Arti Aamiin Allahumma Aamiin

Posted on

Arti Aamiin Allahumma Aamiin – Assalamualaikum warahtullahhi wabarakatuh, Dengan izin Allah, kali ini dosenpintar.com akan berbagi pengetahuan mengenai arti Aamiin Allahumma Aamiin, biasanya kalimat tersebut kerap kita ucapkan pada akhir dari sebuah doa, seorang muslim memohonkan dan berdoa kepada Allah SWT, baiklah langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini.

Arti Aamiin Allahumma Aamiin
Arti Aamiin Allahumma Aamiin

Arti Aamiin Allahumma Aamiin

Aamiin Allahumma Aamiin (Aksara arab آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن ) yang artinya: perkenankanlah ya Allah kabulkanlah pintaku.

Kata-kata ini sangat erat kaitannya dengan seorang hamba yang berdoa kepada Allah SWT, sehingga apapun yang diminta atau diinginkan Allah SWT dapat dikabulkan dari setiap doanya.

Banyak keterangan dalam ayat-ayat Alquran yang di dalam ayat tersebut Allah SWT memerintahkan kita untuk selalu berdoa dan memohon, seperti keterangan dalam firman Allah yang terkandung dalam Surah Al-A’raf ayat 55 sebagai berikut.

ٱدْعُوا۟ رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُعْتَدِينَ

Terjemah Arti: Berdoalah kepada Tuhanmu dengan suara yang rendah diri dan lembut. Tentunya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

Penggunaan Kalimat aamiin allahumma aamiin hampir mirip dengan Kalimat Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin yang memiliki makna yang sama dalam mengabulkan doa-doa kami, ya Allah Hanya Engkau pengabul doa.

Perbedaan Aamiin Yaa Robbal Aalamiin dengan Aamiin Allahumma Aamiin

  • Aamiin ya Robbal aalamiin – Memiliki Arti “Kabulkanah doa-doa kami, ya Allah,Hanya Engkau Pengabul Doa.
  • Aamiin Allahumma Aamiin – Memiliki Arti “Kabulkanlah Ya Allah Kabulkanlah”

Hadist Tentang Anjuran Berdoa

Berdoalah kepada Allah SWT, mintalah segalanya, dari hal besar hingga perkara yang kecil.  Allah  berfirman:

ادْعُونِي  أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ  عَنْ عِبَادَتِي  سَيَدْخُلُونَ   جَهَنَّمَ   دَاخِرِينَ

“Berdoalah kepadaKu, Aku mengabulkan doa-doa kalian. Sungguh orang-orang yang sombong karena  tidak mau beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke  neraka Jahannam dalam keadaan hina ” (QS. Ghafir: 60).

Baca Juga :  Kaifa Haluk Artinya

Dalam qudsi hadits, Allah Ta’ala mengatakan:

Arti Aamiin Allahumma Aamiin

Manfaat Doa

Setidaknya ada tujuh keutaman dari doa diriwayatkan oleh ‘Sheikh Kholid Al-Husainan dalam buku Aktsaru min Alfi Da’wah f al-Yaumi wa al-Laili, diantaranya sebagai berikut.

  • Doa adalah bentuk hamba yang menunjukkan bukti ketaatan kepada Allah. Karena sholat adalah bagian dari ibadah yang dalam hal ini memang diatur oleh Allah SWT.
  • Doa juga bisa bermanfaat sebagai perantara dalam melawan bencana sebelum itu terjadi, atau bisa juga menjadi penyebab terulangnya bencana jika itu terjadi.
  • Kemudian hasil atau buah dari doa itu dijamin oleh Allah SWT. Yang berarti tidak ada doa yang sia-sia. Bisa juga pada saat itu dia berdoa pada waktu itu agar doa itu dikabulkan atau bisa juga menjadi tabungan bagi kita atau menabung nanti di akhirat Atau bisa seperti Penolakan dapat menghindari bahaya yang akan terjadi padanya.
  • Kemudian, berdoa juga bisa menjadi sebab yang memberi kita kekuatan dan mendapat bantuan dari Allah. Dilindungi dari berbagai kejahatan, baik serangan musuh atau berbagai hal yang tidak diinginkan lainnya.
  • Kemudian, berdoa juga bisa menjadi simbol / tanda ketaatan seorang hamba kepada Allah SWT.
  • Doa juga merupakan tanda penyerahan diri / bukti penyerahan diri. Yang berarti orang yang sholat adalah orang yang sangat pasrah kepada Allah. Di mana Dia menyerahkan semua urusanya hanya kepada Allah.
  • Manfaat berdoa juga bisa menjauhkan kita dari murka Allah SWT. Yang artinya kita berdoa kepada Allah SWT. Berarti kita mengakui bahwa kita tidak memiliki daya dan upaya selain tanpa izin Allah.
  • Karena kelangsungan hidup kita tergantung pada takdir Allah. Jadi dengan berdoa, dia menyadari keterbatasan dan kelemahan yang terdapat dalam dirinya.
Baca Juga :  Arti Allahu Yahdik

Jadi demikianlah uraian materi mengenai Arti Amin Allahuma Amin, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua yang membacanyaserta menjadi referensi kalian untuk memahami pengertian materi tersebut, jangan lupa baca artikel lainnya yang menarik.

Baca Juga :