Contoh Latar Belakang Laporan

Posted on

Contoh Latar Belakang Laporan – Kembali lagi penulis dosenpintar.com membagikan sebuah artikel mengenai tentang Contoh Latar Belakang Laporan, akan ada beberapa contoh yang akan penulis bagikan bersama artikel ini, nah untuk sobat yang penasaran akan beberapa Contoh Latar Belakang Laporan ini dapat sobat simak artikel berikut dibawah ini.

Contoh Latar Belakang Laporan
Contoh Latar Belakang Laporan

Pengertian Latar Belakang

Latar belakang merupakan suatu penjelasan dengan bentuk uraian beberapa paragraf yang memiliki alasan mengapa karya tulis tersebut dibuat. Contohnya, jika untuk karya ilmiah artinya sobat harus menjelaskan kenapa topik karya ilmiah disusun. Apabila yang disusun proposal pensi, maka akan mengulas alasan mengapa pensi diselenggarakan. Dengan disusun latar belakang, pembaca akan menjadi tahu hal disampaikan dalam suatu karya ilmiah.

Contoh Latar Belakang yang Baik dan Benar

Adapun beberapa contoh mengenai latar belakang yang disebut baik dan benar adalah sebagai berikut dibawah ini.

Contoh Latar Belakang Analisis Penerapan Metode Belajar

Judul : Analisis Penerapan Metode Belajar Dengan Melihat Video Bagi Siswa SD

Analisis Penerapan Metode Belajar Dengan Melihat Video Bagi Siswa SD

Belajar merupakan sebuah proses dalam menyerap ilmu pengetahuan dengan dicari sendiri serta berdasarkan bimbingan. Di Negara kita, proses belajar umumnya dari SD atau Sekolah Dasar.

Di jenjang SD, pelajar akan dibekali dengan keterampilan dasar yaitu harus menjadi manusia yang dapat membaca dan menulis. Ini menjadikan jenjang SD sangat penting.

Selain membaca dan mencatat terdapat satu metode pembelajaran lagi yang dapat dilakukan yaitu metode pembelajaran visual dengan media video.

Siswa SD dapat menonton video yang edukatif sangat menarik untuk mereka tonton. Video kemudian di iringi dengan musik yang mempunyai warna cerah dengan warna-warna kesukaan anak-anak.

Siswa SD umumnya memiliki rentang usia 7 hingga 13 tahun. Usia anak ini cenderung suka menonton. Seperti kebiasaan mereka yang suka menonton televisi.

Metode pembelajaran menggunakan media video, dapat dijadikan solusi untuk menjadikan suasana di kelas lebih aktif. Video-video yang ditonton harus video edukasi yang dapat memberikan pelajaran yang tidak membosankan.

Seberapa efektif pembelajaran dengan menggunakan video untuk siswa SD ini dapat diteliti serta diamati lebih dalam. Oleh kerena itu, dalam skripsi ini saya mengangkat judul “Analisis Metode Belajar Dengan Media Video Untuk Siswa SD”.

Contoh Latar Belakang Observasi Sekolah

Judul : Hasil Observasi Sekolah Ke Sekolah Jaya Pintar

Hasil Observasi Sekolah Ke Sekolah Jaya Pintar

Pendidikan merupakan hal yang penting untuk kemudian dijaga kualitasnya. Kualitas harus utama diperhatikan dalam dunia pendidikan ialah kualitas guru. Seorang guru dapat dikatakan sebagai penentu baik atau buruk kualitas dari pelajaran yang didapatkan oleh pelajar.

Oleh karena itu, apabila ada banyak usaha dilakukan untuk dapat melakukan peningkatan kualitas dari seorang guru sebagai seorang pendidik. Jika kualitas guru pengajar bagus, maka pendidikan akan mengalami suatu kemajuan.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas guru. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan observasi ke sekolah.

Jadi ketika dilakukan observasi sekolah kegiatan pengamatan di sekolah. Pengamatan ini dilakukan oleh guru yang telah berpengalaman maupun dilakukan calon guru yang sedang menempuh pendidikan.

Dalam kegiatan observasi ini, akan banyak kegiatan yang dilakukan oleh calon guru maupun guru. Beberapa dari kegiatan yang akan dilakukan tersebut seperti pengamatan bagaimana proses belajar serta mengajar di kelas, bagaimana interaksi guru dengan siswa dan lain lain.

Contoh Latar Belakang Tugas Akhir Manajemen

Judul : Analisis Terhadap Sistem Manajemen Bisnis Online Yang Dilakukan Pelaku UKM

Analisis Terhadap Sistem Manajemen Bisnis Online Yang Dilakukan Pelaku UKM

Bisnis online adalah kegiatan bisnis yang dilakukan melalui internet. Ada banyak jenis bisnis online yang dapat dijalankan. Salah satu contoh bisnis online adalah UKM yang disebut Usaha Kecil Dan Menengah.

UKM umumya menggunakan sistem online untuk dapat memasarkan produk yang akan mereka produksi. Tidak dapat dipungkiri jika sistem online membantu pelaku UKM dalam proses memasarkan produk.

Baca Juga :  Contoh Pendahuluan Makalah

Internet marketing atau lebih mudah disebut pemasaran secara online adalah cara yang ampuh untuk dapat menjangkau konsumen. Lewat dari sistem online UKM dapat memperluas sebuah jangkauannya.

Memang tidak semua UKM menerapkan sistem online, namun sistem marketing online telah diterapkan oleh banyak UKM. Sistem online yang akan dijalankan dalam UKM masih menggunakan sistem yang sederhana.

Manajemen bisnis online yang akan digunakan pelaku UKM menjadi sebuah faktor penting pemasaran yang mereka bangun. Bisnis online yang baik adalah sebuah bisnis online yang mempunyai manajemen yang baik dan teratur.

Tanpa manajemen bisnis online yang teratur, maka tidak menurup kemungkinan sistem pemasaran berjalan optimal. Bahkan tidak jarang pula manajemen yang buruk akan membuat bisnis menjadi bangkrut (gulung tikar).

Pentingnya untuk menganalisis sistem manajemen berbasis bisnis online yang dilakukan para pelaku UKM dikarenakan mempengaruhi suatu kesuksesan UKM. UKM adalah suatu usaha penting dengan membantu perekonomian seorang rakyat.

Membantu suatu kemajuan UKM dengan membantu memutar sebuah roda perekonomian dari rakyat. Hal ini juga jelas akan sangat dapat menguntungkan untuk masyarakat luas.

Contoh Latar Belakang Proposal Kegiatan

Judul : Proposal Kegiatan Acara Semarak Kemerdekaan Di Desa Cinta Rukun

Proposal Kegiatan Acara Semarak Kemerdekaan Di Desa Cinta Rukun

Semarak memperingati hari kemerdekaan RI merupakan kegiatan tahunan yang selalu Negara kita lakukan. Dengan berbagai kegiatan yang telah panitia susun untuk diikuti oleh warga setempat.

Merupakan hal biasa ketika diadakan berbagai lomba seperti lomba makan kerupuk, panjat pinang, balap karung dan mancing botol. Maka dari itu muncul sebuah ide bagaimana jika pada tahun ini akan diadakan lomba baru yang tidak mengurangi ciri khas dari kegiatan ini

Dengan anak anak serta warga yang lebih aktif membuat panitia terdesak untuk menciptakan perlombaan sesuai dengan zaman sekarang. Maka kami panitia sepakat untuk melanjutkan perlombaan yang telah turun temurun dengan menambah berbagai kegiatan lomba lain.

Adapun beberapa lomba yang telah panitia rancang ialah menyanyikan lagu Wajib serta Nasional dengan kekreatifan masing masing, lomba Latihan Baris berbaris, lomba memanfaatkan barang bekas menjadi barang jadi dan lain sebagainya.

Contoh Latar Belakang Makalah Agama

Judul Makalah : Pentingnya Mengajari Anak Untuk Sholat Sejak Dini

Pentingnya Mengajari Anak Untuk Sholat Sejak Dini

Sholat merupakan sebagai tiang agama,  sholat ialah ibadah yang paling uatma dari ibadah lain. Pada saat di hari akhir, amal ibadah yang akan dihitung pertama merupakan ibadah shalat.

Oleh karena itu, mengajari anak untuk dapat sholat sedini mungkin sangat penting. Tak terkecuali anak perempuan dan laki-laki.

Proses dari pengajaran ini dengan cara lembut dan usahakan disukai anak. Apalagi dalam mata pelajaran agama yang ada di sekolah terbatas, sehingga untuk pembelajaran tentang sholat tidak akan maksimal.

