Contoh Karya Ilmiah

Posted on

Contoh Karya Ilmiah – Halo sobat dosenpintar.com apa kabar hari ini ? tentunya baik bukan. Jadi dikesempatan kali ini kita akan membahas artikel mengenai tentang Contoh Karya Ilmiah yang meliputi Pengertian Karya Ilmiah, Karakteristik Karya Ilmiah, Struktur Dari Karya Ilmiah, Contoh Karya Ilmiah, Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan, Karya Tulis Ilmiah Singkat dan Benar, Karya Tulis Ilmiah Tentang Lingkungan dan untuk versi lengkapnya, langsung saja mari kita simak artikel berikut ini hingga selesai.

Contoh Karya Ilmiah
Contoh Karya Ilmiah

Pengertian Karya Ilmiah

Karya ilmiah merupakan karangan yang memaparkan apa yang menjadi pendapat, hasil dari pengamatan, tinjauan dari berbagai penemuan, dan melakukan penelitian dalam bidang tertentu yang telah disusun berdasarkan metode tertentu secara sistematika dalam penulisan, bersantun dalam bahasa, dan memiliki isi yang kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan.

Karakteristik Karya Ilmiah

Berikut dibawah ini kami berikan beberapa karakteristik dari karya ilmiah, antara lain:

  • Logis (bisa diterima akal sehat)
  • Data sesuai fakta yang jelas
  • Objektif tanpa rekayasa
  • Sistematis memiliki isi yang tersusun atas prosedur.
  • Bahasan sesuai dan menyeluruh
  • Menggunakan bahasa baku
  • Dapat diujikan kebenarannya
  • Tidak emotif maksudnya tanpa melibatkan emosi penulis.
  • Tidak ambigu.

Struktur Dari Karya Ilmiah

Adapun struktur dari karya ilmiah ini adalah sebagai berikut.

  1. Pendahuluan

Pendahuluan ini menyampaikan rasa syukur terhadap tuhan, berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, menyampaikan maaf dan menyampaikan ulasan bahasan secaras singkat.

  1. Isi dan Pembahasan

Pada bagian isi dan pembahasan semua masalah dituangkan pada bagian ini, dimana masalah dimulai, pemecahan masalah sampai dengan penjabaran apa yang mungkin menjadi pertanyaan pembaca. Serta pembahasan harus tuntas.

  1. Kesimpulan

Pada bagian ini dapat disimpulkan apa yang menjadi inti dari semua bahasan yang telah dibaca, sehingga mempermudah pembaca untuk memahami apa yang telah dibaca.

Baca Juga :  Contoh Teks Eksposisi

Contoh Karya Ilmiah

Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh dari karya ilmiah, yaitu.

Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan

Adapun karya ilmiah mengenai kesehatan kami uraikan sebagai berikut.

Kesehatan Itu Penting

Kesehatan Itu Penting

BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Pada dasarnya pada kehidupan manusia kesehatan adalah yang paling utama. Namun banyak yang menyepelekan kesehatan hanya karena kesibukan atau hal lain dimana mereka merasa bahwa kesehatan itu bukan hal yang penting. Saat sakit barulah mereka merasa bahwa kesehatan itu tidak untuk dianggap sepele.

Rumusan Masalah

Bagaimana cara menjaga tubuh supaya tetap sehat ?

Tujuan Penelitian

Dapat mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh

BAB II

Pembahasan

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Yang paling utama makan teratur, tidur yang cukup serta diimbangi dengan olahraga. Hendaknya meghilangkan stres apapun caranya karena hal menyenangkan setiap orang akan berbeda beda.

Mengantisipasi masuknya penyakit pada tubuh dengan cara mencuci tangan sebelum makan, menggunakan masker mulut ketika berada diluar rumah yang polusi bertebaran dimana mana, menjaga waktu tidur dan istirahat dan tidak menjadi pekerja keras yang menghabiskan waktu hanya dengan pekerjaan.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Menjaga kesehatan tubuh hal yang mudah dilakukan dibanding dengan mengobati sakit yang telah hinggap ditubuh, maka dari itu sebelum penyakit memiliki kesempatan untuk hinggap mulailah untuk hidup sehat.

