Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Posted on

Pidato Singkat Tentang Pendidikan – Assalamualaikum sobat dosenpintar.com di kesempatan ini penulis akan memberikan pembahasan tentang contoh berbagai Pidato Singkat Tentang Pendidikan. Tentunya dalam artikel ini penulis bisa sobat simak berikut dibawah ini.

Pidato Singkat Tentang Pendidikan
Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Adapun beberapa contoh dari Pidato Singkat Tentang Pendidikan, sebagai berikut.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Bahaya Narkoba

Assalamualaikum Wr.Wb,

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera,

Pada pagi ini tercurah rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa,yang melimpahkan rahmat serta hidayah untuk kita semua,sehingga dalam kesempatan berbahagia  ini,kita bisa menghadiri acara penyuluhan mengenai bahaya narkoba untuk kesehatan dengan keadaan sehat walafiat.

Tidak juga lupa shalawat dengan salam di limpahkan untuk junjungan nabi besar Muhammad SAW. yan memberi tuntunan dengan suri teladan bagi kita semua, sehingga kita mampu mendalami ajaran agama islam yang di percayai kebenarannya.

Bapak Kepala Sekolah dan Bapak/ibu guru serta  para kawan kawanku yg berbahagia,  izinkan saya menyampaikan pengertian serta bahaya/dampak negative narkoba dalam kesehatan. Di Indonesia jumlah dari pengguna narkoba ini sangat besar, oleh lemahnya penegakkan hukum mengenai tentang narkoba.

Disini kita akan memberikan tips untuk dapat menghindari narkoba.Yaitu dengan cara kita melakukan kegiatan yang sehat seperti ikut kegiatan karang taruna, ikut kegiatan ekstrakurikuler basket dan volley.Serta kita harus memilih teman yang baik untuk kita jadikan sebagai teman dan mana yang buruk untuk kita jauhi.Saya berharap semua yang ada disini tidak akan menggunakan narkoba sebab itu adalah perbuatan yang dilarang agama dan juga Negara.

Bapak Kepala Sekolah dan Bapak/ibu guru serta teman-temanku,

Hanya demikian yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan yang berbahagia ini,semoga membawa manfaat dan bisa menambah wawasan untuk kita semua.Mohon maaf atas semua kekurangan dan juga kekhilafan.Terima kasih untuk semuanya.

Billahit taufiq wal hidayah wassalamualaikum Wr.Wb

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Pergaulan Bebas

Bismillahirrohmaanirrohiim

Assalamualaikum wr, wb.

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian,

Pada malam hari yang berbintang bulan ini, marilah kita mengucap syukur kepada Sang Illahi atas rahmat dengan karunia yang telah diberikan, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang damai saat ini. Pada pagi cerah ini, izinkan saya untuk memimpin menyampaikan pidato singkat tentang pergaulan bebas.

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang sangat saya hormati,

Kita ketahui bersama, bahwa pergaulan remaja saat ini telah melampaui batas-batas norma kita. Hal itu yang membuat beberapa anak-anak terherembab di dalamnya, dan hal itu sungguh merupakan hal yang meresahkan kita selaku pihak orang tua.

Segala sesuatu ini tentu ada penyebabnya, begitupun dengan kumpulan pergaulan bebas. Adapun faktor yang telah menjadi sebab terjadinya dari pergaulan bebas antara lain kurangnya kasih sayang serta arahan dari kita selaku sebagai orang tua, teman dan lingkungan yang cukup buruk, serta penggunaan internet yang juga tidak bijaksana. Jika sebab-sebab ini yang tidak teratasi, maka anak-anak kita ini akan semakin terjerembab ke dalam pusaran yaitu pergaulan bebas.

Baca Juga :  Pidato Bahasa Arab Singkat

Pergaluan bebas ini harus dibrantas, karena sangat merugikan bagi semua pihak, bisa pendidikan terbengkalai, mental anak yang terganggu, terjadi keterbelakangan sosial dan masih banyak lagi.

Mungkin hanya itu saja yang saya sampaikan dalam pidato kali ini. Kurang dan lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr, wb.

Contoh Pidato Pendidikan Bahasa Indonesia Lingkungan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur ini kita panjatkan kepada kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat serta karunia-Nya jua lah kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang suatu apapun. Tak lupa juga kita bersyukur karena limpahan hidayah-Nya yang tercurah kepada kita semua yang sehingga dalam kesempatan kali ini kita bisa berkumpul di tempat berbahagia ini.

Bapak dan Ibu terhormat serta teman-teman berbahagia,

Izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat saya mengenai “Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah”.

Lingkungan adalah tempat hidup semua makhluk hidup. Karena itu, kita harus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan kita supaya bisa hidup dengan nyaman. Seperti yang telah kita tahu, kebersihan adalah sebagian dari iman. Menunjukkan bahwa di agama pun kita dianjurkan untuk saling menjaga kebersihan.

Lingkungan sekolah yang seharusnya selalu terlihat sejuk, nyaman dan juga menentramkan sehingga belajar, kita tidak terganggu dengan lingkungan kotor yang pastinya akan membuat tidak nyaman dan tidak bisa berkonsentrasi dalam belajar. Setiap kelas seharusnya sudah mempunyai kedisiplinan tersendiri untuk kebersihan, seperti halnya ada jadwal piket harian.

Hadirin yang berbahagia,

Disediakannya tempat sampah itu bukanlah tanpa tujuan. Alasannya tempat sampah yaitu supaya kita selalu membuang sampah di tempatnya, sehingga keadaan sekolah tidak seperti selesai sholat idul fitri atau idul adha yang penuh dengan kumpulan koran bekas pakai, atau seperti lapangan sepak bola yang digunakan untuk konser yang punya banyak sampah yang tak sedap untuk dipandang mata.

Pintar memilah sampah yang dapat di daur ulang atau mudah hilang di tanah. Untuk itu, akan tercapainya lingkungan yang bersih serta nyaman di sekolah, dilakukan tindakan yang bersifat mengajak dengan kesadaran setiap siswa untuk kita menjaga kebersihan. Dengan hal kecil seperti ini membiasakan membuang sampah dari sisa jajan setelah makan pun sudah akan membantu untuk menjadikan lingkungan sekolah yang kini bersih dan nyaman untuk kegiatan dalam belajar-mengajar.

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Salah dan khilaf saya memohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Singkat Pendidikan Bahasa Inggris

Good morning, distinguished guests, respected teachers and fellow students. My name is Danny and I am a first year student of senior high school.

Today is our National Education Day. On this special occasion, I would like to tell you about the value of education and its contribution to our lives as well as the community.

Education is a tool that helps us to deal with global challenges. It gives us knowledge and confidence to shape our personality for a better future. Education is not only about gaining knowledge but also learning how to use it wisely in daily life to help ourselves and others.

With a good education, we can overcome the global issues, such as poverty, inequality, and gender discrimination, making our society to be in good order.

Our great teachers guide and help us to recognize our true potential, academically, physically, and socially so that we are ready to face those difficult challenges ahead of us. They show us how to stand on our own feet and to be more creative while guiding us in the right direction for a rewarding life in this modern world.

Baca Juga :  Kumpulan Cerita Rakyat

In conclusion, I would say that we need to draw inspiration from everyone around us who can lead by example. We also need to stay curious and encourage ourselves to keep learning a new thing every day in order to adapt our constantly changing world.

That’s all and thank you very much for your attention.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Berkarakter

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita selalu terpanjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat serta karunia-Nya jua lah kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang dari apapun. Tak lupa pula kita bersyukur karena atas hidayah-Nya yang tercurah untuk kita semua sehingga dalam kesempatan kali ini kita bisa berkumpul dalam acara Hari Pendidikan Nasional.

Bapak dan Ibu yang terhormat,

Dalam upaya untuk merealisasikan pendidikan karakter yang akan berlangsung secara nyata bukan hanya untuk wacana semata, dibutuhkan paling tidak 3 komponen pendukung ada keluarga, guru atau tenaga pendidik yang ada di sekolah, serta masyarakat di dalam lingkungan tempat anak tersebut tinggal.

Hadirin yang saya hormati,

Adapun metode atau cara supaya berhasil mengaplikasikan pendidikan karakter yang ada di sekolah adalah dari tenaga pendidik yang bisa menjadi teladan baik untuk anak-anak atau siswa. Selain itu, pengajaran dari keagamaan dan kewarganegaraan ini sangat penting diajarkan dengan metode dua arah, yang melibatkan anak-anak di setiap pembelajaran tersebut, baik itu yang bertanya atau yang menyatakan pengalaman empiric.

Salah satu hal bermanfaat yang  bisa membentuk mental pada usia remaja adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan pendidikan karakter, dimana pada pendidikan karakter bisa membentuk remaja punya keahlian khusus dan bakat-bakat yang melekat dalam diri mereka sehingga nantinya ketika dewasa mereka akan mempunyai keahlian atau pun karakter yang bermanfaat untuk orang lain.

Hadirin yang saya hormati,

Marilah kita bersama menyelamatkan generasi para penerus bangsa yang berada di ambang kehancuran ini. Jangan sampai bangsa kita ini dipenuhi oleh pemuda-pemudi yang tidak mempunyai moral dan karakter yang baik. Oleh karena itu, kita harus selalu bertindak secara cepat dengan cara membantu mereka untuk menemukan jati diri mereka dengan cara memberikan unsur pendidikan karakter.

