Contoh Teks Eksplanasi

Posted on

Contoh Teks Eksplanasi – Halo sobat dosenpintar.com kembali lagi penulis akan membagikan sebuah artikel dengan tema Contoh Teks Eksplansi dimana pada artikel ini akan membahas Struktur Teks Eksplanasi, Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Contoh Teks Eksplanasi, Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam, Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pendidikan serta Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam. Berikut merupakan ulasan terlengkapnya.

Contoh Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi

Berikut ini merupakan beberapa urutan struktur dari teks eksplanasi antara lain sebagai berikut ini.

  • Pernyataan Umum

    berisikan berbagai pernyataan umum mengenai tentang topik yang diangkat dan dijelaskan pada proses terjadinya atau keberadaan.

  • Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

    berisi suatu yang mengenai detail dari penjelasan proses yang disajikan secara terurut serta bertahap dari yang paling awal hingga akhir.

  • Interpretasi (Penutup)

    Berisi semua hal yang mengenai suatu kesimpulan dari  topik yang akan dijelaskan.

Contoh Teks Eksplanasi

Berikut merupakan beberapa contoh dari teks eksplanasi antara lain sebagai berikut.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Contoh teks eksplansi sosial ini juga terbagi menjadi beberapa judul, berikut kami berikan untuk sobat.

Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran

Judul

Pernyataan Umum

Pengangguran merupakan suatu fenomena yang sangat umum dikalangan masyarakat sekarang, dimana para pelamar kerja yang kesusahan untuk mendapatkan pekerjaan hingga meningkatnya grafik pengangguran.

Urutan Sebab Akibat

Faktor dasar yaitu kurangnya lapangan pekerjaan, banyak SDM namun tak memiliki skill sedikitpun, tidak mau merintis dari awal, serta sulitnya untuk mendapat pekerjaan yang sesuai.

Interpretasi

Pengangguran merupakan masalah yang sangat diperhitungkan sekarang ini, karena dari pengangguran banyak menuai berbagai dampak seperti dampak kecil menjadi guncingan tetangga, menjadikan diri seseorang terpuruk dan fatalnya akan berdampak pada kasus kejahatan karena faktor mendesak.

Contoh Teks Eksplanasi Penyakit Demam Berdarah

Judul

Pernyataan umum

Penyakit demam berdarah (DBD) adalah jenis penyakit yang amat berbahaya, banyak berbagai kasus dari demam berdarah yang menelan korban hingga meninggal dunia.

Sebab Akibat

Penyebab dari penyakit demam berdarah umumnya dari faktor lingkungan  kurang sehat, seperti banyaknya tanaman liar, selokan yang kotor serta sampah yang berserakan. Sebagai habitat nyamuk yang menyebabkan DBD.

Kesimpulan

Sudah seharusnya kita menghindari semua hal yang menyebabkan timbul penyakit DBD ini untuk selalu menjaga lingkungan serta kesehatan.

Contoh Teks Eksplanasi Kemiskinan

Judul

Pernyataan Umum

Garis kemiskinan bukan lagi hal yang tabu bagi negara kita ini, kemiskinan karena kehilangan pekerjaan, susahnya mencari kerja atau bahkan bekerja keras namun upah tak sesuai dengan kerja keras yang telah dilakukan.

Sebab Akibat

Terjadi karena gaya hidup yang cenderung terlalu mengikuti zaman, dan pada kenyataannya sekarang ini dimana yang kaya akan semakin kaya dan yang kurang semakin kurang. Manusia lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan dan ada juga yang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sehingga terjadilah kemiskinan.

Kesimpulan

Dimana sudah seharusnya kemiskinan menjadi target penting untuk diselesaikan untuk mencptakan kemakmuran negara, saling membantu antar masyarakat dan lain sebagainya.

Contoh Teks Eksplanasi Sampah

Judul

Pernyataan Umum :

Sampah merupakan barang tidak lagi digunakan namun masih berbekas, nilai gunanya telah hilang. Sampah juga terbagi menjadi sampah yang dapat diolah dan sampah yang tidak dapat dioleh.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat : 

Sampah merupakan penyebab lingkungan yang tidak sehat, penyebab banjir jika di buang kesaluran air, sarang penyakit jika dibiarkan berserakan dan masih banyak lagi dampak dari sampah ini.

Interpretasi :

Ada baiknya jika sampah diolah kembali jika masih memungkinkan dan menyediakan tepat membuang sampah yang memadai disetiap rumah. Sehingga dapat mencegah terjadinya lingkungan yang kurang sehat.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Berikut merupakan contoh teks dari eksplanasi bencana alam, antara lain.

Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Judul

Pernyataan Umum

Gunung meletus merupakan suatu fenomena alam yang diakibatkan oleh adanya endapan magma didalam perut bumi serta disemburkan oleh gas yang memiliki kekuatan yang tinggi.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat : 

Gunung api akan meletus, jika terjadi suatu akibat endapan magma pada dalam perut bumi yang kemudian didorong keluar oleh gas yang memiliki tekanan tinggi. Berupa etusan letusan yang keluar sebagai wujud gunung meletus.

Interpretasi :

Dengan begitu fenomena gunung meletus masih menjadi kekhawatiran umat manusia dimana mana karena dari letusan gunung dapat membelah gunung serta danau gambaran dari dahsyatnya letusan tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Judul

Pernyataan umum :

Tanah longsor merupakan sebuah fenomena alam yang lumayan sangat dikhawatirkan bagi makhluk, sangat membahayakan bagi siapapun yang ada disekitar kejadian tanah longsor. Tanah longsor ini dapat dicegah dengan berbagai upaya penanggulangan.

Sebab akibat :

Tanah longsor sering terjadi dikarenakan tekstur tanah yang dominan lebur, kurangnya ditubuhi tanam tanaman serta kehendak yang maha kuasa.

Interpretasi :

Tanah longsor ini dapat dicegah dengan lebih banyak menanam pepohonan yang akan memperkuat ketahanan tanah dari berbagai kekuatan akar, menghindari pemukiman yang rawan dnegan kondisi longsor.

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Judul

Pernyataan Umum :

Gempa bumi merupakan bentuk getaran atau goncangan terjadi sebab pergeseran dan pergerakan lapisan batu bumi dari dasar permukaan bumi.

Peristiwa alam dominan terjadi didekat gunung berapi disebut gunung aktif dan juga di daerah yang telah dikelilingi lautan yang luas.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Gempa bumi terjadi karena munculnya getara serta pergeseran dari permukaan bumi yang amat sangat kuat sehingga mengguncang bumi.

Interpretasi :

Gempa tidak dapat diprediksi akan muncul kapan, namun gempa tidak melanda seluruh dunia saat terjadi gempa hanya bagian titik tertentu saja yang menjadi bagian yang terkena gempa.

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Judul

Pernyataan Umum

Kebakaran hutan sering terjadi dimuaim kemarau, banyak pihak yang kurang bertanggung jawab melanggar aturan dengan membakar hutan untuk kemudian dijadikan ladang dan bahkan ada juga tangan jahil tanpa diketahui maksudnya membakar titik hutan tertentu.

Sebab Akibat

Kebakaran hutan ini diakibatkan oleh kelalayan mahkaluk atau juga kesengajaan suatu pihak yang mengakibatkan penghuni hutan kehilangan habitat mereka, tempat makan mereka dan tempat berlindung bagi mereka.

Inerpretasi

Kebakaran hutan dapat dikurangi dengan berhenti untuk melanggar aturan serta menghilangkan sikap kurang positif dengan membakar hutan serta memberikan petugas untuk menjaga titik yang rawan.

Contoh Teks Eksplanasi Kekeringan

Judul

Pernyataan Umum

Keleringan terjad karena fenomena alam pada musim kemarau, disetiap tahunnya hal ini pasti terjadi sudah seharusnya kita mempersiapkan apa saja yang harus dilakukan dan diperlukan saat kekeringan melanda.

Sebab Akibat

Kekeringan terjadi sebab musim kemarau yang melebihi batas, penggunaan air yang berlebihan, saluran air yang bermasalah yang mengakibatkan kekeringan dimana mana, tanaman meggerinting, hewan dan manusia kehausan.

Interpretasi

Kekeringan dapat dikurangi dengan menghemat air, memeriksa saluran air serta berbagai persiapan yang dilakukan saat musim kemarau tiba untuk mengurangi resiko kekeringan.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pendidikan

Berikut merupakan dua contoh dari teks eksplanasi mengenai tentang pendidikan, antara lain.

Larangan Membawa Handphone

Judul

Pernyataan Umum

Tak mengenal usia semua manusia telah mengenai ponsel, dimana dengan ponsel semua terasa menjadi dekat, semua terasa menjadi mudah dan berbagai manfaat lainnya. Namun tak hanya dampak positifnya ponsel juga membawa dampak negatif bagi pihak yang menyalahgunakan. Seperti anak anak yang selalu membawa handphone saat sekolah sehingga keluar peraturan larangan membawa handphone.

Sebab akibat

Penyebab dari larangan membawa handphone ini karena anak anak lebih tertarik dengan handphone dibandingkan dengan interaksi sosial disekelilingnya yang menyebabkan tumbuhnya rasa dissosial pada diri anak, dan ini sangat tidak baik.

Interpretasi

Dengan larangan membawa handphone anak diharapkan lebih berkembang dengan bersosialisasi dengan saling berineraksi dengan sesama.

Penggunaan Ujian Nasional Berbasis Komputer

Judul

Pernyatan Umum

Dengan mengikuti perkembangan teknologi, ujian berbasis komputer dirasa lebih efektif, dimana soal yang dibagikan pada setiap anak berbeda beda yang dirasa cukup mengasah kejujuran setiap anak.

Sebab Akibat

Disebabkan jika menggunakan kertas setiap soal yang dibagikan sama dan dianggap kurang efisien dengan rasa gugup peserta ujian tulisan menjadi kurang bagus bahkan mungki salah menconteng jawaban. Jika dengan mesin akan lebih efektif dengan tulisan merata dan maksimal dalam pengerjaan.

Intepretasi

Untuk menciptakan ke efektifan dalam melaksanakan ujian, karena jawaban akan langsung terkirim keserver utama, dan akan menghemat waktu tentunya.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari teks eksplanasi dengan tema fenomena alam, antara lain.

Contoh Teks Eksplanasi Hujan

Judul

Pernyataan Umum

Hujan merupakan suatu peristiwa alam yang tidak asing lagi, karena hujan selalu hadir tanpa diundang serta berhenti tanpa diminta.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Musim hujan akan datang setelah musim kemarau, cuaca dingin dan damai ketika hujan datang, air hujan jatuh dari gumpalan awan yang menguap, diawali dengan perubahan awan putih menjadi gelap yang disebut mendung kemudia air hujan jatuh membasahi semua isi bumi. Hujan ialah rahmat.

Interpretasi (Penutup)

Hujan membawa berkah wajib untuk seluruh makhluk bersyukur, semua tanaman bersemi, tanah tak lagi kering, sumber air melimpah ini yang dinamakan rahmat.

Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

Judul

Pernyataan Umum

Pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang muncul diatas angkasa yang indah dengan garis sebagai hiasan yang melengkung ditambah dengan warna-warni yang indah.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Sebenarnay pelangi bukanlah sebuah benda yang dapat disentuh. Fenomena ini terjadi dikarenakan suatu proses yang sistematis. Cahaya matahari yang dilewati hujan membentuk warna warni.

Berikut urutan warna pelangi.

  1. warna merah
  2. warna jingga
  3. warna kuning
  4. Warna hijau
  5. Warna biru
  6. Warna nila
  7. Warna Ungu

Interpretasi (Penutup)

Fenomena pelangi dapat disaksikan dengan mata telanjang, keindahan yang hakiki sering diabadikan oleh berbagai pihak. Mungkin hampir seluruh manusia menyukainya karena keindahan yang pelangi miliki.

Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari

Judul

Pernyataan Umum

Gerhana matahari merupakan fenomena yang sangat ditunggu, dimana jika ingin melihatnya harus menggunakan alat berupa teropong. Bulan tidak berukuran sebesar matahari namun bulan dapat menutupi cahaya matahari sehingga terjadilah gerhana matahari.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Fenomena alam gerhana matahari ini berlangsung selama kurang lebih hanya 8 menit. Melihat fenomena ini dengan menggunakan teropong.

Setelah ini gerhana masih bisa disaksikan namun cahaya matahari akan mulai terlihat dengan jelas. Gerhana matahari terjadi karena posisi matahari dengan bumi terhalang oleh posisi bulan.

Interpretasi (Penutup)

Tanpa menggunakan teropong atau alat sejenisnya gerhana matahari tidak dapat disaksikan secara langsung, sangat disayangkan dengan waktu singkat jika kita tidak menyaksikan fenomena ini sehingga sangat ditunggu.

Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Judul

Pernyataan Umum

Fenomena gerhana bulan juga sangat dinantikan, pada zaman dahulu fenomena gerhana bulan dianggap sebagai tolak bala.

Gerhana bulan terjadi karena secara ilmiah telah diketahui. Gerhana bulan ini terjadi dikarenakan pada saat posisi bumi, matahari, serta bulan berada di dalam satu garis, bumi yang menutup cahaya matahari sehingga bulan tak dapat memantulkan cahaya sendiri.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Gerhana bulan terjadi ketika posisi bumi menghalangi matahari sehingga secara otomatis bulan tidak dapat memantulkan cahaya.

Interpretasi (Penutup)

Fenomena dari gerhana bulan adalah peristiwa yang indah untuk disaksikan namun ada juga pihak yang menganggap fenomena ini merupakan hal yang sakral.

Contoh Teks Eksplanasi Petir

Judul

Pernyataan Umum

Petir sering juga disebut dengan halilintar dan kilat, petir bukan bencana alam meskipun memang kadang sangat menakutkan dan tak menutup kemungkinan untuk memakan korban.

Deretan Penjelas (Hubungan Sebab Akibat)

Petir sering terjadi ketika awan menghitam yang berupa cahaya yang merambat lebih cepat dibanding bunyi sehingga yang terlihat cahaya lebih dahulu kemudian disusul bunyik ledakan yang menggelegar.

Interpretasi (Penutup)

Petir tidak termasuk bencana alam, namun tetap harus waspada ketika terjadi badai petir. Harus tetap hati hati untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Demikian artikel dengan tema Contoh Teks Eksplanasi, berbagai contoh telah penulis sajikan hanya untuk sobat semua, semoga ilmu yang telah sobat serap dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

Baca Juga :

Baca Juga :  Makalah Proposal : Pengertian dan Contoh