Alat Musik Melodis

Posted on

Alat Musik Melodis – Halo sobat dosenpintar.com kembali kali ini penulis dengan membagikan sebuah artikel dengan pembahasan Alat Musik Melodis meliputi Pengertian Alat Musik Melodis, Cara Memainkan Alat Musik Melodis, Fungsi Alat Musik Melodi dan Contoh dan Jenis Alat Musik Melodis. Untuk sobat yang penasaran dengan pembahasan yang akan penulis berikan berikut uraian terlengkapnya.

Alat Musik Melodis
Alat Musik Melodis

Pengertian Alat Musik Melodis

Alat musik melodis merupakan alat yang digunakan untuk menciptakan satu lagu yang akan mengeluarkan bunyi sebagai mengiringinya. Alat musik melodis ialah alat musik yang sapat menghasilkan sebuah nada serta notasi. Fungsi dari alat musik melodis ini adalah sebagai  pengatur nada ketika seseorang sedang melantunkan sebuah nyanyian.

Fungsi Alat Musik Melodis

Setiap jenis dari instrumen mempunyai fungsi spesifik yang menjadikannya digunakan pada jenis musik tertentu. Instrumen alat musik melodi ini mempunyai nada dan ritme.

Fungsi utamanya adalah untuk mengatur antara nada dan ritme. Sedangkan pemain yang merupakan sebagai pengiring mengacu pada alat musik yang berirama itu dapat dikatakan sebagai sebuah alat tanpa irama dan nada.

Cara Memainkan Alat Musik Melodis

Berikut adalah cara memainkan alat musik melodis, antara lain:

  1. Dipetik seperti seperti kecapi, sasando, mandolin dan gitar.
  2. Ditiup seperti seruling dengan pianika.
  3. Ditekan seperti akordion dengan piano.
  4. Digoyang seperti angklung.
  5. Digesek seperti seperti biola.
  6. Dihisap seperti harmonika.

Contoh dan Jenis Alat Musik Melodis

Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh dari alat musik melodis, yaitu.

Saxophon

Alat Musik Melodis
Alat Musik Melodis

Saxophone merupakan sebuah alat musik tiup yang bersuara logam dengan ukuran jangkauan nada serta kemampuan ekspresinya yang cukup besar. Saxophone ini kemudian diciptakan oleh Adolphne Sax tahun 1846. Terdapat empat jenis saxophone, yaitu saxophone sopran, bariton, alto dan tenor.

Baca Juga :  Contoh Alat Musik Ritmis : Pengertian, Fungsi & Gambar Lengkap

Klarinet

Alat Musik Melodis

Klarinet adalah salah satu jenis alat musik tiup yang telah dikembangkan oleh Theoblad Boem dengan menciptakan nada tinggi serta nyaring. Klarinet ini di mulai penggunaanya dalam musik orkes serta band militer pada saat pertengahan abad ke-18.

Rekorder

Alat Musik Melodis

Rekorder mulai terkenal pada era barok, namun menurun pada abad ke-18 yang telah menyokong  alat-alat musik orkestra, contohnya flute, Oboe serta klarinet. Rekorder dihidupkan awalnya di abad ke-20, dalam mengejarkan prestasi yang bersejarah.

Talempong

Alat Musik Melodis

Talempong adalah suatu alat musik jenis pukul tradisional khas dari suku Minangkabau. Bentuknya mirip instrumen bonang dalam perangkat alat musik gamelan. Talempong ini dapat terbuat dari sebuah kuningan, namun ada juga yang terbuat dari sebuah kayu serta batu. Saat ini talempong jenis kuningan merupakan jenis yang sering digunakan.

Rebab

Alat Musik Melodis

rebap rababah, rababrebebatau al-rababa merupakan jenis alat musik dari senar yang memiliki nama yang demikian paling lambat dari pada abad ke-8 serta menyebar melalui jalur-jalur sebuah perdagangan Islam yang dapat lebih banyak dari Timur Tengah,  Afrika Utara, serta dari Eropa, dengan Timur Jauh.

Kolintang

Alat Musik Melodis

Kolintang atau kulintang merupakan salah satu alat musik yang terdiri dari sebuah barisan gong kecil yang kemudian diletakkan secara mendatar. Alat musik ini kemudian dimainkan dengan diiringi oleh sebuah gong tergantung yang lebih besar dari drum. Kolintang ini merupakan bagian dari budaya pada gong Asia Tenggara, yang telah dimainkan berabad di Kepulauan Melayu Timur – Filipina, Indonesia bagian Timur, Malaysia bagian Timur, Brunei serta di Timor.

Mandolin

Alat Musik Melodis

Alat musik mandolin ini tergolong sebagai sebuah alat musik yang s dimainkan dengan cara memetiknya seperti gitar. Perbedaannya terletak pada dasar alat musik ini yang dibandingkan dengan sebuah gitar adalah pada jumlah yang sebenarnya lebih banyak dibandingkan dengan sebuah gitar.

