dan tidak membuat nyaman seseorang.

2. Mengucapkan Salam

Disarankan untuk menyapa atau mengucapkan salam ketika kita akan memasuki rumah. Salam akan membuat penghuni rumah di dalam rumah tahu bahwa ada orang di luar.

Selain menyapa, Anda juga bisa membuat gerakan dengan membersihkan tenggorokan atau membuat suara dengan sandal atau sepatu Anda secara lirih agar orang di dalam rumah mengentahui kedatangan orang.

Imam Ahmad berkata: “Jika seorang pria ingin memasuki rumahnya, ia disarankan untuk berdehem tenggorokannya atau menghentakan sandal atau sepatunya.”

Dengan mengucapkan salam, tujuannya adalah untuk saling mendoakan dan menyebarkan kasih sayang di rumah, untuk meningkatkan keakraban antara seseorang dan keluarga untuk mendapatkan berkah dari Allah.

3. Membaca doa masuk rumah

Setelah mengetuk pintu dan menyapa, disarankan untuk berdoa untuk memasuki rumah seperti doa yang sudah dituliskan di atas.

4. Masuk dengan mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu

Setelah berdoa, Selanjutnya kalian dapat memasuki rumah dan disarankan agar mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu dalam segala hal yang baik, termasuk petunjuk dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bacaan Doa Keluar Rumah Menurut Sunnah Rossul

Berikut bacaan doa keluar dari rumah yang disunnahkan oleh rossul.

Doa keluar rumah dalam bahasa arab

doa keluar rumah
doa keluar rumah

Artinya :

“Dengan nama Allah, ku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya serta kekuatan kecuali dengan Allah.”

Sunnah ketika Keluar Rumah

  • Lakukan shalat dua rakaat sebelum meninggalkan rumah

    Dengan shalat dua rakaat sunnah, termasuk perbuatan yang dapat membantu Anda agar terhindar dari kesulitan, kecemasan, dan marabahaya.

  • Membaca doa keluar rumah

    Selanjutnya stelah shalat sunnah dianjurkan untuk membaca doa yang telah dituliskan diatas

  • Mengangkat Pandangan ke atas saat membaca doa keluar rumah

    Saat berdoa diusahakan menadahkan kedua tangan sambil mengangkat pandangan ke atas awan membaca doa tersebut dengan khusuk serta bertawakal kepada Allah.

  • Saat akan keluar rumah mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu

    Setelah selesai doa keluar rumah menurut Sunnah Rossul, disarankan untuk memulai dengan mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu. Karena kaki kanan untuk melakukan semua perbuatan yang baik.

Jadi demikianlah uraian materi mengenai Doa Masuk dan Keluar Rumah , semoga artikel tersebut dapat bermanfaat serta semoga sesuai dengan kebutuhan kalian bisa menjadi referensi kalian untuk memahami Doa tersebut dengan baik dan benar, jangan lupa baca artikel lainnya untuk menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :