Contoh Pendahuluan Makalah

Posted on

Contoh Pendahuluan Makalah – Halo sobat dosenpintar.com dalam materi sebelumnya kita telah membahas mengenai contoh penutup makalah, pada kesempatan ini akan kami berikan artikel mengenai Contoh Pendahuluan Makalah sebagai referensi untuk kalian menyusun makalah yang meliputi Cara Membuat Pendahuluan Makalah, Contoh Pendahuluan Makalah yang tentunya akan kita bahas berikut ini.

Contoh Pendahuluan Makalah
Contoh Pendahuluan Makalah

Cara Membuat Pendahuluan Makalah

Adapun cara membuat pendahuluan makalah adalah sebagai berikut.

  • Pembuatan latar belakang

    Latar belakang meliputi permasalahan apa yang terjadi sehingga penyusun mendapat topik mengenai makalah ini, penggambaran mengenai apa saja yang akan dibahas pada makalah yang disusun dan bagaimana cara mnyelesaikannya.

  • Rumusan pokok masalah

    Merupakan pokok bahasan apa saja yang akan diuraikan, yang akan diselesaikan dan menunjukkan batasan sampai mana makalah ini diuraikan.

  • Tentukan tujuan penelitian

    Sampaikan apa tujuan dari hasil penelitian yang disusun dalam makalah tersebut, dapat terdiri atas beberapa poin tujuan sesuai dengan hasil penelitian yang sudah dilakukan.

  • Ruang lingkup penelitian

    Menunjukkan batasan penelitian yang dilakukan dan memberikan akhiran atas apa saja yang aka dibahas.

 

Contoh Pendahuluan Makalah

Berikut akan kami berikan contoh pendahuluan dalam penyusunan makalah.

Contoh Pendahuluan Laporan Kerja Praktik

Contoh Pendahuluan Laporan Kerja Praktik

    PENDAHULUAN

Latar Belakang

Praktek Kerja Industri adalah salah satu bentuk program pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan yang dilaksanakan untuk memproses keahlian siswa melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia industri.

Penyelenggaraan  pendidikan dilaksanakan melalui dua sistem yaitu sistem pendidikan formal dan pendidikan informal. Maka dari itu Praktek Kerja Industri atau yang disebut dengan PRAKERIN ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh siswa-siswi SMK Negeri 1 Starlight untuk mengikuti kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional dan Ujian Nasional Berbasis Komputer serta mengajarkan siswa-siswi untuk bisa belajar langsung menghadapi lingkungan kerja.

Kegiatan Praktek Kerja Industri merupakan tempat bagi para siswa-siswi untuk belajar langsung bagaimana menghadapi dunia kerja, hal ini sangat penting bagi siswa-siswi untuk menguji kemampuan serta pengetahuan yang telah didapat di sekolah untuk dilakukan dan dibandingkan dengan pengetahuan selama mengikuti Praktek Kerja Industri, sehingga siswa-siswi dapat mengetahui dan menutupi kekurangannya.

Perkembangan teknologi informatika dilandasi dengan kemajuan zaman dimana setiap instansi atau perusahaan sekarang sudah menggunakan komputer, salah satunya adalah PT. Perdamaian distrik Barat. Praktek Kerja Industri yang bekerja sama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri untuk menjadikan sumber daya manusia sebagai generasi TI (Teknologi Informasi) lebih banyak dan meningkatkan kualitasnya. Supaya sumber daya manusia (lulusan SMK) mampu mendayagunakan kemampuannya pada instansi atau perusahaan yang membutuhkan.

Pengembangan sumber daya manusia akan sadar dengan semakin meningkatnya kualitas sehingga dapat mendukung pembangunan ekonomi melalui produktifitas dengan pendidikan keahlian yang dibutuhkan berbagai pembangunan serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin mantap.

Dengan melaksanakan Praktek Kerja Industri ini siswa-siswi diharapkan dapat langsung mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh dari Dunia Usaha/Dunia Industri untuk diterapkan dalam sekolah,  melalui pengalaman ini diharapkan dapat menambah wawasan siswa-siswi dibidang Teknik Komputer dan Jaringan yang lebih baik, sehingga selanjutnya siswa-siswi dapat membuat sebuah perencanaan serta mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dan mampu memberikan penyelesaian dari kekurangan yang ada dilapangan.

Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri, yaitu:

  1. Siswa diharapkan mempunyai kemampuan secara langsung mengenai Dunia Usaha/Dunia Industri sehingga setelah selesai dari pendidikan siswa-siswi mampu mengambil manfaat dan mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.
  2. Menyiapkan siswa-siswi untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional.
  3. Supaya siswa-siswi SMK khususnya SMK Negeri 1 Starlight mampu menerapkan ilmu yang didapat selama melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri.
  4. Menyiapkan siswa-siswi agar mampu memilih pekerjaan, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri.