Demikian pidato yang telah saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Pentingnya Menuntut Ilmu

Assalamualaikum Wr.Wb
Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala SMP …..
Yang saya hormati ibu dan bapak guru
Dan yang saya cintai teman-teman semua

Puji syukur terpanjatkan kepada allah SWT atas berkat kuasanya kita mampu untuk menghadiri pertemuan dihari cerah dan indah dalam keadaan sempurna tanpa kurang suatu apapun juga, serta tidak lupa juga kita bershalawat tidak henti-hentinya untuk nabi kita nabi Muhammad SAW, nabi akhir zaman kita selalu nantikan pertolongannya pada hari akhir. Aamiin.

Ilmu adalah salah satu hal wajib kita punya, karena dengan ilmu kita bisa menjalankan kehidupan lebih mudah. Menuntut ilmu yang sebenarnya telah diwajibkan oleh Allah SWT dari zaman nabi dan menjanjikan bagi hambanya yang telahmenuntut ilmu  dijalan Allah SWT, maka Allah SWT akan menaikkan tingkat derajatnya.

Baca Juga :  Contoh Pidato Bahasa Sunda

Allah SWT sangat menyukai hambanya pandai, dan Allah SWT lebih senang lagi jika hambanya bisa mengajarkan serta membagikan kepada orang lain. Ilmu yang bermanfaat untuk orang banyak salah satu dari tiga dari amalan yang tidak terputus, meskipun kita telah meninggal.
Oleh karena itu, berlomba-lombalah dalam menuntut ilmu. Karena telah banyak firman-firman Allah SWT dari Al-qur’an untuk menjelaskan tentang pentingnya dalam menuntut ilmu.

Menuntut ilmu tentang sebuah dakwah yang tujuannya untuk memperoleh pahala, namun juga sebagai satu pegangan untuk memutuskan masalah ketika menjalani kehidupan dunia. Jika kita mempunyai ilmu yang cukup, kita akan mampu untuk dapat memutuskan dengan berbagai pertimbangan yang akan dapat menghasilkan keputusan yang terbaik.

Tempat yang paling banyak serta sering dilakukan adalah ketika menuntut ilmu disekolah. Banyak yang mengatakan bahwa sekolah ialah tempat yang paling tepat dalam proses belajar mengajar. Padahal, dimanapun berada merupakan tempat yang baik untuk kita menuntut ilmu dan mengambil pelajaran yang ada disetiap kejadiaan yang pernah kita alami. Karena, itu dapat kita jadikan pengalaman dimasa yang akan datang.

Teman-teman yang saya sayangi,
Marilah kita bersamamenuntut ilmu setinggi-tingginya selama kita masih mempunyai umur yang panjang dari Allah SWT. Ada kalimat yang berbunyai “tuntutlah ilmu sampai keliang lahat”. Jadi, jangan bosan untuk menuntut ilmu. Karena Allah SWT memerintahkan kita untuk dapat menuntut ilmu dari semenjak kita ada didalam kandungan sampai masuk keliang lahat.

Hadirirn yang budiman,
Demikian yang dapat saya sampaikan. Maaf atas segala kekurangan serta kepada Allah saya memohon ampun.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Pidato Tentang Pendidikan di masa Pandemi Covid-19

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

salah sejahtera

sykur alhamdulillah pada hari ini kita masih selalu di beri nikmat oleh allah SWT. Sehubungan masih di masa pandemi ini semua kegiatan kita menjadi tertunda mulai dari pekerjaan ataupun dalam bidang pendidikan, tetapi kita harus tetap semangat melawan COVID-19 ini agar kembali sehat seperti yang semula Aamiin ya robal ‘alamin. oleh karena itu kita tidak diperbolehkan berhenti belajar kita harus selalu tetap semangat walaupun di masa pandemi ini, kita belajar dari rumah seperti yang di perintahkan oleh pemerintah dengan mengikuti prosedur yang ada.

Pendidikan itu sangat penting untuk kita semua karena tanpa pendidikan kita semua tidak tau apa-apa dan tidak akan dapat mengerti arti rasa cinta tanah air, jadi kita harus selalu semangat belajar dan tetap berdoa kepada Allah SWT. Supaya bisa terhindar dari wabah virus yang sangat berbahaya ini.

Harus selalu menjaga protokol kesehatan, selalu mengkonsumsi makanan sehat, berjemur, dan mengatur waktu belajar sehingga dirasa efisien.

sekian dari saya

wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikianlah artikel tentang Pidato Singkat Tentang Pendidikan. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi dalam menyusun pidato khususnya mengenai tentang pendidikan.

Baca Juga :