Pengertian Paradigma

Posted on

Pengertian Paradigma – Kalian tahu tidak apa itu paradigma? Jengkel sekali bukan ketika kita paham dengan bahasa kita sendiri namun tidak bisa menyampaikannya kepada orang lain, tenang saja dosenpintar.com punya solusinya, kalian bisa menyampaikannya kepada orang lain dengan terlebih dahulu baca artikel dibawah ini.

Pengertian Paradigma

Pengertian Paradigma Secara Umum

Berdasarkan etimologis, paradigma merupakan istilah yang pada dasarnya dari Yunani dari kata dasar yaitu “para” yang maknanya samping atau sebelah, sedangkan “diegma” adalah arketif, ideal, model atau teladan. Disebutkan juga menurut terminologis, paradigma ini memiliki arti sebagai suatu pandangan maupun cara pandang dari sudut yang berbeda digunakan sebagai bentuk menilai dunia.

Kesimpulannya paragima merupakan cara pandang seseorang terhadap suatu situasi yang mempengaruhi pola fikir seorang individu dalam menjalani kehidupan bemasyarakat.

Pengertian Paradigma Menurut Para Ahli

  • Robert Cohenn

    Robert Cohenn memberikan pendapat bahwa pengertian paradigma yang berarti sebagai sebuah acuan atau tujuan juga inti yang bersifat filosofis difungsikan sebagai bentuk pelaksana suatu motif.

  • Egon G. Guba

    Egon G. Guba menyatakan paradigma sebagai bentuk suatu keyakinan dasar yang dipercaya mampu membimbing ataupun menuntut sikap manusia dalam melakukan tindakan.

  • Robert Freidrichs

    Menurut Robert Freidrichs, paradigma merupakan nilai yang dapat membentuk pola pikir masyarakat yang menjadi sudut pandang maka dari itu terbentuklah citra yang subjektif yang ditunjukan masyarakat  untuk menghadapi realita-realita yang berujung pada sebuah ketentuan untuk memecahkan bagaimana cara kita menangani realita yang ada.

  • Thomas Kuhn

    Paradigma adalah dasar landasan untuk berpikir juga merupakan konsep dasar difungsikan sebagai pola dalam membentuk usaha yang diinginkan, dengan mengandalkan pembelajaran dari keilmuan yang telah dilakukannya.

 

Macam-Macam Paradigma

Macam Paradigma Berdasarkan Bidang

  • Paradigma Bidang Kehidupan Antar Umat Beragama
  • Paradigma Bidang  Sosial Budaya
  • Paradigma Bidang Hukum
  • Paradigma Bidang Ekonomi
  • Paradigma Bidang Politik

Macam Paradigma Berdasarkan Contohnya

1. Paradigma rekonstruksi teori

Paradigma ini didasarkan  menggunakan metode teori sebagai dasar acuan mencapai tujuan yang bersifat relevan dan berkesinambungan yang jelas.

2. Paradigma piramida

Paradigma ini menggunakan konsep dengan banyak macam berbentuk piramida sebagaimana namanya mulai dari piramida ganda, berlapis hingga piramida terbalik.

3. Paradigma kualitatif

Berdasarkan metode kualitatafi, mungkin sering mendengar metode yang satu ini, sebagai mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir ataupun skripsi metode ini menjadi acuan dalam menentukan teori yang akan dipakai dan sebagai pandangan awal untuk memecahkan suatu masalah sesuai konsep.

4. Paradigma siklus empiris

Paradigma ini sebagai siklus penentu keadaan ilmiah.

5. Paradigma deduksi-induksi

Paradigma yang terfokus pada proses mulai dari pengumpulan data hingga kesimpulan yang dapat diambil.

Contoh Paradigma

Pancasila Sebagai Paradigma

Memiliki maksud dengan menjadikan Pancasila sebagai acuan ataupun pedoman dalam bemasyarakat dan bernegara supaya mampu menghadapi semua aspek-aspek permasalahan yang akan dihadapai masyarakat, dalam hidup berbangsa, dan juga bernegara, dengan tujuan mampu mencapai semua tujuan nasional.

Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Nasional

  • Pembangunan Nasional ditujukan untuk mewujudkan tujuan Nasional Bangsa
  • Usaha untuk meningkatkan kualitas individu dan juga seluruh masyarakat Indonesia yang dilakukan dalam jangka waktu yang panjang sesuai kemampuan, dengan cara memanfaatkan kemajuan dari iptek, tantangan global, serta juga mengacu pada wujud kepribadian bangsa serta nilai luhur yang universal untuk mencapai kehidupan bangsa yang berdaulat, maju, mandiri, adil, sejahtera, beretika dan bermoral tinggi.
  • Paradigma pembangunan adalah mengembangkan nilai luhur dari pancasila, dan menjadikan pancasila sebagai tujuan Pembangunan Nasional, dasar berprilaku dan bertindak, dan juga sebagai pedoman.

Pelaksanaan Dan Pengalaman Pancasila

  • Pelaksanaan Pancasila: tindakan dalam penerapan dari nilai-nilai Pancasila yang dilakukan oleh seluruh warganegara yang merupakan sebuah kewajiban dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, juga berbangsa, dan hidup bernegara.
  • Pengamalan Pancasila: pelaksanaan dalam mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila yang wajib dilakukan oleh seluruh warganegara Indonesia dengan penuh rasa kesadaran dan juga rasa tanggung jawab dalam menjalani kehidupan bernegara, bangsa dan lingkungan masyarakat.

Demikianlah materi mengenai Pengertian Paradigma, macam, jenis dan contoh, semoga artikel yang kami sajikan dapat bermanfaat dan jangan pernah bosan membaca sobat. Jumpa lagi diartikel lainnya yang pastinya menarik.

Baca Juga :

 

Baca Juga :  Pengertian Budi Pekerti