Manfaat Praktek Kerja Industri

Adapun manfaat yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri, yaitu:

  1. Manfaat bagi siswa-siswi:
  2. Siswa-siswi diharapkan dapat berlatih dan belajar serta praktek dengan tepat waktu.
  3. Dapat mengembangkan dan mengaplikasikan pengalaman kerja dilapangan untuk dijadikan sebagai pertimbangan bahan laporan dan bekal untuk menghadapi dunia kerja setelah selesai sekolah.
  4. Membuka wawasan dan pengetahuan yang lebih luas untuk mendapatkan pengalaman baru bagi siswa-siswi, mengenai pentingnya perencanaan dan pengembangan pada perusahaan tersebut, sehingga dapat memberi gambaran dalam membuatnya.
  5. Manfaat  bagi Dunia Usaha/Dunia Industri:
  6. Dapat membina hubungan baik dengan pihak SMK Negeri 1 Starlight.
  7. Untuk merealisasikan partisipasi Dunia Usaha/Dunia Industri  terhadap pengembangan dunia pendidikan.

Batasan Masalah

Dalam laporan ini penyusun membatasi masalah dalam ruang lingkup pembahasan dan mempelajari tentang General Network Operational, seperti jaringan LAN & WAN yang umum digunakan dalam lingkungan PT. Perdamaian

Observasi

Yang di maksud dengan pengumpulan data secara observasi adalah penyusun melakukan pengumpulan data dengan cara pengamatan secara langsung di Dunia Usaha/Dunia Industri khususnya yang berkaitan dengan General Network Operational yang ada di PT. Perdamaian.

Wawancara

Penyusun melakukan wawancara atau tanya jawab dengan pembimbing Praktek Kerja Industri dan dengan para karyawan, dengan tujuan menambah wawasan penyusun.

Kepustakaan

Yang dimaksud dengan pengumpulan data dengan metode kepustakaan adalah penyusun berpedoman pada buku-buku atau referensi yang berkaitan dan berhubungan langsung dengan materi yang di angkat atau di isi laporan ini.

Contoh Pendahuluan Jurnal Ilmiah

Contoh Pendahuluan Jurnal Ilmiah

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Ponsel sekarang ini tentunya menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan oleh siapapun, dengan ponsel banyak hal yang menjadi praktis untuk dilakukan, hal ini menjadikan ponsel semakin memberikan dampak yang sangat membantu bagi siapapun, untuk melakukan banyak hal seperti komunikasi jarak jauh, tentu ini sangat membantu.

Rumusan Masalah

  1. Kegunaan Ponsel
  2. Dampak penggunaan Ponsel
  3. Mengapa harus ponsel ?

Tujuan

  1. Mengetahui kegunaan ponsel.
  2. Mengetahui dampak apa saja yang bisa didapatkan dari penggunaan ponsel.
  3. Mengetahui alasan mengapa menggunakan ponsel dapat membantu banyak pekerjaan.

Contoh Pendahuluan Skripsi

Contoh Pendahuluan Skripsi

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kepercayaan merupakan keyakinan yang bebas dianut oleh siapapun dengan hak siapapun untuk memilih, menentukan kepercayaan yang dianut. Benar di Negara kita sudah banyak masyarakat yang saling menghormati mengenai perbedaan kepercayaan yang dianut. Namun tak sedikit juga yang masih non toleransi pada perbedaan keyakinan ini. Hal ini menimbulkan masalah yang sudah sepatutnya untuk diselesaikan.

Rumusan Masalah

  1. Mengapa terjadi non toleransi antar umat beragama
  2. Apa faktor yang menyebabkan non toleransi
  3. Apa solusi untuk mengatasi permasalahan non toleransi ini

Batasan Penelitian

  1. Mendapat informasi dari berbagai kepercayaan di Negara ini.
  2. Memahami mengapa terjadi non toleransi
  3. Mecari solusi untuk mengatasi non toleransi yang terjadi.

Tujuan

  1. Mengetahui alasan mengapa non toleransi antar kepercayaan terjadi
  2. Mengetahui faktor penyebab terjadinya non toleransi
  3. Mendapat solusi untuk mengatasi terjadinya masalah non toleransi

Demikianlah artikel mengenai Contoh Pendahuluan Makalah semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua, dan jangan bosan untuk nantikan artikel artikel keren lainnya ya.

Baca Juga :

Baca Juga :  Contoh Makalah Pengertian, Jenis dan Ciri