Tulisan Arab Assalamualaikum

Posted on

Tulisan Arab Assalamualaikum – Assalamualaikum wr.wb di kesempatan ini penulis dosenpintar.com akan membagikan sebuah artikel untuk kalian semua yang kali ini tentang Tulisan Arab Assalamualaikum. Nah jika sobat penasaran bisa langsung saja sobat simak pembahasannya berikut dibawah ini.

Tulisan Arab Assalamualaikum
Tulisan Arab Assalamualaikum

Tulisan Arab Assalamualaikum

Assalamualaikum merupakan kalimat yang sangat fenomental di kalangan umat Islam, dengan makna yang luar biasa apabila di artikan lebih dalam lagi.

Karna di dalam kalimat assalamualaikum mengandung doa yang diberikan kepada orang Muslim. Sehingga ketika kita mengucapkan assalamualaikum kepada orang muslim, maka otomatis kita mendoakan sesama muslim berupa kebaikan, keberkahan, dan keselamatan dunia akhirat.

Seorang pendakwah biasanya menyapa para audien dengan mengucapkan assalamualaikum . Namun kalimat ini bukan hanya digunakan saat ceramah saja, tapi juga bisa juga digunakan dalam tata persuratan. Adapun tulisan assalamualaikum secara lengkap dalam bahasa arab sebagai berikut.

  • Tulisan assalamualaikum dan waalaikumsalam lengkap dalam bahasa Arab adalah: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.
  • Sedangkan tulisan assalamualaikum dalam bahasa Indonesia adalah Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
  • Arti tulisan assalamualaikum dalam bahasa Inggris adalah : May the peace, mercy, and blessings of Allah be upon you.

Ucapan assalamualaikum dapat merekatkan tali persaudaraan umat Muslim, baik yang di kenal atau yang tidak kenal. Sehingga ucapan ini sering diucapkan ketika berjumpa dengan sesama muslimnya.

Oleh karna itu hukum mengucapkan assalamualaikum adalah sunah, namun wajib bagi orang yang mendengar untuk menjawabnya. Sehingga dalam hadits dianjurkan yang lewat mengucapkan assalamualaikum kepada orang yang duduk dan yang muda mengucapkan assalamualaikum kepada yang tua.

Tulisan Arab Wassalamu’alaikum

Biasanya ketika kita mengisi acara seperti pernikahan, haflah, dan sebagainya, maka kita mengakhiri acara tersebut dengan ucapan wassalamu’alaikum.

Karna ucapan tersebut sering digunakan untuk menutup pembicaraan dengan orang lain. Adapun bentuk tulisan arab wassalamu’alaikum sebagai berikut.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Artinya:

Semoga kepadamu keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah. atau semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan kepadamu.

Tulisan Arab Wa’alaikumsalam

Setelah kalian mengetahui tentang tulisan arab assalamualaikum, maka berikut adalah jawaban dari assalamualaikum. Sehingga kalimat ini bisa digunakan untuk penutup di dalam ceramah, pembawa acara, dan kultum.

Baca Juga :  Ayat Tentang Kematian

Namun perlu kalian ketahui, bahwa di dalam menjawab assalamualaikum ada tingkatannya masing-masing. Sehingga kita harus menjawab dengan perkataan yang lebih sopan dari sang pemberi salam. Sebagaimana di dalam Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 86.

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا

Artinya:

Apabila kamu diberi penghormatan dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.

Dari ayat tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa apabila kita mendapatkan sebuah penghormatan, maka kita harus membalasnya yang lebih baik. Sedangkan jawaban assalamualaikum sebagai berikut.

“وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ”

Artinya:

Dan semoga atas kalian keselamatan dan rahmat Allah.

Tingkatan-tingkatan dalam menjawab assalamualaikum

  1. وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ
  2. وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ
  3. وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tingkatan-tingkatan ini bisa kalian gunakan dalam menjawab assalamualaikum serta sesuaikan dengan orang yang memberi assalamualaikum.

Arti Tulisan Assalamualaikum

Setelah kalian mengetahui bentuk sempurna dari kalimat assalamualaikum, maka selanjutnya kita pelajari arti dari tulisan assalamualaikum.

Dalam kitab Al-Adzkar karangan Imam Nawawi terdapat 3 tingkatan assalamualaikum yang boleh kita gunakan sebagai doa atau sapaan kepada orang Muslim. Diantaranya adalah.

  1. Assalamualaikum yang artinya semoga keselamatan terlimpah untukmu.
  2. Assalamu’alaikum Warahmatullah yang artinya semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmat untukmu.
  3. Assalamualaikum~Warahmatullahi~Wabarakatuh yang artinya semoga keselamatan, rahmat, dan keberkahan Allah terlimpah untukmu.
  4. Adapun arti tulisan assalamualaikum perkata sebagai berikut. اَلسَّلاَمْ artinya keselamatan, عَلَيْكُمْ atas kalian, وَرَحْمَةُاللهِ  rahmat Allah, dan وَبَرَكَاتُهْ artinya keberkahannya.

Makna Tulisan Assalamualaikum

Terdapat beberapa makna yang terkadung di dalam ucapan assalamualaikum, beberapa diantaranya sebagai berikut:

Memberikan Rasa Aman

Secara tidak langsung orang yang memberikan ucapan assalamualaikum sebetulnya memberikan janji, bahwa kalian aman dari segala perlakuan negatif. Baik berupa lisan, fisik, dan perlakuan.

Bentuk Saling Mencintai

Seseorang yang memberikan assalamualaikum berarti telah mencintai serta mendo’akan orang lain dalam memperoleh kebaikan dunia atau akhirat. Hal ini sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad.

