Arti Yaumul Milad

Posted on

Yaumul Milad – Pada kesempatan ini dosenpintar.com akan membagikan serta membahas makna dari Yaumul Milad, serta pengertian,cara membalas serta makna yang terkandung dalam kalimat ini, untuk informasi lebih lengkapnya, silakan perhatikan penjelasan di bawah ini sobat pembaca sekalian.

Kalimat tersebut adalah ucapan yang sangat populer terutama di masyarakat Indonesia pada umumnya.

Kalimat tersebut dalam bahasa arab seperti yang tertulis ini يَوْمُ الْميلاد dan kalimat ini digunakan pada momen di  saat seseorang yang berulang tahun, dengan kata lain hari dimana dilahirkan seseorang ke dunia dan juga sering kita jumpai di bagikaan sebagai status di media sosial seperti facebook dan instagram oleh seseorang yang ulang tahun.

Arti Yaumul Milad
Arti Yaumul Milad

Arti Yaumul Milad (يَوْمُ الْميلاد)

Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) adalah kosakata dari bahasa Arab sementara arti yaumul milad adalah “selamat ulang tahun” atau bisa juga diartikan sebagai “selamat ulang hari kelahiran”.

Mengapa demikian? karena istilah yaumul milad (bahasa Arab: يَوْمُ الْميلاد) akan digunakan ketika seseorang berulang tahun atau dengan kata lain hari seseorang dilahirkan ke dunia. Meskipun tulisannya berasal dari bahasa Arab, istilah yaumul milad tetap sangat populer dan bahkan telah digunakan di Indonesia.

Maka istilah Yumul Milad didasarkan pada pengetahuan nahwu adalah salah satu idhofah / tempat bersandar, tetapi ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris (tata bahasa) idhofah adalah kata benda possessive noun.

Jadi jika Anda semua mendengar atau melihat artikel yang membaca kata yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد), maka arti kata tersebut adalah pepatah “selamat ulang tahun”.

Baca Juga :  Arti Allahu Yahdik

Jadi, pada dasarnya, istilah milad Yaumul (يَوْمُ الْميلاد) adalah kata yang umumnya sering digunakan untuk sementara waktu, yang merupakan perayaan ulang tahun.

Ketika kalimat / kata memiliki fungsi yang sama dengan kata-kata dari kata dalam bahasa Inggris happy birthday. Kalimat ini juga sering ditambahkan ke kalimat Barakallah Fii Umrik (Aksara Arab;  بارك الله في عمرك), yang  menjadi yaumul milad, barakallah fii umrik. Jadi apa arti dari kata-kata ini?

Jawaban Yaumul Milad

Yaumul milad, barakallah fii umrik (bahasa Arab; يَوْمُ الْميلاد, بارك الله في عمرك) yang berarti ” Selamat hari lahir dan semoga  Allah SWT selalu memberi berkah atas umurmu”

Jadi apa jawabannya atau balasan kalimat tersebut? Jika Anda menemukan kata-kata seperti di atas, Anda dapat menanggapi kalimat dengan mengatakan :

Wa Fiika Barakallah” (untuk pria) atau
Wa fiiki barakallah” (untuk wanita) yang berarti “semoga Allah memberkati Anda juga”.

Kumpulan Doa Ulang Tahun Terbaik

Dari penjelasan singkat di atas, kami juga akan memberikan beberapa contoh doa ulang tahun terbaik, diantaranya sebagai berikut .

Doa untuk umur panjang

Doa untuk umur panjang
Doa untuk umur panjang

Artinya :

Ya Allah, kami memohon kepada engkau untuk umur yang panjang dengan selalu menaati dan akhirilah hidup kami dengan selalu melakukan perbuatan yang baik.

Doa Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan

Doa Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan
Doa Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan

Artinya:
Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, serta kesejahteraan pada tubuh dan ditambahkan ilmu, keberkahan rizki dan diberikan taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati.

Doa Mohon Rezeki Yang Halal dan Baik

Doa Mohon Rezeki Yang Halal dan Baik
Doa Mohon Rezeki Yang Halal dan Baik

Artinya :
Ya Allah, aku minta kepadamu akan pemberian rizki yang , luas, halal dan barokah baik tidak tanpa repot serta tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan, sesungguhnya hanya Engkau kuasa atas segala sesuatu.

Baca Juga :  Arti Biidznillah

Jadi demikianlah uraian materi mengenai  Arti Yaumul Milad,  semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga sesuai dengan kebutuhan kalian bisa menjadi referensi kalian untuk memahami pengertian kalimat tersebut, jangan lupa baca artikel lainnya dan nantikan artikel berikutnya yang pastinya lebih menarik.

Baca Juga :