Hobo

Alat Musik Melodis

Hobo adalah alat musik tiup yang memiliki suara lembut dengan lidah getar yang rangkap. Jangkauan dari nadanya dapat mancapai hingga dua setengah oktaf. Hobo dikenal sejak masa Mesir Kuno. Ketika abad ke-18, alat musik ini kemudian akan tampil di musik kamar dengan konserto.

Baca Juga :  Gerak Tari

Gitar

Alat Musik Melodis

alat musik gitar adalah tidak populer dengan tidak akan diminati oleh masyarakat. Tetapi setelah terjadi Alonso Mudarra maka memperkenalkan kembali alat musik melalui suatu karya maka segera juga orang-orang kemudian mulai tertarik untuk dapat berjalan dan mendengarkan serta memainkan sebuah gitar.

Kecapi

Alat Musik Melodis

Alat musik tradisional jenis ini salah satunya kecapi adalah alat musik klasik yang selalu mampu mewarnai beberapa kesenian yang ada di tanah Sunda ini. Kemudian membuat kecapi bukanlah sebuah hal yang gampang.

Biola

Alat Musik Melodis

Biola merupakan suatu alat musik dawai yang akan dimainkan dengan cara digesek. Biola kemudian mempunyai empat senar (G-D-A-E) yang kemudian disetel serta berbeda dengan satu sama lain berupa interval yang sempurna kelima. Nada ini yang paling rendah ialah G.

Harmonika

Alat Musik Melodis

Harmonika adalah salah satu alat musik yang paling mudah untuk dimainkan. Hanya tinggal ditiup dan dihisap harmonika sudah dapat mengeluarkan suara yang cukup bagus. Harmonika ini berasal dari alat musik tradisional China dengan nama ‘Sheng’ yang telah digunakan saat kira-kira 5000 tahun lalu sejak kekaisarannya Nyu-kwa.

Angklung

Alat Musik Melodis

Angklung adalah alat musik melodi tradisional Indonesia yang namanya telah mendunia karena mempunyai bentuk serta cara bermain yang sangat unik.

Angklung adalah alat musik tradisional yang asalnya dari wilayah Sunda Jawa Barat. Alat musik yang terbuat dari bambu. Sebuah angklung mampu menghasilkan not dengan cara mengguncangnya.

Calung

Alat Musik Melodis

Calung adalah alat musik dari bambu yang berbunyi saat dimainkan dengan cara goyang. Instrumen ini dimainkan bersama angklung, karena bunyi yang dihasilkan bunyi  pentatonik yang cocok untuk dipadukan bersama instrumen tersebut.

Bonang

Alat Musik Melodis

Bonang adalah alat musik yang khas dari Jawa dengan 5 jenis not yang kemudian biasanya dimainkan bersama gamelan. Alat ini hampir sama dengan alat musik khas Minangkabau yaitu Talempong.

Baca Juga :  Rumah Adat Aceh

Seruling atau Suling

Alat Musik Melodis

Seruling adalah alat musik yang mampu dibunyikan pada saat di tiup salah satu ujungnya. Awal yang pertama kali alat musik ini berhasil diperkenalkan dari sebuah kawasan yaitu jawa Barat.

Sasando

Alat Musik Melodis

Asal alat dari Nusa Tenggara Timur, tepatnya di pulau Rote. Warga di sana memberi nama sasando dengan nama sasandu yang artinya bergetar dan berbunyi. Cara untuk memainkan alat musik dengan dipetik.

Orang dari Rote sendiri telah menggunakan alat musik ini semenjak pada masa 7 masehi.

Piano

Alat Musik Melodis

Piano lahir dari keinginan untuk dapat menggabungkan keindahan dengan nada clavichord sesuai kekuatan harpsichord. Hasrat untuk mendorong Marius dari Paris (1716).

Akordion

Alat Musik Melodis

Meskipun dari kebanyakan orang mampu menyulap gambaran mental dari sebuah accordian, banyak yang tidak mampu menyadari bahwa ada berbagai macam akordion, dikembangkan cukup lama dengan bertahun-tahun untuk genre musik yang tertentu.

Pianika

Alat Musik Melodis

Pianika dimainkan dengan cara di tekan namun dengan tiupan, tangga nada yang digunakan sama seperti alat musik umum do re mi fa so la si do serta di tiup dengan tegak.

Terompet

Alat Musik Melodis

Terompet adalah salah satu alat musik tiup yang dapat mengeluarkan suaru bunyi berapi-api yang akan dihasilkan oleh besarnya sebuah tenaga yang digunakan untuk memainkan apa fanfare namun disebabkan oleh tabung logam yang lumayan sempit, lubang silindris serta corong yang lebih lebar dengan mengembang.

Demikianlah pembahasan mengenai tentang Alat Musik Melodis, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita bersama dan sekian artikel pada kesempatan kali ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :