Contoh Organisasi Sosial

Posted on

Contoh Organisasi Sosial – Hai sobat dosenpintar.com jumpa lagi, dikesempatan kali ini penulis akan membagikan artikel mengenai tentang Pengertian, Tujuan, Unsur Contoh Organisasi Sosial serta Peran Organisasi Sosial Dalam Masyarakat. Untuk lebih jelasnya mari simak artikel dibawah ini.

Pengertian Organisasi Sosial
Pengertian Organisasi Sosial

Pengertian Organisasi Sosial

Organisasi sosial merupakan wadah berkumpulnya individu-individu yang berperan sebagai anggota yang setiap tindakan atau dalam bersikap setiap anggotanya organisir, dan umumnya memiliki tujuan dan aturan yang telah disepakati bersama.

Tujuan Organisasis Sosial

  1. Bertujuan untuk saling menjaga silaturahmi
  2. Dengan tujuan sebagai media sharing antar anggota
  3. Bertujuan mencapai suatu yang ditargetkan
  4. Bertujuan menjalin relasi yang lebih luas
  5. Dengan tujuan membantu sesama

Unsur-unsur organisasi sosial

Kumpulan Individu

Anggota dari setiap organisasi sosial dari berbagai penjuru inilah yang disebut kumpulan individu yang menjadi unsur utama, karena tidak ada organisasi jika tidak ada anggota.

Interaksi Sosial

Maksudnya sebagai media setiap anggota untuk saling bertukar fikiran, bekerja sama, saling membantu dan saling berkomunikasi antara satu anggota dengan yang lain. Mencegah terjadinya miskomunikasi.

Lembaga Sosial

Lembaga sosial ini merupakan kumpulan aspek kehidupan dalam bersosialisasi berbentuk institut yang merumuskan berbagai tujuan.

Peran Sosial

Peran sosial ini didapat dari posisi atau kedudukan serta fungsi anggota didalam sebuah organisasi sesuai tanggung jawab masing-masing.

Kelas Sosial

Unsur ini dibedakan dari kedudukan atau tingkat anggota dilingkungan masyarakat, umumnya kalangan elit lebih sedikit yang ikut serta sebagai anggota organisasi sosial.

Baca Juga :  Pengertian Paradigma

Tujuan Organisasi

Merupakan tujuan utama yang disepakati secara bersama sama dan diusahakan untuk mencapainya dengan kerja bersama-sama oleh para anggota organisasi tersebut, tanpa membedakan tanggung jawab berdasarkan status sosial, karena didalam sebuah organisasi semua kedudukan anggota sama rata.

Contoh Organisasi Sosial

Organisasi Masyarakat

Ormas merupakan singkatan yang sering disebut untuk organisasi kemasyarakatan. Ormas ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita banyak sekali contoh ormas disekitar kita tinggal, seperti ormas pendonor darah, ormas penalangan bencana alam dan lain sebagainya dan juga di Indonesia ini banyak sekali ormas legal maupun ilegal. Ada yang bergerak dibidang keagamaan dua ormas itu ialah Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Keluarga

Keluarga termasuk contoh organisasi sosial karena didalam keluarga kita memiliki peran masing masing dengan tujuan atau visi menjadi keluarga yang sakinah mawaddah dan warohmah, serta selalu bekerja sama untuk bertahan hidup dan saling berbagi cerita serta saran dan solusi untuk memecahkan suatu permasalahan.

Rumah Sakit Swasta

Rumah sakit swasta sebagai tempat atau wadah yang dipercaya undang-undang utuk membantu individu-individu yang membutuhkan pertolongan dengan peraturan yang terorganisir sehingga bisa disebut organisasi sosial. Tempat ini juga berkumpul individu dengan peran mereka masing masing, seperti pasien, suster,dokter  yang saling bekerja sama memberikan pelayanan terbaik.

Organisasi Pemuda

Organisasi pemuda ini biasanya atau umumnya menjadi salah satu tombak bagi pemuda bangsa menyalurkan aspirasi, bakat, minat mereka tentunya dengan pergerakan yang positif, salah satunya adalah organisasi karang taruna dan lain sebagainya.

Sistem Keamanan Lingkungan

Siskamling umumnya sebutan organisasi sosial ini, yang bergerak dibagian keamanan setiap daerah, dimana yang bertugas merupakan para bapak-bapak kepala rumah tangga yang bergilir tugas sesuai jadwal dengan tujuan menjaga lingkungan tempat tinggal dari hal yang tidak diinginkan serta membantu sistem keamanan para aparatur negara.

Baca Juga :  Lembaga Peradilan Di Indonesia

Pembangunan Kesejahteraan Keluarga

Organisasi ini sudah lama berdiri yang dibuat oleh pemerintah dengan tujuan mencapai kehidupan keluarga yang berkecukupan sebagaimana telah disepakati dari tahun tahun sebelumnya.

Yayasan Konsumen Indonesia

Yayasan Konsumen Indonesia merupakan salah satu bentuk dalam pengupayaan dari konsumen terhadap berbagai macam produk-produk yang akan dijual, maka tercipta kesadran warga untuk menjadi konsumen yang cerdas.

Tabungan dan Koperasi Kredit

Merupakan organisasi yang bergerak dibidang ekonomi yang bertujuan untuk membantu mempermudah menangani masalah atau beban ekonomi setiap anggotanya, bahkan setiap anggota mendapat keuntungan juga bukan hanya terbantu untuk memecahkan masalah beban ekonomi saja.

Lembaga Bantuan Hukum

Lembaga Bantuan Hukum ialah sebuah bentuk keterlibatan dalam bidang kasus dilingkup hukum, dimana yang bersangkutan tidak dapat menyewa jasa pengacara untuk membela diri, organisasi ini adalah sebagai bentuk lembaga yang membantu dibidang hukum.

Peran Organisasi Sosial Dalam Masyarakat

Organisasi sosial sangat penting dilingkungan bermasnyarakat karena dapat membantu masyarakat agar ebih aktif dalam lingkungannya. Serta mendukung terjadinya proses sosialisasi yang menjadi wadah menyalurkan aspirasi kumpulan masyarakat.

Organisasi juga bisa berperan sebagai titik kontrol untuk beberapa kebijakan-kebijakan terhadap para tenaga kerja di pemerintahan yang sedang bertugas dimasa ini, dengan sebutan lain adalah organisasi yang berbasis politik. Serta berfungsi sebagai organisasi yang dapat menjadi pendukung-pendukung dalam bidang pemerintahan.

Jadi demikian lah sobat-sobat artikel dari author kali ini mengenai tentang Contoh Organisasi Sosial terlengkap kali ini, semoga pemaparan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua, terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel berikutnya sobat.

Baca Juga :