Pidato Persuasif

Posted on

Pidato Persuasif – Pidato bukan hal yang asing lagi bukan ? dalam sebuah acara tentu sering kita mendengar pidato, bahkan dari zaman proklamasi pidato sudah ada. Pidato ini terbagi atas beberapa jenis, salah satunya adalah pidato persuasif yang akan dosenpintar.com bagikan artikelnya sebagai berikut serta meliputi Pengertian Pidato Persuasif, Tujuan Pidato Persuasif, Ciri-ciri Pidato Persuasif, Jenis Pidato Persuasif, Struktur Pidato Persuasif, Isi Pidato Persuasif, Contoh Pidato Persuasif berikut kami akan memberikan uraian dari ulasan berikut secara lengkap.

Pidato Persuasif
Pidato Persuasif

Pengertian Pidato Persuasif

Pidato persuasif adalah jenis pidato yang disampaikan dengan tujuan mempengaruhi pendengarnya, sehingga tertarik dengan apa yang disampaikan. Seperti pidato kemerdekaan yang mengobarkan semangat kemerdekaan.

Tujuan Pidato Persuasif

Berikut merupakan tujuan dari disampaikan dan disusunnya pidato persuasif ini.

  1. Mempunyai topik yang telah dikuasai sehingga mampu menguraikannya
  2. Menambah kecakapan dalam berpidato.
  3. Memiliki tujuan dari apa yang disampaikan.
  4. Menambah pengetahuan baru.
  5. Mempunyai topik yang terjalin dari hubungan yang harmonis.

Ciri-ciri Pidato Persuasif

Adapun ciri yang terdapat pada pidato persuasif, adalah sebagai berikut.

  • Pidato mempunyai permasalahan pokok yang memiliki kriteria dari yang disampaikan dan memiliki pesan utama atau inti di dalam pidato yang disampaikan supaya para audiens yang mendengarkan dapat melakukannya dan dapat menerima apa yang disampaikan.
  • Keahlian untuk menyampaikan bahwa didalam pidatonya memiliki ciri sebagai pembujuk atau juga sebagai penasehat untuk para pendengarnya.
  • Mempunyai hubungan yang baik yang juga terdapat dalam kriteria supaya pendengar ingin bersedia dan mereka merasakan nyaman meski dalam waktu singkat bahkan dalam waktu panjang.
  • Pidato cenderung memiliki ciri khas supaya bisa melakukan sesuatu dengan kedekatan atau keakraban yang telah tercipta.
Baca Juga :  Translator Bahasa Jawa Lengkap

Jenis Pidato Persuasif

Pidato persuasif  ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang akan kami uraikan sebagai berikut.

  • Pidato persuasif dengan tujuan berdasarkan kebaikan.
  • Pidato persuasif jenis pidato yang informatif maksudnya yang memberikan informasi.
  • Pidato persuasif jenis pidato yang memebrikan keyakinan pada pendengar.
  • Pidato deskriptif salah satu jenis pidato yang menggambarkan sebuah keadaan.
  • Pidato rekreatif jenis pidato yang memeberikan hiburan kepada pendengarnya.

Struktur Pidato Persuasif

Adapun struktur dari pidato persuasif yang baik dan benar adalah sebagai berikut.

  • Salam pembukaan : Ini disampaikan pada awal pidato, hendaknya salam pembuka ini mencakup semua aspek keyakinan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.
  • Pendahuluan : Menyampaikan hal yang mencakup isi pidato secara singkat, seperti memberikan gamabaran apa saja yang akan disampaikan pada pidato tersebut.
  • Isi pidato : Bagian tempat untuk menyampaikan tujuan dan maksud kepada para pendengar pidato.
  • Penutup : Hal ini sebagai bagian untuk menyampaikan kesimpulan dari pidato yang telah diberikan, dan permohonan maaf serta ucapan terima kasih dan salam penutup.

Isi Pidato Persuasif

Ini pidato persuasif hendaknya dengan merujuk secara keseluruhan mengenai pidato persuasif yang disampaikan secara khusus maka sudah jelas bahwa isi dari pidato ini harus menarik serta memiliki manfaat yang besar untuk pendengarnya.

Dengan demikian bertujuan supaya bisa membuat audiens atau bisa disampaikan juga semua yang menjadi unsur yang dinilai penting dalam pidato tersebut ,sehingga dapat membujuk dan membuat masyarakat berbuat dengan bisa melakukan sesuatu yang baik dan memiliki nilai guna.

