Barakallah Fiik Artinya

Posted on

Barakallah Fiik – Pastinya kalian pernah mendengar kalimat atau ucapan tersebut umunya digunakan saat ada sanak keluarga ataupun teman yang sedang berulang tahun, bagi anda belum mengetahui apa maksud atau penggunaan kalimat Barakallah Fiik? Anda tidak perlu bingung tentang arti dan makna kalimat. Karena pada kesempatan ini,penulis dosenpintar.com akan membahas makna dan makna “Barakallah Fiik” serta istilah dalam bahasa Arab yang umum atau umum digunakan secara lengkap dan mudah dipahami, oke langsung saja kita bahas dibawah ini.

Arti Barakallah Fiik
Arti Barakallah Fiik

Arti Barakallah Fiik (بَارَكَ اللهُ فِيْكُم)

Barakallah Fiik (dalam aksara Arab: بَارَكَ اللهُ فِيْكُم)

Barakallahu Fiik adalah salah satu kata yang bemakna ucapan dan doa atau selamat kepada umat Islam. Kalimat ini juga sangat baik untuk diucapakan agar seseorang mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Arti dari Barakallah Fiik pada dasarnya memiliki ajaran yang baik sehingga salah satunya dapat mengandung makna adalah “Barakallahu Fiik” yang artinya Allah SWT memberkati Anda, sehingga ucapan ini juga memiliki makna seperti doa yang telah diajarkan oleh Rosullah SAW.

Dibawah ini merupakan kata tambahan yang ada pada akhir kalimat ketika kita mengucapkan Barakallah,untuk memperjelas kepada siapa kita ucapkan.

fiika (فيك) untuk pria / pria
Fiiki (فيك) untuk wanita / wanita
Fikum (فيكم) Bagi banyak orang

Dimana makna dalam kalimat itu sangat baik karena kami berdoa agar seseorang akan menerima berkah dari Allah SWT.

Bentuk istilah berkah dari kalimat tersebut itu sendiri dapat berhubungan dengan keselamatan, kesehatan, rezeki, kebahagiaan, dan segala bentuk berkah lainnya agar selalu menyertainya.

Dengan demikian, mengucapkan kalimat tersebut sangat dianjurkan sehingga akan sangat bermanfaat baik bagi mereka yang kita doakan maupun bagi kita yang mendoakan.

Baca Juga :  Arti afwan

Contoh Penggunaan Kata Barakallahu Fiik

Biasanya penggunaan kata-kata Barakallahu Fiik sering digunakan dalam semua keadaan, misalnya, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Untuk mengucapkan selamat kepada seseorang yang merayakan ulang tahun. Maka biasanya ditambahkan kata pada akhir kalimat menjadi umrik sehingga berbunyi “Barakallahu fii umrik”

Untuk berterima kasih atau terutama berterima kasih kepada salah satu dari mereka yang telah memberikan kontribusi kepada kita dalam segala bentuk kebaikan atau kebaikannya.

Berdoalah untuk seseorang atas apa yang telah mereka lakukan, terutama dengan kebaikan.

Untuk mengucapkan doa kepada pasangan yang baru saja melangsungkan resepsi pernikahan, Agat Allah SWT selalu memberikan berkah bagi kehidupan baru mereka.

Berdoalah untuk seseorang yang telah sembuh dari sakitnya atau seseorang yang sedang sakit, akan tetapi lebih baik jika kita sambung dengan kata “Syafakillah” untuk wanita atau “Syafakallah” untuk pria.

Balasan Barakallah Fiik

Jika kita mendapatkan atau menerima ucapan selamat dengan kalimat seperti “Barakallahu fiik”, maka sebagai seorang Muslim kita harus menjawab kalimat ini dengan baik dan benar, jadi apa balasan yang benar untuk kalimat tersebut :

Sekarang, untuk teman-teman, jika Anda ingin membalas kata-kata yang diucapkan, sahabat dapat menjawab dengan mengatakan:

Wafiika barakallah” yang berarti: “Semoga Allah SWT juga memberkatimu”

Tetapi jika kalimat “Barakallahu fiik” diucapkan oleh wanita, kalian dapat menjawab dengan mengatakan:

Wafiiki barakallah” yang artinya: “Semoga Allah juga memberkatimu (wanita)”.

 

Jadi demikianlah uraian materi mengenai Arti Barakallah Fiik , semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga sesuai dengan kebutuhan kalian bisa menjadi referensi kalian untuk memahami pengertian kalimat tersebut, jangan lupa baca artikel lainnya dan nantikan artikel berikutnya.

Baca Juga :  Arti Allahu Yahdik

Baca Juga :