Artinya:

Kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman, dan tidak dikatakan beriman sebelum kalian saling mencintai. Salah satu bentuk kecintaan adalah menebar assalamualaikum antar sesama muslim.

Baca Juga :  Pidato Bahasa Arab Singkat

Hadist tersebut diriwayatkan oleh Abu Hurairah dalam kitab Muslim no 54.

Bentuk Bergantung Diri Kepada Allah

Salah satu makna yang ada di dalam kalimat assalamualaikum adalah berserahnya manusia kepada Allah yang Maha Esa. Sehingga mereka sadar, bahwa yang memberikan keselamatan adalah Allah.

Salah Satu Perintah Nabi

Salah satu perintah Nabi Muhammad kepada umatnya adalah agar selalu menyebarkan assalamualaikum kepada sesama Muslimnya. Hal ini sebagaimana di dalam haditsnya.

Artinya:

Wahai sekalian manusia, tebarkanlah assalamualaikum di antara kalian, berilah makan sambunglah tali silaturahmi dan shalatlah ketika manusia tidur malam.

Hukum Mengucapkan Assalamualaikum

Hukum mengucapkan assalamualaikum kepada seseorang adalah sunah, sedangkan untuk sekelompok golongan hukumnya sama dengan menjawab assalamualaikum yaitu sunah kifayah.

Sunah kifayah artinya adalah apabila seseorang dari kelompok tersebut mengucapkan assalamualaikum, maka hal tersebut sudah cukup. Sebagaimana di dalam hadits.

Artinya:

Sudah mencukupi untuk suatu rombongan jika melewati seseorang, salah satu darinya mengucapkan assalamualaikum.

Adapun menjawab assalamualaikum terdapat dua hukum. Pertama apabila assalamualaikum diucapkan kepada orang yang lagi sendirian, maka dia wajib menjawab assalamualaikum tersebut. Karna menjawab dalam kondisi sendirian hukumnya fardhu’ain.

Kedua apabila assalamualaikum diucapkan kepada suatu kelompok, maka menjawab assalamualaikum adalah fardhu kifayah. Fardhu kifayah artinya apabila ada satu orang yang menjawab asslamualaikum, maka hal tersebut sudah mewakili yang lain.

Namun perlu kalian perhatikan di dalam mengucapkan assalamualaikum. Baik di dalam pesan tulisan, atau pesan media lainnya.

Pendapat pertama melarang penggunaan kata assalamualaikum di singkat menjasi askum, ass, atau sebagainya. Karna kalimat tersebut bisa merubah arti dari kalimat asslamualaikum. Sedangkan pendapat kedua tidak masalah apabila diringkas kalau hanya sekedar tulisan, bukan bacaan.

Hadits Tentang Assalamualaikum

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

يُسَلِّمُ الصَّغِيرُ عَلَى الْكَبِيرِ ، وَالْمَارُّ عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ

Artinya:

Yang muda hendaklah memberi salam pada yang tua. Yang berjalan (lewat) hendaklah memberi salam kepada  orang yang duduk. Yang sedikit hendaklah memberi salam pada orang yang lebih banyak.” (HR. Bukhari no. 6231)

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bahwasanya ada seseorang yang bertanya pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ « تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ ، وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ »

Baca Juga :  Bahasa Arab Nama-Nama Hari dan Bulan

Artinya:

Amalan Islam apa yang paling baik?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, “Memberi makan (kepada orang yang butuh) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali. ” (HR. Bukhari no. 6236).

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

يُسَلِّمُ الرَّاكِبُ عَلَى الْمَاشِى ، وَالْمَاشِى عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ

Artinya:

Hendaklah orang yang berkendaraan memberi salam pada orang yang berjalan. Orang yang berjalan memberi salam kepada orang yang duduk. Rombongan yang sedikit memberi salam kepada rombongan yang banyak.” (HR. Bukhari no. 6233 dan Muslim no 2160)

Dari ‘Amar bin Yasir, beliau mengatakan,

ثَلاَثٌ مَنْ جَمَعَهُنَّ فَقَدْ جَمَعَ الإِيمَانَ الإِنْصَافُ مِنْ نَفْسِكَ ، وَبَذْلُ السَّلاَمِ لِلْعَالَمِ ، وَالإِنْفَاقُ مِنَ الإِقْتَارِ

Artinya:

Tiga perkara yang apabila seseorang memiliki ketiga-tiganya, maka akan sempurna imannya: [1] bersikap adil pada diri sendiri, [2] mengucapkan salam pada setiap orang, dan [3] berinfak ketika kondisi pas-pasan. (Diriwayatkan oleh Bukhari secara mu’allaq yaitu tanpa sanad. Syaikh Al Albani dalam Al Iman mengatakan bahwa hadits ini shohih)

 لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا. أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَىْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

Artinya:

Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 54)

Adab Mengucapkan Assalamualaikum

Berikut diantara adab-adabnya.

  • Memberikan salam terlebih dahulu.
  • Hendaknya memberikan salam dengan sempurna.
  • Hendaknya mengulangi salam ketika berjumpa lagi, walaupun hanya sesaat.
  • Jangan mengucapkan salam terlebih dahulu kepada Yahudi dan Nasrani.
  • Balaslah salam dengan baik.

Demikianlah artikel yang telah membahas tentang Tulisan Arab Assalamualaikum. Semoga bisa selalu kita amalkan dalam kehidupan sehari hari. Sekian artikel kali ini sampai jumpa lagi di kesempatan selanjutnya penulis akhiri wassalamualaikum wr.wb.

Baca Juga :