Contoh Pidato Persuasif

Setelah mengetahui pengertian, ciri, jenis, tujuan dan isi dari pidato persuasif, dengan tujuan untuk mendapat pemahaman yang lebih lagi kami berikan juga contoh pidato persuasif sebagai berikut.

Contoh Pidato Persuasif

Assalamualaikum wr.wb

Pertama dan yang paling utama mari kita panjatkan puja serta puji dan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kehadiratnya yang selalu senantisa mengirim banyak limpahan rahmat, karunia dan keberkahan kepada kita semua sebagai umatnya.

Sholawat beriring salam yang tak lupa dan tak hentinya pula kita haturkan kepada junjungan dan pemimpin kita Nabi besar Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaat dari beliau pada kehidupan setelah meninggalkan bumi ini.

Yang saya hormati, petinggi departemen keuangan
yang saya hormati, peserta Seminar yang saya banggakan
yang saya kormati, tamu undangan sekalian yang berbahagia

Baca Juga :  Contoh Daftar Riwayat Hidup

saya disini mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh panitia yang telah memberikan semua pelayanan yang baik kepada saya selama disini, harapan saya semoga acara ini berjalan dengan lancar hingga dipenghujung kegiatan hari ini. Amiinn

Sebelum memulai pembahasan yang lebih jauh banyak sekali pengusaha-pengusaha yang telah sukses setelah meniti karir yang dari kehidupannya benar mereka mulai dari nol besar dengan kegigihan serta keuletan sehingga mereka bisa meraih keberhasilan dari hasil kerja keras mereka untuk mencapai mimpinya.

Pengusaha-pengusaha yang sukses pada umumnya mereka mempunyai banyak pengalaman dan juga latar belakang dari pendidikan sekolah yang tidak mengenyam pendidikan yang terlalu tinggi dengan itu mereka mulai melakukan untuk mendirikan dan menjalankan bisnis serta mereka membekali diri dengan memiliki etos kerja dan memiliki semangat yang kuat sehingga membangkitkan diri demi mewujudkan cita-cita dan tujuan mereka.

Kebanyakan dari mereka sebagai pengusaha yang telah berhasil meraih mimpinya merupaka orang-orang yang memiliki jiwa muda dan mamanfaatkan kesempatan untuk mulai bertindak untuk mewujudkan mimpi mereka dengan tujuan dapat membahagiakan keluarga dan orang terdekat meski harus kerja keras dan menekuni usaha yang sedang dijalani.

Menempuh pendidikan yang tinggi juga penting untuk bisa menambah ilmu, seperti mengatur keuangan, mengatur manajemen bisnis serta masih banyak lagi yang kita dapatkan dengan menempuh pendidikan yang lebih tinggi seperti pengalaman yang berharga dan menemukan teman baru.

Untuk para pencari kerja yang sudah lama menunggu panggilan dari lamaran yang telah berapa kali tak terhitung banyaknya telah dikirim, mari bangkit mulai dengan membangun lapangan kerja baru dengan mulai berbisnis.

Karena pada era sekarang ini, akan lebih baik untuk kita menciptakan lapangan pekerjaan bukan hanya menunggu pekerjaan menghampiri, boleh bekerja untuk menambah pengalaman membangun bisnis. Karena dengan berbisnis sendiri lebih menguntungkan serta lebih berpeluang memperbaiki keadaan ekonomi.

Baca Juga :  Contoh Slogan Pendidikan, Kebersihan, Kesehatan, Lingkungan

Mari motivasi diri untuk selalu melakukan hal yang bermanfaat, melakukan hal yang bisa membuat diri lebih baik dari sebelumnya dan memberi cambukan bagi diri bahwa untuk mendapat kerja bukan hanya dengan mengharapkan kerja dari yang orang lain berikan, yakinkan diri bahwa kalian mampu mendirikan usaha sendiri.

Sekian mungkin yang dapat saya sampaikan, pesan saya fikirkan dan bertindak pada apapun yang menurut kalian berpeluang untuk sukses.

Semoga apa yang telah saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan untuk kesalahan yang saya sengaja maupun yang tidak saya sadari saya mohon maaf serta terima kasih kepada semua yang hadir dan terlibat dalam acara ini telah menyempatkan dan meluangkan waktu kalian semua.

Saya akhiri,

wassalamualaikum wr.wb

Demikianlah artikel mengenai Pidato Persuasif yang telah kami bagikan secara lengkap untuk kalian semua, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel artikel selanjutnya.

Baca Juga: