Contoh Tinjauan Pustaka

Posted on

Contoh Tinjauan Pustaka – Helo sobat dosenpintar.com bagaimana kabarnya? pada artikel sebelumnya kita telah mengulas menegnai Contoh Penulisan Daftar Pustaka secara lengkap, nah jadi dikesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel mengenai tentang Pengertian Tinjauan Pustaka, Fungsi Tinjauan Pustaka, Manfaat Tinjauan Pustaka, Membuat Tinjauan Pustaka, Contoh Tinjauan Pustaka. Langsung saja untuk uraian terlengkapnya kita simak artikel dibawah ini.

Contoh Tinjauan Pustaka
Contoh Tinjauan Pustaka
 

Pengertian Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka adalah sebuah bentuk  ulasan mengenai  beberapa penelitian terdahulu yang memiliki kemiripan objek atau permasalahan, yang menjadi hal yang sangat berkaitan dengan penelitian.
 

Fungsi Tinjauan Pustaka

Fungsi dari tinjauan kepustakaan dalam suatu penelitian adalah:

  • untuk menggali dan mendapat  informasi mengenai dasar-dasar permasalahan yang dikaji.
  • untuk memberi bantuan dalam hal perancangan oleh beberapa  prosedur penelitian
  • untuk membantu dalam memberi pemahaman mengenai beberapa teori yang terkait
  • untuk mengungkapkan ide yang dimiliki secara sistematis dan kritis
  • untuk menghindari adanya copy paste (plagiat)
  • untuk sebagai jalan mengetahui perkembangan beberapa penelitian terkait topik yang menjadi topik yang diteliti.

 

Manfaat Tinjauan Pustaka

Dibawah ini merupakan beberapa manfaat dari tinjauan pustaka, sebagai berikut:

  1. Mengungkapkan dari mana sumber data yang sumbernya belum diketahui.
  2. Mengungkapakan ide-ide yang ingin dituangkan.
  3. Sebagai bukti bahwa benar telah dilaksanakan sebuah penelitian.
  4. Bermanfaat untuk lebih memahami materi yang ada.
  5. Mengetahui kelemahan dan kelebihan tulisan.
  6. Mencegah terjadinya duplikat tulisan.
Baca Juga :  Passing Grade Universitas Udayana (UNUD) Terbaru 2020

 

Membuat Tinjauan Pustaka

Ketentuan yang ditetapkan dalam pembuatan tinjauan pustakan akan diuraikan dengan ringkas agar lebih mudah dipahami, sebagai berikut.

  • Membuat Outline

Outline adalah kata kunci informasi yang dijadikan sebagai acuan dalam proses pembuatan tinjaun pustaka.

  • Mencari Literatur

Litelatur adalah sumber beberapa informasi yang kita dapat dari berbagai referensi seperti situs web, buku dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tema karya yang disusun.

  • Menyusun dengan Bahasa Sendiri

Untuk menghindari duplikasi dan supaya karya mudah dipahami hendaknya menggunakan bahasa sendiri dalam penulisan yang kita buat.

  • Melihat Umum Bagian Judul

Judul merupakan salah satu tolak ukur, sebagai batasan sampai mana kita mencari uraian, menjelaskan pemaparan sehingga tidak merambat pada judul lainnya.

 

Contoh Tinjauan Pustaka

Dibawah akan diberikan contoh tinjauan pustaka yang dapat menjadi bayangan pembuatan tinjauan pustaka kalian, sebagai berikut.

  • Contoh Tinjauan Pustaka Penelitian

Contoh Tinjauan Pustaka Penelitian

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA PENELITIAN

Diambil dari penelitian Dwi Purnama (2017) diperdesaan masih banyak sekali kekurangan sarana dan prasarana, tidak semua jaringan operator handpone masuk, tidak semua akses jalan bagus terbangun, tidak semua warga mendapat keadilan, lantas siapa yang patut disalahkan dengan keadaan ini. Nah masalah intinya bukan siapa yang salah namun bagaimana kita menyikapi dan menuntaskan masalah ini, sedangkan jika masalahnya terletak pada biaya kurang apa lagi dana yang diberikan untuk desa.

Menjadi tanda tanya dimana letak keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia ? Dan bagaimana penerapan kesejahteraan ada ditangan rakyat.

  • Contoh Tinjauan Pustaka Karya Ilmiah

Contoh Tinjauan Pustaka Karya Ilmiah

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA KARYA ILMIAH

Media sosial umumnya memang diciptakan untuk mempermudah semua kegiatan pada zaman sekarang, namun sayangnya banyak sekali pihak atau oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan sosial media sebagaimana seharusnya, seperti penipuan dimana-mana, penyebaran gambar atau video yang tidak layak, berita hoax, dengan keadaan ini kita sangat dianjurkan untuk mampu mengendalikan diri agar mampu bertahan pada zaman ini, diera sekarang ini salah sedikit atau ketinggalan sedikit kita akan satu langkah berada dibelakang.

Baca Juga :  Otonomi Daerah : Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Dasar Hukum

Dan dengan keadaan ini yang benar menjadi masalah adalah bagaimana cara mengatasi kebebasan di media sosial akan kah ada cara membatasi persebaran hal yang kurang baik dimedia sosial?

  • Contoh Tinjauan Pustaka Skripsi

Contoh Tinjauan Pustaka Skripsi

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA SKRIPSI

Etika Seorang Individu

Dari kecil sekali tentunya kita sudah diajarkan sopan santun, menghormati orang yang lebih dewasa nah ini merupakan bentuk penanaman etika sejak dini. Etika ini memang sangat penting untuk menentukan kualitas diri seseorang.

Etika ini sangat beragam contohnya seperti menatap lawan biacara saat sedang berbincang, pamit dan salam ketika pergi dan pulang kerumah, menghargai keputusan dan pendapat orang lain, mendengarkan orang berbicara dan satu lagi etika dengan menjaga tingkah laku, lisan dan cara memperlakukan orang dengan baik.

Yang menjadi masalah saat ini banyak sekali kalangan milenial yang menganggap remeh hal ini, dimana ketika bertemu dijalan seperti orang yang tidak kenal namun dimedia sosial seperti oarang yang sudah sangat akrab, dan kurangnya perhatian terhadap sekitar juga menjadi masalah bagi kaum milenial sekarang ini.

Dengan keadaan ini yang menjadi masalah utama adalah bagaimana menyikapi ini dan bagaimana mencari jalan keluarnya.

Diatas merupakan beberapa contoh Contoh Tinjauan Pustaka, yang tentunya dapat menambah wawasan kita semua dan bermanfaat bagi kita yang membacanya. Sampai jumpa dilain waktu guys.

Baca Juga :