Jika kedua orang tua terlalu sibuk, ada baiknya solusi yang ditempuh adalah anak di masukkan dalam majelis anak bukan hanya les privat sana sini yang hanya untuk memenuhi kepentingan dunia.

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian anak, seperti dengan menciptakan suasana di masjid menjadi kesukaan anak anak. Manfaat mengajari anak sholat sangat banyak. Sholat dapat merubah karakter seorang anak.

Sehingga harapannya nanti anak-anak dapat terhindar dari sifat yang nakal. Hal ini yang jelas akan sangat memberikan keuntungan orangtua serta lingkungan. Banyak juga pihak yang sadar dan mengetahui apa dan bagaimana cara melatih anak supaya mau sholat.

Contoh Latar Belakang Laporan Study Tour

Judul : Laporan Kegiatan Study Tour Ke Bali

Laporan Kegiatan Study Tour Ke Bali

Bali merupakan pulau sekaligus propinsi di Indonesia tengah. Pulau yang dikenal dengan kecantikan alam dan budayanya. Kawasan ini satu-satunya tempat mayoritas orang Hindu di Indonesia.

Ada proses pembelajaran yang dapat dilakukan di pulau Bali. Bali menawarkan berbagai pengetahuan mengenai budaya, keindahan alam serta pengetahuan keberagaman masyarakat.

Alasan istimewa ini yang membuat pulau Bali dipilih menjadi tempat study tour siswa SMA Berani Pintar. Tempat-tempat yang akan dikunjungi oleh para siswa dan siswi. Kegiatan dilakukan  sangat banyak sekali disini.

Beberapa tempat yang dapat dikunjungi oleh siswa yaitu Pantai Kuta, Pura Tanah Loh, disini selain belajar semua pihak juga dapat merasakan liburan. Siswa dapat mengenal dengan lebih dekat mengenai Bali paham akan kondisi Bali. Hal ini akan menambah wawasan pelajat SMA Berani Pintar.

Baca Juga :  Kumpulan Ucapan Idul Fitri 1441 H - Lengkap 2020

Kegiatan ini harus terus diadakan, supaya siswa dapatbelajar banyak hal. Indonesia ini terbentang sangat luas dari Sabang hingga Merauke. Siswa harus dapat memahami akan keberagaman budaya dari bangsa kita sangat besar dan luas.

Dengan adanya pemahaman keberagaman yang sangat baik, maka siswa dapat tumbuh rasa kebangsaan yang tinggi. Rasa dari kebangsaan yang tinggi.

Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Makanan

Judul : Proposal Usaha Makanan Jasuke (Jagung Susu Keju) Di Lingkungan Kampus

Proposal Usaha Makanan Jasuke (Jagung Susu Keju) Di Lingkungan Kampus

Makanan merupakan kebutuhan pokok dari manusia untuk daapat melanjutkan hidup. Dikarenakan makanan itu kebutuhan penting, produk-produk yang menjadi makanan pokok selalu laris di pasaran. Manusia dapat hidup tanpa adanya gadget, tetapi jelas manusia tidak dapat hidup tanpa asupan makanan.

Apalagi di kalangan lingkungan kampus, mahasiswa merupakan orang yang selalu merasakan lapar. Karena kegiatan yang teramat menguras fikiran dan energi. Sebuah penelitian telah membuktikan belajar dan beraktivitas otak membutuhkan energi besar.

Mahasiswa adalah orang yang menggunakan otak untuk belajar, yang membuat mereka membutuhkan energi yang besar. Cara dalam pemenuhan energi adalah dengan cara makan.

Salah satu makanan yang dapat membuat energi mahasiswa ini kemudian cepat pulih adalah Jasuke. Jasuke ini singkatan Jagung Susu Keju. Makanan yang terdiri dari jagung rebus, susu kental manis dengan tambahan keju parut diatasnya.

Rasa Jasuke gurih serta manis ciri khas. Apalagi saat Jasuke umumnya dtambah saus buah. Saus buah varian strawberi dan blueberry.

Jasuke menjadi makanan favorit di kalangan mahasiswa. Karena Jasuke adalah makanan bergizi dan murah. Mahasiswa adalah konsumen cerdas. Meraka sudah paham apa yang baik dan tidak baik untuk mereka makan, hal ini membuat omset penjualan jasuke di kampus besar.