Karya Tulis Ilmiah Singkat dan Benar

Berikut kami berikan contoh karya tulis ilmiah secara singkat dan benar.

Dampak Negatif Internet

Dampak Negatif Internet

BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Pada masa sekarang ini internet banyak membantu pekerjaan manusia dan mempermudah untuk menyelesaikan semua kegiatan. Namun terlepas dari dampak positifnya internet juga memiliki dampak negatif yang tidak dapat dihindari namun kita dapat memilih untuk tidak menggunakan dampak negatifnya.

Baca Juga :  Kata Ganti: Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh

Rumusan Masalah

Apa saja dampak negatif internet ?

Tujuan Penelitian

Paham akan dampak negatif dari internet sehingga dapat memilah apa saja yang baik dan apa saja yang buruk dari internet.

BAB II

Pembahasan

Dampak Negatif Internet

Internet memiliki dampak negatif seperti kecanduan internet baik itu bermain game online, bermain sosial media dan lain sebagainya, dampak negatif seperti kejahatan dan berita hoax bebas bertebaran sehingga kita harus pandai memilahnya, persebaran konten yang tidak layak dimana mana sehingga dibutuhkan pengawasan bagi anak anak yang menggunakan internet, serta cukup berdampak pada kesehatan dengan radiasi yang diberikan.

Cara untuk memilih penggunaan internet yang baik

  1. Gunakan internet sebagai sarana mencari informasi
  2. Gunakan internet sebagai wadah mencari hiburan
  3. Tempat mencari kesempatan menemukan peluang usaha
  4. Berikan pengawasan kepada anak yang menggunakan internet
  5. Dan gunakan internet sebagaimana dibutuhkan saja.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Internet ini baik untuk digunakan apabila digunakan pada hal positif, dan tidak baik apabila digunakan pada hal negatif. Jadi pengaruh internet ini tergantung pada pemakai menggunakan internet ini pada hal positif atau negatif.

Karya Tulis Ilmiah Tentang Lingkungan

Karya tulis ilmiah mengenai lingkungan akan kami bagikan sebagai berikut.

Kebersihan Lingkungan disekitar Kita

Kebersihan Lingkungan disekitar Kita

BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Kebersihan lingkungan sekitar tentunya sangat berpengaruh pada kenyamanan masyarakat yang tinggal dilingkungan tersebut. Bukan hanya kenyamanan namun faktor tumbuhnya penyakit juga berkurang dan mencegah terjadinya bencana alam, serta memperlihatkan kebersihan pada lingkungan tersebut. Dan kebersihan lingkungan ini membutuhkan kerja sama semua anggota lingkungan tersebut.

Rumusan Masalah

Cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar ?

Tujuan Penelitian

Mampu menjaga kebersihan lingkungan sekitar, bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang bersih.

Baca Juga :  Contoh Latar Belakang Laporan

BAB II

Pembahasan

Cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar

Kebersihan lingkungan dapat dijaga dan dilakukan dengan bergotong royong antar sesama anggota lingkungan, mengadakan jadwal tertentu untuk bersama membersihkan lingkungan sekitar, dapat juga dengan menyediakan tempat pembuangan sampah khusus yang tidak akan mengganggu kenyamanan anggota serta harus adanya kesadaran semua pihak dalam lingkungan tersebut untuk saling menjaga dengan alam dan lingkungan sekitar.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Dengan lingkungan bersih bukan hanya kenyamanan yang didapat namun juga terhindar dari penyakit dan menjalin silaturahmi dengan banyak anggota yang ikut bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar.

Demikianlah artikel mengenai Contoh Karya Ilmiah ini, semoga bermanfaat bagi kita semua dan tentunya semoga dapat menambah wawasan kita semua. Dan nantikan artikel berikutnya.

Baca Juga :