Contoh Makalah

Posted on

Contoh Makalah – Tentu tidak asing lagi dengan tulisan yang berbentuk makalah, sering sekali mendapat tugas baik disekolah, kampus bahkan lingkungan kerja mengejakan tugas dalam bentuk makalah. Nah untuk itu apa kalian tahu apa itu makalah ?

Atau kalian sedang bingung mencari referensi makalah ? Tidak perlu bingung disini dosenpintar.com akan membagikan artikel mengenai contoh makalah yang meliputi tentang Pengertian Makalah, Karakteristik Makalah, Struktur Makalah, Contoh Makalah dan selanjutnya untuk lebih jelas akan kami bahas satu persatu dibawah ini, dan untuk sobat sekalian selamat menyimak artikel ini sampai habis.

Contoh Makalah

Pengertian Makalah

Makalah adalah salah satu dari karya yang berupa tulisan ilmiah dimana didalamnya terdapat pembahasan mengenai permasalahan tertentu dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas baik secara akademik maupun non akademik.

Karakteristik Makalah

Berikut merupakan beberapa karakteristik mengenai makalah, sebagai berikut.

  1. Merupakan hasil dari kajian literatur atau laporan atas pelaksanaan suatu kegiatan dari lapangan yang sesuai dengan semua cakupan permasalahan topik  yang diangkat.
  2. Mendemonstrasikan pemahaman dari penulis tentang permasalahan teoritik yang telah dikaji dengan kemampuan penulis dalam menerapkan suatu proses, prosedur, prinsip-prinsip, atau dari teori yang berhubungan dengan semua hal atau topik yang diangkat.
  3. Menunjukkan kemampuan untuk memahami terhadap isi dari berbagai sumber yang telah digunakan.
  4. Mendemonstrasikan kemampuan mengolah dari berbagai sumber informasi dalam kesatuan dan sintesis yang utuh.
  5. Akurat serta menyeluruh, artinya makalah yang disusun menyajikan fakta dari gagasan yang akurat, dan membahas permasalahan yang ada secara lengkap dan tentunya tuntas. Makalah tersebut juga harus mengantisipasi beberapa pertanyaan yang kemungkinan akan diajukan oleh pembaca atau audiens mengenai topik dari makalah yang telah disusun dan untuk meyakinkan pembaca tentu penulis harus bisa menjawabnya.
  6. Memiliki bebagai sumber informasi yang baik, ini merupakan ciri yang paling utama dari setiap makalah. Makalah yang disusun tentunya harus mengakui sumbangan dari penulis lain, dimana karya makalah orang lain tentang topik itu telah diterbitkan dan menjadi referensi makalah yang disusun sekarang.
  7. Secara teknis penulisannya diusahakan benar. Ini berarti hendaknya makalah tersebut bebas dari  berbagai kesalahan gaya bahasa dan tata bahasa, tanda baca yang digunakan, penggunaan fakta, dan ejaan atau typo disetiap kata.
  8. Tertata dengan baik berarti makalah harus disusun dengan tujuan yang matang dan jelas. Materinya tersusun secara logis.
Baca Juga :  Visi dan Misi

Struktur Makalah

Berikut ini merupakan susunan makalah yang umumnya digunakan.

  1. Menentukan Judul

Nama yang dipergunakan sebagai kepala makalah dan mencakup isi dari makalah ini dengan singkat.

  1. Identitas Penyusun Makalah

Penyusunan makalah ini terdiri judul, pendahuluan, isi dan kesimpulan.

  1. Penyusunan latar belakang masalah

Latar belakang permasalahan masuk pada bagian pendahuluan, dimana latar belakang memberikan gambaran kenapa makalah ini disusun dan untuk apa makalah ini dirancang.

  1. Rumusan masalah

Rumusan masalah ini mengatur sampai mana bahasan yang akan kita uraikan pada makalah ini sehingga tersusun sistematis dan logis.

  1. Tulislah Tujuan

Pada bagian tujuan penulis menerangkan apa saja tujuan dari penyusunan makalah ini.

  1. Isi / Pembahasan

Kemampuan untuk mendemonstrasikan apa saja yang mungkin akan menjadi pertanyaan pembaca sehingga telah terjawab dalam makalah ini yang telah tersusun secara logis.

  1. Tarik Kesimpulan

Kesimpulan ini merupakan ringkasan dari makalah namun lebih lengkap dari judul, serta mempermudah untuk membantu pembaca memahami tulisan ini.

  1. Saran

Disini penulis dapat meminta saran dari para pembaca dengan tujuan makalah ini bisa disusun lebih baik lagi kedepannya dan dapat menjadi referensi untuk pembuatan makalah selanjutnya.

  1. Bubuhkan daftar pustaka

Daftar pustaka merupakan daftar dari mana sumber kita mendapat teori dari makalah, buku, atau sumber lainnya yang telah ada sebelum makalah ini diterbitkan.

 

Contoh Makalah

Makalah Tentang Pendidikan Karakter

Contoh Makalah Tentang Pendidikan Karakter

KATA PENGANTAR

Atas kehadirat Allah SWT marilah kita panjatkan puji dan syukur, dan tak lupa juga kita sampaikan shalawat beserta salam tak henti hentinya kita curahkan kepada nabi besar Muhammad SAW. Makalah ini berisi mengenai tentang pendidikan karakter untuk memperbaiki kemajuan bangsa Indonesia maka pendidikan karakter tentu sangat diperlukan untuk memperbaiki karakter bangsa.