Usaha ini tidak juga membutuhkan banyak peralatan dalam pembuatannya.  Cara penyajian dari Jasuke juga terbilang dengan cepat dan dapat dilakukan siapa saja. Usaha Jasuke yang ada di kampus pasti akan laris manis serta mendapatkan keuntungan yang besar.

Contoh Latar Belakang Laporan Magang

Judul : Laporan Magang Mahasiswa Jurusan  Teknik Sipil

Laporan Magang Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil

Selain mendapar gelar tujuan dari kuliah ialah mendapatkan keterampilan. Keterampilan ini dapat digunakan di tempat bekerja setelah lulus. Tanpa keterampilan maka dapat dikatakan jika kegiatan kuliah sia-sia.

Untuk memperoleh teori penting, mahasiswa mendapatkannya di dalam kelas serta perpustakaan. Namun untuk keterampilan tidak dapat hanya didapatkan di dalam kelas serta perpustakaan. Keterampilan ini harus didapatkan di lapangan secara langsung.

Maksudnya mahasiswa mendapatkan keterampilan sesungguhnya harus terjun lapangan. Dengan terjun langsung di lapangan kerja harus dirasakan.

Salah satu cara yang bagus dengan PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau akan memberikan pengalaman serta keterampilan yang berguna untuk mahasiswa.

Dengan magang mahasiswa akan terjun ke lapangan kerja. Dengan memegang tanggung jawab dan merasakan tekanan kerja sebenarnya, mahasiswa kemudian diharapkan tidak kaget saat benar benar bekerja setelah lulus

Sehingga mahasiswa bukan hanya kaya teori namun mempunya pengalaman dalam bekerja di tempat yang memang seharusnya. Kegiatan magang merupakan kegiatan yang sangat memiliki berbagai manfaat bagi mahasiswa.

Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah

Judul : Solusi Terbaik Untuk Mengatasi  Limbah Yang Mencemari Lingkungan

Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Limbah Yang Mencemari Lingkungan

Limbah merupakan zat sisa yang tidak memiliki nilai guna lagi dan dapat dibuang. jenis limbah yang ada di sekitar kita sangat banyak. Seperti limbah rumah sakit,  limbah  pabrik, limbah rumah tangga serta limbah lainnya.

Bentuk limbah berbentuk padat, cair bahkan ada juga limbah yang dengan bentuk gas. Apapun dari bentuknya, limbah tetap mempunyai potensi utama yaitu dengan mengotori lingkungan.

Limbah padat ini dapat mengotori daratan, contohnya di jalanan dan pemukiman. Sedangkan jika limbah cair mengotori kolam, sungai bahkan parahnya di lautan. Limbah gas mencemari udara di lingkungan sekitar kita.

Kondisi dari pencemaran limbah terus terjadi dari hari ke hari selalu bertambah dengan parah. Hal ini merupakan bukti dengan permasalahan yang akan menimpa lingkungan oleh limbah.

Banyak ikan mati di sungai akibat dari pencemaran limbah pabrik. Di sisi lain, terdapat banyak orang terkena asma dengan sesak napas akibat dari pencemaran udara limbah gas.

Untuk dampak ini harus ada solusi yang dibuat masyarakat untuk penanganan dari  limbah. Sahingga dampak ini dapat diatasi dan jika dibiarkan larut maka akan berdampak pada bumi kita ini.

Baca Juga :  Pengertian Cerita Rakyat

Kembali lagi terjadi pencemaran ini terjadi karena manusia dan akan merepotkan manusia itu sendiri. Maka dari itu sebelum terjadi perbaikan harus dilakukan pencegahan pencemaran limbah.

Contoh Latar Belakang Laporan Praktikum

Judul : Analisa Cara Membuat Program Sistem Informasi

Analisa Cara Membuat Program Sistem Informasi

Praktikum adalah kegiatan dengan mendukung kegiatan dalam belajar mengajar serta diharapkan dengan dapat memaksimalkan serta memberi pemahaman mengenai tentang teori. Untuk manfaat nyata, praktikum membantu mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman lebih konkrit atas teori yang telah mereka pelajari.

Untuk mahasiswa dari sistem informasi, praktikum akan menjadi salah satu pilar penting dari keseluruhan dalam perkuliahan. Karena dari sistem informasi nanti banyak menggunakan praktik daripada teori dalam kehidupan pasca kuliah. Salah satu dari praktikum penting di Sistem Informasi adalah sebuah Bahasa Pemrograman serta Logika Komputer.

