Suku Bangsa di Indonesia

Posted on

Suku Bangsa di Indonesia – Halo sobat dosenpintar.com kembali lagi penulis pada kesempatan ini akan membagikan sebuah artikel, kali ini dengan bahasan Suku Bangsa di Indonesia. Sudah sangat lumrah Indonesia memiliki kekayaan suku dan budaya. Maka dari itu penulis akan memberikan pembahasan terlengkapnya berikut dibawah ini.

Suku Bangsa di Indonesia
Suku Bangsa di Indonesia

Pengertian Suku Bangsa

Suku bangsa adalah suatu golongan sosial yang ada di dalam masyarakat yang digunakan untuk pembeda dari golongan satu terhadap golongan lainnya. Golongan ini memiliki ciri khas yang tersendiri yang dapat untuk digunakan sebagai pembeda golongan diantara golongan yang lainnya yang berdasarkan dari tempat serta asal usul dari kebudayaannya.

Suku suku di Indonesia

Adapun berbagai suku yang ada di Indonesia akan penulis berikan uraiannya berikut dibawah ini.

Suku Serawai dari Bengkulu

Suku Serawai merupakan salah satu suku bangsa dengan populasi dengan jumlah terbesar kedua yang hidup di Bengkulu. Sebagian besar dari masyarakat suku Serawai ini berdiam di kabupaten Bengkulu Selatan, tepatnya di kecamatan Sukaraja,  Pino, Kelutum, Seluma, Talo, Manna dan juga di Seginim.

Suku Lampung dari Lampung

Etnis Lampung disebut Ulun Lampung [Orang Lampung] adalah suku yang dimana mereka menempati seluruh provinsi Lampung serta sebagian di provinsi Sumatera Selatan di bagian selatan serta tengah mereka menempati daerah  Martapura, Muaradua yang berada di Komering Ulu, Kayu Agung, Tanjung Raja sertadi Komering Ilir, Merpas juga dibagian selatan Bengkulu serta Cikoneng di pantai barat yang ada di Banten.

Baca Juga :  Alat Musik Melodis

Suku Bima dari Nusa Tenggara Timur

Suku Bima atau disebut Dou Mbojo adalah suku yang telah mendiami Kabupaten Bima, Kota Bima, serta kabupaten Dompu yang telah ada ketika masa Kerajaan Majapahit. Suku ini sehari-hari menggunakan bahasa Mbojo atau yang lebih dikenal nggahi Mbojo. Menurut ulasan sejarah, suku Mbojo memiliki 7 pemimpin pada setiap daerah yang disebut dengan Ncuhi.

Suku Jawa dari Yogyakarta

Suku di Indonesia yang pertama serta sangat luas adalah Suku Jawa yang banyak diketahui. Ini merupakan suku terbesar yang ada di Indonesia yang berada di Pulau Jawa dengan berkisar jumlah yang telah diperkirakan mencapai 41 persen dari total populasi di Indonesia. Budaya yang telah dianut sangat kental dan sakral.

Suku Madura dari Jawa Timur

Suku Madura merupakan salah satu suku yang terbesar di Indonesia dan asalnya dari Provinsi Jawa Timur, tepatnya terletak di Pulau Madura serta pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Orang Madura itu kemudian dengan sendiri terkenal karena gaya hidup mereka yang disiplin, hemat, rajin dalam bekerja, serta cenderung hidup dan bersika blak-blakan ketika bicara.

Suku Batak dari Sumatera Utara

Suku di Indonesia dari Sumatera Utara yaitu suku batak yang terdiri dari 3,58 dari total penduduk Indonesia dengan keseluruhan. Suku Batak itu terbagi menjadi beberapa bagian atau wilayah, yaitu Batak Toba, Batak Mandailing, Batak Pakpak, dan terdapat juga Batak Karo.

Suku Melayu dari Bangka Belitung

Salah satu Etnis Melayu sebagai  suku tertua di Pulau Bangka ialah Suku Lom. Atau biasa juga disebut orang Lom. Suku Lom merupakan suku yang unik tinggal di wilayah Kecamatan Belinyu di Kabupaten Bangka. Suku Lom dikenal juga sebagai Suku Mapur karena berasal dari Dusun Mapur.

Suku Minahasa dari Sulawesi Utara

Sulawesi dengan suku Minahasa dari Sulawesi Utara. Merupakan suku bangsa yang terbesar di provinsi ini, suku Minahasa disebut sebagai suku Manado, bagi orang yang awam. Karena Manado merupakan ibukota Sulawesi Utara.

Baca Juga :  Pengertian Kerajinan

Suku Asmat dari Papua

Suku Asmat adalah suku terbesar yang berada di wilayah Papua. Karena budaya dari mereka yang sangat menghormati alam sekitar serta juga kehidupan dari para leluhur mereka, maka dengan nilai kearifan yang dimiliki oleh suku Asmat ini sangat luar biasa. Etnis satu ini telah terbagi menjadi dua, yaitu pada masyarakat pesisir serta mesyarakat pedalaman.

Suku Betawi dari Jakarta

Suku Betawi adalah keturunan dari penduduk yang bermukim di Batavia sejak pada abad ke-17 yang dipercayai sebagai keturunan hasil dari perkawinan darah campuran aneka suku oleh Belanda pada saat menuju ke Batavia. Oleh karena itu, suku Betawi disebut sebagai penghuni asli yang ada di wilayah Jakarta.

Suku Gorontalo dari Gorontalo

Suku Gorontalo atau Hulontalo adalah suku bangsa dari penduduk asli provinsi Gorontalo di bagian utara dari pulau Sulawesi. Bahasa mereka adalah bahasa yang ada di Gorontalo. Suku Gorontalo bisa ditemukan di provinsi Sulawesi Utara serta Tengah.

Suku Buru dari Maluku

Buru merupakan suku yang ada di Maluku yang merupakan pulau terbesar kedua dari pulau Seram. Pulau Buru ini sendiri dikenal dengan nama Bupolo yang artinya nama asli dari pulau Buru yang mempunyai arti Dampolot maknanya penuh pecek dengan rawa.

Suku Dayak dari Kalimantan Barat

Suku di Indonesia satu ini ialah suku Dayak yang besar serta mendiami Pulau Kalimantan. Pada saat ini, terhitung juga jumlah masyarakat Dayak adalah sekitar 1,27 persen dari keseluruhan.

Suku Sunda dari Jawa Barat

Suku Sunda yang ada di Jawa Barat serta terdiri dari 5,5 persen dari total jumlah penduduk Indonesia keseluruhan. Meskipun tersebar dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia, namun dari sebagian besar masyarakat Sunda ini paling banyak menempati wilayah yang ada di Banten, Jakarta, serta Jawa.

Baca Juga :  Rumah Adat Minangkabau

Suku Baduy dari Banten

Orang Kanekes yang disebut suku Baduy merupakan kelompok suku yang asalnya dari wilayah Banten, lebih tepatnya di daerah Lebak. Selain mempunyai keyakinan yang dianggap tabu ini, suku Baduy dikenal karena gaya hidupnya mengisolasi diri terhadap dunia luar, meski begitu masyarakat Baduy nyatanya kerap di jumpai dalam daerah perkotaan dengan sebuah keunikan yang sangat begitu kental, yaitu melintas di pinggir jalan dengan alas kaki serta dapat mengenakan baju kain yang sangat sederhana.

Demikianlah artikel mengenai tentang Suku Bangsa di Indonesia. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Sekian dulu artikel kali ini sampai jumpa di artikel selanjutnya sobat.

Baca Juga :