Baca Juga :  Pengertian Demografi

Dengan tujuan memperbaiki karakter bangsa, dan kami sebagai penulis menyadari bahwa tulisan kami ini masih banyak kesalahan dan kami mengharapkan saran, kritik dan saran kalian untuk meperbaiki tulisan ini.

Bandar Lampung, 22 Januari 2020

 

Penyusun

 

DAFTAR ISI

Judul

Kata Pengantar

Daftar Isi

BAB I  PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

1.2. Rumusan Masalah

1.3. Tujuan

1.4. Ruang Lingkup

BAB II PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Pendidikan Karakter

2.2. Contoh Pendidikan Karakter

2.3. Peran Pendidikan Karakter

BAB III PENUTUP

3.1. Kesimpulan

3.2. Saran

Daftar Pustaka

 

BAB I

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Penduduk di negara Indonesia ini memiliki SDM yang berlimpah, namun sangat disayangkan pengembangan dan pendidikan karakter di negara ini masih butuh perbaikan. Untuk menciptakan SDM yang berkualitas untuk membantu memajukan Bangsa Indonesia ini.

Banyak anak muda yang salah pergaulan, tidak terbentuknya sopan santun merupakan faktor pendidikan karakter harus ditingkatkan. Sehingga jat diri bangsa ini tidak hilan

RUMUSAN MASALAH

Beberapa masalah yang akan kita bahas pada makalah ini adalah sebagai berikut :

  • Apa yang dimaksud dengan pendidikan Karakter
  • Apa saja yang termasuk program pendidikan karakter
  • Apa peran pendidikan karakter pada kemajuan bangsa

TUJUAN PENULISAN

Dari rumusan masalah diatas dapat kita simpulkan bahwa tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut.

  • Supaya tahu apa itu pendidikan karakter
  • Mengetahui contoh bentuk program pendidikan karakter
  • Tahu apa saja peran pendidikan karakter terhadap kemajuan suatu bangsa.

 

BAB II

PEMBAHASAN

PENGERTIAN PENDIDIKAN KARAKTER

Pengertian pendidikan karakter

Pendidikan Karakter adalah sebuah sistem untuk memberikan pengajaran mengenai bagaimana bersikap, bagaimana memperlakukan lawan bicara bagaimana melakukan sesuatu sesuai dengan perintah tuhan yang maha Esa untuk diri sendiri, orang lain, dan negara sehingga tercipta kerukunan.

CONTOH PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER

  • Lingkungan Sekolah

Training Guru

Adakan training materi pengajaran pendidikan karakter untuk guru, sehingga mempermudah guru mendidik karakter anak Bangsa Indonesia.

Program Kurikulum Pendidikan Karakter

Pendidikan diberatkan pada pendidikan karakter namun tak lupa juga pemberian materi secara teori dan nilai nilai yang dirasa dapat menunjang pemdidikan karakter. Seperti baca, hitung dan pengasahan minat dan bakat.

  • Lingkungan Keluarga
Baca Juga :  Contoh Pendahuluan Makalah

Pendidikan karakter ini pada dasarnya dibentuk oleh keluarga, bagaimana orang tua mendidik, bagaimana lingkungan keluarga, seperti dengan menanamkan sopan santun sedari dini, belajar agama untuk memperkuat iman anak, belajar untuk tidak takut mengakui kesalahan, bagaimana menghargai orang lain dan disiplin dalam hal apapun dan setelahnya barulah sekolah membantu pengembangan karakter anak.

PERAN PENDIDIKAN KARAKTER

Pendidikan karakter memiliki peran sangat penting sebagai sarana pembentukan prilaku manusia sebagai pedoman untuk membawa diri dimanapun berada, prilaku seorang anak bukan hanya membawa nama anak namun namun orang tua sekalian, dengan pendidikan karakter dapat menentukan nilai seorang anak, dan menentukan harkat martabat seorang anak. Sangat penting pedidikan karakter ini terhadap semua anak bangsa.

 

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Dari batasan masalah makalah ini maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter sangan berpengaruh pada moral anak bangsa, pembentuk prilaku baik anak bangsa maka dari itu jangan menomor duakan pendidikan karakter terhadap anak bangsa.

Dimana pendidikan karakter ini bertujuan untuk membentuk karakter anak bangsa dalam hal positif, membentuk prilaku yang baik dan ikut serta membangun negara dengan berprilaku baik.

SARAN

Pendidikan karakter hendaknya dijadikan pendidikan utama dala suatu bangsa setelah pendidikan agama, barulah diikuti dengan pendidikan baca, tulis dan hitung serta mengembangan bakat dan minat. Dan yang tentunya sangat berperan pada pendidikan karakter ini yang utama tentunya kedua orang tua. Dan pada lingkungan sekolah dibantu oleh para guru. Serta hendaknya guru ikhlas sepenuh hati tanpa membedakan siswa yang memiliki kelebihan karena setiap anak memiliki kemampuan pada bidangnya masing masing.

Demikianlah artikel mengenai Contoh Makalah, semoga bisa menjadi referensi kalian untuk menyusun makalah dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Baca Juga :