Pengertian Ekspansi

Posted on

Pengertian Ekspansi – Halo sobat dosenpintar.com kembali berjumpa lagi dengan penulis yang pastinya akan membagikan artikel terbaru, dan pada kesempatan ini penulis membagikan tentang Pengertian Ekspansi yang meliputi Pengertian Ekspansi Secara Umum, Pengertian Ekspansi Menurut Para Ahli, Arti Ekspansi Dalam Ekonomi dan Bisnis dan Jenis Ekspansi Dalam Bisnis. Untuk pembahasan terlengkapnya mari sobat kita simak artikel berikut ini.

Pengertian Ekspansi
Pengertian Ekspansi

Pengertian Ekspansi Secara Umum

Ekspansi ini merupakan suatu runtutan proses atau juga sebuah tindakan yang dilakukan dengan tujuan agar sesuatu dapat menjadi lebih besar atau juga dapat menjadi lebih luas. Secara pandangan etimologi, kata “ekspansi” ini berasal dari bahasa latin yaitu ‘expandere’ yang kemudian selanjutnya diserap dalam bahasa Inggris, yaitu “expansion” (dengan kata dasar “expand“) yang mempunyai arti menyebar.

Pengertian Ekspansi Menurut Para Ahli

Berdasarkan dari definisi para ahli ekspansi dinyatakan sebagai berikut.

  • Alex S. Nitisemito

Mendefinisikan bahwa ekspansi sebagai bentuk upaya dari sebuah perusahaan untuk dapat memperluas cakupan pasar dan juga kapasitas dari produksi sebuah perusahaan tersebut. Kondisi ini menurut Alex dilatar belakangi oleh terbentuk adanya peningkatan dari permintaan terhadap kapasitas produk dan jasa yang dimiliki oleh perusahaan.

  • Bambang Riyanto

Mendefinisikan ekspansi di dalam bisnis sebagai sebuah kegiatan perusahaan untuk dapat memperluas modal usaha, baik itu dari modal tetap maupun dari modal kerja pada perusahaan yang bersangkutan.

  • Enny Pudjiastuti dan Suad Husnan

Mendefinisikan bahwa ekspansi sebagai bentuk aktivitas perluasan sebuah usaha yang dilakukan tepat dengan cara untuk meningkatkan modal, serta meningkatkan kapasitas produksi, dengan menambah unit untuk berbagai kebutuhan produksi serta proses akuisisi (merger) dengan beberapa perusahaan lain.

Baca Juga :  √ Jenis-Jenis Bank : Pengertian dan Perannya

Arti Ekspansi Dalam Ekonomi dan Bisnis

Berikut ini adalah pengertian ekspansi berdasarkan dari dalam ekonomi dan bisnis, antara lain.

  • Ekspansi Ekonomi

Dari pandangan umum arti dari ekspansi di dalam lingkungan ekonomi ini ialah sebuah usaha yang akan dilakukan untuk dapat meningkatkan aktivitas ekonomi dengan baik serta juga dengan pertumbuhan dunia usaha.

Mengacu pada contoh kamus Bank Indonesia, ekspansi ekonomi ini diartikan sebagai perkembangan ekonomi di dalam sebuah pola konjungtur. Di dalam hal itu, pola konjungtur yang tersebut ialah sebuah proses naik-turunnya sebuah kemajuan serta juga adanya kemunduran ekonomi yang telah terjadi dengan secara silih berganti (berganti-gantian).

Biasanya pada perkembangan ekonomi tersebut akan ditandai dengan adanya sebuah kenaikan harga-harga, ada juga peningkatan jumlah uang yang akan beredar di kalangan masyarakat, peningkatan semua produksi, serta peningkatan konsumsi.

  • Ekspansi Bisnis

Pengertian ekspansi itu di dalam bisnis merujuk kepada semua jenis dan macam aktivitas serta kegiatan untuk dapat memperbesar atau juga dapat memperluas jaringan usaha sebuah perusahaan, baik itu dari segi produksi atau juga dari segi distribusi.

  • Ekspansi Pasar

Ekspansi dari pasar ini merupakan bentuk upaya untuk dapat merambah pasar baru yang akan dilakukan sebuah perusahaan yaitu dengan produk yang dimiliki. Hal yang tersebut dilakukan melalui jangkauan pasar yang telah ada di titik geografis baru sehingga dengan kemiduan pengguna-pengguna yang baru itu mengenal serta dapat menggunakan produknya.

  • Ekspansi Kredit

Ekspansi kredit ini merupakan sebuah upaya di dalam barisan menambah jumlah kredit dari pinjaman Bank. Pengertian dari ekspansi kredit ini merupakan bentuk kegiatan atau aktivitas dengan tujua penambahan jumlah kredit. Kredit ini sendiri merupakan sebuah penyediaan uang atau juga sebuah tagihan dengan berdasarkan sebuah kesepakatan pinjam meminjam di antara pihak bank dengan pihak lain yang akan mewajibkan pihak peminjam tersebut untuk mampu melaksanakan yaitu dengan jumlah bunga adalah imbalan.

Baca Juga :  Sistem Ekonomi Tradisional

Jenis Ekspansi Dalam Bisnis

Sedangkan jenis dari ekspansi dalam bidang bisnis adalah sebagai berikut ini yang dapat sobat pahami.

  1. Merger

Merger ini merupakan sebuah bentuk penggabungan dua atau lebih perusahaan serta dengan menjadi satu kesatuan. Ini merupakan bentuk salah satu upaya di dalam sebuah ekspansi bisnis, yang mana sebuah perusahaan yang lebih dominan akan tetap untuk mempertahankan identitasnya, sedangkan untuk sebuah perusahaan yang lemah itu akan semakin dapat untuk menghilang identitasnya.

  1. Akuisisi

Akuisisi ini merupakan sebuah pengambilalihan (takeover) atas hak dan kepemilikan saham yang disebut aset suatu perusahaan yang dilakukan oleh berbagai kelompok investor. Jenis dari ekspansi tersebut umumnya dilakukan untuk mampu dan dapat menjaga ketersediaan pasokan dari bahan baku atau juga dengan jaminan produk itu akan diserap oleh lingkungan pasar.

  1. Hostile Take Over

Hostile Take Over merupakan sebuah bentuk akuisisi terhadap suatu perusahaan yang akan dilakukan dengan cara paksa. Upaya dari ekspansi tersebut akan dilakukan dengan cara membuka sebuah penawaran atas saham dari perusahaan yang ingin mereka kuasai di pasar modal yaitu dengan harga tinggi di atas harga pasar.

  1. Leveraged Buy Out

Leveraged Buy Out ini merupakan sebuah upaya menguasai suatu perusahaan yang berdiri yakni dengan cara mereka meminjam uang (utang) untuk dapat  membeli perusahaan lainnya.

Demikian artikel yang membahas tentang Pengertian Ekspansi, semoga bermanfaat dan semoga dapat menambah pemahaman serta ilmu kita semua.

Baca Juga :