Pengertian Seni Rupa

Kembali lagi bersama dosenpintar.com Apa kabar kalian semua ? Tentunya baik dong kan, atau lagi pusing dengan tugas ? tugas apa ? kalau tugas mengenai Seni Rupa, tepat sekali karena kali ini kita akan membagikan artikel mengenai seni rupa, jadi mari langsung saja kita baca bersama pemaparan dibawah ini.

Pengertian Seni Rupa
 

Pengertian Seni Rupa

Seni Rupa merupakan suatu cara untuk menampilkan berbagai keindahan dalam bentuk-bentuk karya yang dapat dilihat, dirasa, diraba dan juga dinikmati semua orang.
 

Pengertian Seni Rupa Dari Berbagai Ahli

Haukin

Berpendapat kalau seni rupa itu adalah ungkapan ekspresi dari jiwa semua orang yang mengimajinasikan suatu bentuk yang indah serta dapat diungkapkan dan dinikmati oleh dunia dalam suatu pagelaran pertunjukan ataupun pameran.

Kamala Devi Chattopadhayaya.

Seorang reformis dari India yang menyebutkan seni rupa merupakan desakan dari ekspresi diri dalam sebuah bentuk yang dapat menjadikan seseorang bisa untuk meluapkan atau menyampaikan  apa yang sedang ia rasakan sehingga mampu dibaca atau tertangkap oleh semua orang yang menikmati karyanya.

Baca Juga :  Lagu Daerah : Pengertian, Fungsi dan Contoh Lagu Daerah

La Mery

Seni rupa adalah bentuk penyampaian ekspresi baik secara simbolis dengan wujud dan bentuk-bentuk yang lebih tinggi dan indah serta yang dinetralisir untuk menjadi sebuah wujud-wujud yang indah sebagai bentuk dari pengekspresian diri serta emosi jiwa.

Coorig Hartong

Seni rupa adalah kumpulan seni yang menjadi sebuah bentuk seni untuk menyampaikan pengekspresian diri serta emosi yang ditujukan agar semua orang dapat melihat dan merasakannya.

Sussane K langer.

Memberikan definisi seni rupa ialah suatu bentuk karya dari manusia yang memiliki unsur indah serta yang dapat dinikmati rasanya oleh orang lain lewat nilai keindahannya.
 

Pengertian Seni Rupa Berdasarkan Ragam Fungsinya

  1.  Pengertian Dari Seni Rupa Murni

    Seni rupa murni adalah seni rupa yang mementingkan atau memfokuskan pada keindahannya saja bukan pada segi kegunaan suatu karya. Dalam hal ini karya seni murni hanya dinikmati keindahannya saja hal lain hanya sebagai pelengkap saja.

  2. Pengertian Dari Seni Rupa Terapan

    Seni rupa terapan merupakan seni yang sangat mengutamakn fungsi dari karya yang diciptakan. Tetapi karya seni rupa terapan ini juga masih memiliki keindahan namun, yang utama tetap kegunaan dari karya yang dihasilkan.

 

Pengertian Seni Rupa Berdasarkan Ragam Wujudnya

1. Pengertian Dari Seni Rupa Dua Dimensi

Seni rupa dua dimensi ini adalah seni yang hanya memiliki ukuran panjang dan lebar serta hanya dapat dilihat dari satu sisi saja, contohnya adalah lukisan.

2. Pengertian Dari Seni Rupa Tiga Dimensi

Seni rupa terapan adalah karya seni yang selain memiliki ukuran lebar dan panjang juga memiliki ukuran tinggi serta juga memiliki sebuah ruang. Contohnya adalah patung.
 

Fungsi Seni Rupa

  1. Fungsi Individu

    Fungsi individu ini dimaksudkan bahwa seorang seniman menciptakan karya untuk dinikmati sendiri untuk kepuasan hatinya sendiri, dengan fungsi ini umumnya karya yang dihasilkan mengandung pesan moral yang dirasakan oleh seniman tersebut seperti sedang bahagia, marah dan juga bisa sedih.

  2. Fungsi Sosial

    Fungsi sosial ini dimaksudkan bahwa seniman menciptakan suatu karya untuk dipentaskan untuk ditunjukan kepada orang banyak sehingga orang-orang mampu menikmatinya serta mendapat nilai atau komentar tersendiri dari masnyarakat.

 

Macam-Macam Seni Rupa

1. Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsi seni rupa terbagi menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni merupakan seni yang dibuat berdasarkan ide seniman yang mengandung unsur keindahan. Sedangkan seni rupa terapan adalah seni yang dibuat oleh seniman unruk membantu dan mempermudah aktivitas manusia.

2. Seni Rupa Berdsarkan Wujudnya

Berdasarkan wujudnya seni rupa juga terbagi menjadi 2 yaitu, seni rupa dua dimensi dan juga seni rupa tiga dimensi. Seni rupa dua dimensi adalah seni yang hanya memiliki ukuran panjang dan lebar serta hanya dapat dinikmati pada satu sisi. Sedangkan seni rupa tiga dimensi adalah seni yang bukan hanya memiliki ukuran panjang dan lebar saja namun juga memiliki tinggi serta berbentuk ruang.

3. Seni Rupa Berdasarkan Masanya

Berdasarkan masanya terbagi menjadi 3 yaitu seni rupa tradisional, seni rupa modern dan seni rupa kontemporer.

Seni rupa tradisional ini memiliki sifat statis, nilai pola dan bentuknya tidak berubah hingga saat ini. Sedangkan seni rupa modern bersifat individualis dan diubah melalui kekreatifitasan.  Terakhir adalah senii rupa kontemporer merupakan sebuah karya seni yang muncul pada masa tertentu serta berubah seiringnya perkembangan zaman.
 

Unsur-Unsur Seni Rupa

1. Titik

Titik merupakan unsur paling kecil dalam karya seni rupa merupakan tahap awal proses pembuatan.

2. Garis

Garis merupakan penggabungan dari beberapa titik sehingga membentuk garis yang lurus atau melengkung.

3. Bidang

Unsur ini merupakan gabungan dari beberapa garis sehingga terbentuklah suatu bidang yang memiliki keindahan tersendiri.

4. Bentuk

Pada unsur bentuk karya seni telah mendapat kelihat seperti hidup dan keindahan yang sepadan oleh perpaduan yang diciptakan seniman.

5. Ruang

Ruang yang dimaksud adalah wujud dari karya seni ini, bisa dua dimensi yang hanya bisa dilihat dari satu sisi, ada juga yang tiga dimensi yang bisa kita lihat dari berbagai sisi.

6. Warna

Unsur warna sangat penting karena menggambarkan suasana hati, tergantung dengan kemahiran seniman memadupadankan warna pada hasil karyanya.

7. Tekstur

Tekstur adalah keadaan yang dapat kita lihat dari suatu karya, bisa berwujud nyata dan juga bisa semu.

8. Gelap Terang

Karya seni yang telihat hidup dan terang, gelap terang ini tergantung pada intensitas cahaya pada saat proses pembuatan.

Demikianlah uraian materi mengenai Pengertian Seni Rupa terlengkap versi dosenpintar.com. Jangan bosan tunggu artikel berikutnya sobat-sobat dosenpintar.

Baca Juga :

 

(Visited 30 times, 2 visits today)