Di dalam salah satu mata kuliah, dapat dikatakan sebagai pondasi utama pendidikan seorang mahasiswa sistem informasi memiliki fungsi atau tidak. Pembagian teori dan praktik merupakan 2 sks teori dan 2 sks praktikum laboratorium praktik langsung cara bagaimana mengelola bahasa pemrograman mejadi program, dalam hal ini menggunakan Turbo Pascal.

Praktikum pertama dengan penyampaian materi atas beberapa bahasa pemrograman kepada mahasiswa. Kemudian teknik pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan pendekatan testing, yaitu mencoba teori yang telah diterangkan. Pelaksanaan praktikum menonjolkan adanya kreativitas mahasiswa, sehingga diharapkan mereka (mahasiswa) akan dapat lebih memahami program.

Contoh Latar Belakang Proposal Skripsi

Judul : Analisa Sistem Mencapai Tujuan

Analisa Sistem Mencapai Tujuan

Sistem mempunyai pengertian sesuatu yang terdiri atas beberapa unsur yang terkait untuk dapat mencapai tujuan. Biasanya, sistem terdiri dari elemen yang terdiri berbagai sub elemen yang kemudian saling berinteraksi serta berkaitan, serta dengan saling mempengaruhi untuk dapat mencapai tujuan.

Ada 4 hal yang dapat membuat sesuatu ini disebut dengan sistem, yaitu:

  • Harus mempunyai tujuan
  • Elemen mempunyai rancangan rencana
  • Setiap elemen ada hubungan satu dengan lain
  • Unsur dasar dari sistem (informasi, energi serta material) yang lebih penting daripada adanya elemen sistem

Selain dari  itu, terdapat juga beberapa karakteristik dari sistem yang dapat mempengaruhi tujuan akhir dari adanya sistem itu sendiri. Beberapa adalah komponen, batas sistem, keluaran, proses, lingkungan luar, penghubung, masukan, dan tujuan atau hasil akhir dari sistem.

Ada banyak macam sistem di dunia, contohnya adalah sistem abstrak, fisik, alamiah, ada buatan manusia, sistem tertutup, sistem terbuka, tertentu dan juga sistem tak tentu. Berbagai macam tersebut sering dibicarakan merupakan sistem komputer alias dari sistem buatan manusia yang telah terorganisir secara sistematis.

Contoh Latar Belakang Laporan PKL

Judul : Membaca Dengan Teknologi Kombinasi Teknologi dan Penulis Buku

Membaca Dengan Teknologi Kombinasi Teknologi dan Penulis Buku

Di tengah terjadinya perkembangan teknologi, tradisi dari membaca ternyata tidak boleh akan diabaikan dengan secara serta merta. Ada banyak cara yang akan dilakukan oleh pegiat dari literasi untuk dapat memberi terobosan terbaru dengan membaca di tengah jajahan teknologi yang semakin tinggi dan tentu menyita waktu. Salah satu dari gagasan yang akan banyak muncul adalah apabila memunculkan platform elektronik yang mudah untuk diakses melalui apa itu gawai dengan cara aplikasi yang ringan serta dibuka dari ponsel murah tersebut.

Dengan terjadinya turunan minat baca di Indonesia, maka sangat diperlukan berbagai cara yang baru lebih menarik supaya para pembaca akan tetap teguh membaca lembaran buku meskipun lewat ponsel. Kombinasi yang terjadi antara teknologi dengan buku ini diharapkan dapat menunjang lebih minat baca yang terjadi di Indonesia dan dengan mendongkrak angka dari penjualan buku elektronik dengan berimbas kepada kesejahteraan dari penulis.

Berdasarkan dari beberapa alasan yang ada di atas, penulis memutuskan untuk menyusun dan membuat penelitian dengan  judul PENGARUH ILMU TEKNOLOGI SEBAGAI CARA MENINGKATKAN MINAT BACA selama Praktik Kerja Lapangan.

Demikianlah artikel mengenai Contoh Latar Belakang Laporan, semoga dapat memberikan wawasan, manfaat serta dapat menjadi referensi terbaik untuk sobat menyusun bagian latar belakang laporan. Sekian artikel pada kesempatan kali ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :