Pengertian Invoice

Posted on

Pengertian Invoice – Jika sudah berkecimpung di dunia perbisnisan tentu sudah tidak asing laigi bukan dengan kata invoice. Tahukah kalian apa itu invoice? Banyak istilah dalam perbisnisan dan salah satunya adalah invoice, artikel dosenpintar.com kali ini akan mengupas tuntas apa itu yang dimaksud dengan invoice. Jadi langsung saja simak pemaparan dibawah ini.

pengertian invoice
pengertian invoice

Pengertian Invoice Secara Umum

Invoice adalah dokumen-dokumen yang digunakan untuk tanda pernyataan dari transaksi penagihan yang diberikan oleh pihak penjual kepada pihak pembeli, isi dari invoice ini adalah semua perincian item yang dibeli, harga total dan juga harga satuan serta tanggal saat pembelian atau tanggal terjadinya transaksi. Invoice ini terdiri dari beberapa jenis ada yang invoice sederhana yang umumnya biasa digunakan dalam transaksi, ada juga invoice yang bersifat sementara dikarenakan barang yang dikirim berangsur datangnya dan ada juga invoice eksklusif yang digunakan untuk transaksi ekspor dan impor.

Pengertian Invoice Menurut Para Ahli

  • Sugeng Hariyanto

    Sugeng Hariyanto berpendapat bahwa pengertian invoice adalah catatan yang diberikan kepada pembeli yang isinya berupa rincian atas barang yang dibeli. Dan catatan ini biasanya diberikan untuk informasi pembayaran, terutama pembayaran apabila pembelian dilakukan secara kredit.

  • Andrian Sutedi

    Beliau berpendapat bahwa invoice adalah sebuah dokumen yang sangat penting dalam proses perdagangan dikarenakan  melalui invoice ini data-data jual beli dapat diketahui mulai dari berapa jumlah wesel tarik, jumlah dari penutupan asuransi, dan juga proses penyelesaian semua kas yang masuk.

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

    Sedangkan menurut KBBI ini, invoice merupakan daftar kiriman barang yang dibeli serta dilengkapi dengan keterangan catatan nama, harga juga jumlah barang yang dibeli serta berapa total yang harus dibayar oleh pembeli.

Fungsi Invoice/Faktur

  • Mengetahui data-data mengenai rincian barang atau jasa yang dibeli.
  • Pembertahuan informasi total biaya yang harus dibayar.
  • Sebagai rujukan bukti yang sah atas transaksi jual beli.
  • Dijadikan bahan rekomendasi untuk menambahkan transaksi yang dibukukan.
  • Sebagai faktur pajak

Jenis-Jenis Invoice

  1. Invoice Biasa

    Invoice biasa ialah berbentuk sebuah dokumen untuk penagihan hutang yang paling sering digunakan. Umumnya catatan dokumen ini digunakan apabila transaksi yang terjadi cukup sederhana. Memiliki format yang simple hanya berisi keterangan nama dan harga barang.

  2. Invoice Proforma

    Invoice proforma dengan sebutan lain invoice sementara. Surat ini diberikan apabila proses penyuplaian barang belum selesai. Jadi invoice ini diberikan kepada para pembeli dengan berapa kali tahapan. Menjadi bukti bahwa barang sudah dikirim.

  3. Invoice Konsuler

    Jenis invoice ini adalah invoice yang paling eksklusif yang biasanya diperuntukkan transaksi jula beli antar negara. Seperti transaksi ekspor dan impor.

Komponen di Dalam Invoice/Faktur

  1. Dituliskan maksud dan tujuan dari penagihan kepada pembeli.
  2. Identitas penagih, bisa nama suatu perusahaan atau nama penjual.
  3. Nomor yang berkaitan dengan nomor pembelian.
  4. Rincian data barang yang dibeli.
  5. Total bayaran dan jumlah pajak.
  6. Pembayaran menyertakan nomor rekening dan Bank Perusahaan.

Contoh Invoice/ Faktur

  1. Contoh Invoice Sederhana

    pengertian invoice
    pengertian invoice

    Dengan keterangan:

    1. Ada Nama pelanggan
    2. Dituliskan juga Nama penjual
    3. Dicantumkan keterangan Purchase Order
    4. Detail barang atau jasa yang dibeli
    5. Total seluruh biaya
  2. Contoh Invoice Hotel

    pengertian invoice
    pengertian invoice
  3. Contoh Invoice Tour & Travel

    pengertian invoice
    pengertian invoice

Perbedaan Invoice dan Kwitansi

  • Invoice atau faktur merupakan sebuah dokumen yang dikeluarkan  pihak penjual. Berisi tagihan pembayaran untuk pembeli. Sedangkan kwitansi merupakan sebuah bukti telah terjadi transaksi dalam hal penerimaan uang dari suatu kegiatan pembayaran barang.
  • Invoice berisi detail transaksi seperti tanggal, rincian barang, biaya-biaya, total tagihan, sertakan juga nama penerima, nama penjual dan lain-lain. Sementara kwitansi sendiri pada biasanya hanya berisi bukti pencatatan dari pengeluaran uang dan bukti catatan dari penerimaan uang.
  • Invoice dibuat untuk tagihan bayaran, sedangkan kwitansi dibuat untuk sebagai bukti transaksi yang sudah lunas besrta tanda tangan.

Jadi demikian artikel mengenai Pengertian Invoice kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih telah mengunjungi artikel ini sampai jumpa lagi nanti.

Baca Juga :

Baca Juga :  √ Pengertian Infalasi: Penyebab dan Jenisnya